“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

10 Kiat Membuat Caption Menarik & Efektif di Akun Media Sosial Bisnis Anda

[[ 1568685600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 5,174 views


Apakah Anda sering merasa kehabisan kata-kata ketika menuliskan caption pada unggahan akun bisnis Anda di sosial media? Social Media Manager kami, Mazaya Pramudita, berbagi rahasia menulis caption yang menarik dan efektif.

1. Gunakan bahasa target
Kepada siapakah unggahan ini ditujukkan? Jika target pengguna Anda adalah masyarakat Indonesia, gunakanlah kosakata bahasa lokal yang dominan. Bahasa asing tetap boleh digunakan, namun baiknya hanya sebagai tambahan atau sisipan.

2. Relevan dengan visual
Tuliskan kata-kata yang relevan dengan foto atau gambar yang Anda unggah. Beri informasi yang sekiranya pengguna ingin tahu lebih dari sekedar melihat visual.

3. Call to action
Buat kata-kata yang bersifat call to action atau yang mengajak pengguna untuk aktif. Misalnya, "beri komentar jika Anda punya pengalaman berbeda" atau "kunjungi situs kami di bio untuk melihat portfolio kami".

4. Deskripsikan aset visual
Selain caption harus relevan dengan visual, sebaiknya Anda juga mendeskripsikan gambar atau foto yang diunggah. Ceritakan tentang proses di balik layar jika Anda menampilkan sebuah proyek, atau jelaskan dengan singkat namun mendetail tentang servis baru Anda.

5. Padat dan jelas
Memang tidak ada aturan berapa banyak kata yang paling efektif untuk caption di sosial media. Namun, baiknya apa yang Anda tuliskan bisa merangkum semua informasi dengan jelas dan tidak bertele-tele.

6. Sertakan credit lengkap
Dalam bisnis pernikahan, berbagi informasi soal vendor-vendor yang terkait adalah hal yang penting. Apalagi jika Anda juga tag atau mention akun vendor tersebut, Anda pun bisa menambah eksposur dan kesempatan mendapatkan calon klien dari pasar yang berbeda.

7. Gunakan bahasa semi formal
Bahasa tulisan yang kasual dan berkesan interaktif, tidak hanya mudah dicerna, namun juga membuat pengguna merasa tertarik untuk mengetahui tentang produk dan servis Anda.

8. Gunakan pesan non-deskriptif sewaktu-waktu
Untuk memberikan variasi pada unggahan-unggahan Anda, sekali-kali gunakan petikan puisi, dialog dari buku atau film, maupun kutipan figur publik pada caption Anda. Namun, bataskan frekuensinya agar calon klien tetap mendapatkan informasi tentang servis Anda.

9. Terdapat nilai berita
Pastikan konten caption Anda mengandung hal-hal yang informatif, seperti mengapa proyek ini begitu spesial atau keuntungan yang bisa calon mempelai dapatkan jika menggunakan jasa Anda.

10. Gunakan penulisan yang baik dan benar
Pastikan Anda mengikuti kaidah-kaidah penulisan sesuai bahasa target yang baik dan benar agar pesan yang ingin Anda sampaikan jelas dan bisa dimengerti oleh pengguna.

Butuh inspirasi untuk menuliskan caption pernikahan? Simak ide-idenya di artikel ini.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]