“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Tips From Top Vendors

12 Susunan Acara Lamaran Pernikahan

[[ 1660611600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 50k views

Lamaran merupakan salah satu prosesi pembuka yang ditunggu-tunggu oleh calon mempelai pengantin beserta keluarga. Prosesi inilah yang membuka seluruh rangkaian pernikahan, dimulai dengan mempertemukan dua keluarga. Pada saat lamaran, pihak keluarga pria datang secara resmi dan menyampaikan maksud hati untuk meminang sang mempelai wanita. Meskipun terkesan sederhana, ada 12 tahapan acara lamaran yang perlu Anda ketahui. Mari simak susunannya agar Anda dapat memahami kebutuhan klien Anda dalam prosesi sakral ini!


Photography: Morden

1. Kedatangan keluarga besar calon mempelai pria
Prosesi lamaran dimulai ketika keluarga mempelai pria tiba di rumah mempelai wanita. Kemudian, pihak mempelai wanita akan menyambut serta mempersilakan keluarga mempelai pria untuk masuk ke dalam rumah atau venue lain di mana acara dilangsungkan.

2. Penyerahan seserahan
Calon mempelai pria yang datang akan didampingi oleh rombongan keluarga besar. Biasanya, pihak keluarga dari calon mempelai pria membawa seserahan untuk diberikan kepada calon mempelai perempuan.

3. Pembukaan acara oleh pembawa acara atau MC
Pembawa acara akan mempersilahkan seluruh tamu yang hadir untuk duduk. Pembawa acara menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih atas kehadiran seluruh pihak dengan disertai oleh doa. MC akan menjelaskan urutan acara lamaran secara singkat. Biasanya, diselipkan juga sedikit nasehat serta cerita singkat tentang kedua calon mempelai yang akan menikah. Kemudian, ia pun menanyakan maksud kedatangan keluarga pria ke kediaman keluarga wanita.


Photography: Morden

4. Perwakilan calon mempelai pria mengutarakan maksud dan tujuan
Perwakilan keluarga dari calon mempelai pria akan mengutarakan maksud kedatangan mereka, yaitu untuk melamar sang mempelai perempuan. Kemudian, ia akan menanyakan kesediaan sang mempelai perempuan untuk menikahi mempelai pria.

5. Perwakilan calon mempelai perempuan menanggapi maksud dan tujuan calon mempelai pria
Prosesi lamaran dilanjutkan dengan jawaban dari perwakilan keluarga calon mempelai perempuan. Kemudian, juru bicara memanggil calon mempelai perempuan dan sang ayah dari calon mempelai perempuan menanyakan kesediaan anaknya untuk dilamar. Setelah itu, calon mempelai perempuan memberikan jawaban, dan apabila lamaran tersebut diterima, maka kedua calon mempelai saling memberikan tali kasih dalam bentuk cincin dan seserahan.

6. Perkenalan masing-masing keluarga
Acara lamaran dilanjutkan dengan sesi perkenalan untuk mempererat hubungan antara dua keluarga. Pihak mempelai pria memperkenalkan setiap anggota keluarga yang hadir, diikuti dengan perkenalan pihak mempelai wanita. Biasanya, sesi perkenalan keluarga bersifat lebih informal, diiringi dengan canda tawa sebagai bentuk untuk saling mengenal dan mencairkan suasana.


Photography: Morden

7. Pembacaan doa
Prosesi lamaran ditutup dengan doa singkat agar seluruh perencanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar. Doa bisa dipimpin oleh salah satu perwakilan dari pihak keluarga atau pemuka agama.

8. Penyampaian ucapan pamit dari calon mempelai pria
Sebelum mengakhiri acara lamaran, calon mempelai pria beserta keluarga mengucapkan pamit kepada keluarga besar calon mempelai perempuan.

9. Penyampaian ucapan terima kasih dari calon mempelai perempuan
Setelah calon mempelai pria berpamitan, calon mempelai perempuan mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan niat baik dari calon mempelai pria.

10. Pemberian seserahan balik dari calon mempelai perempuan kepada calon mempelai pria.
Calon mempelai perempuan kemudian memberikan seserahan balik kepada calon mempelai pria. Sesuai kesepakatan sebelumnya, keluarga calon mempelai perempuan memberikan seserahan balasan yang juga berisi makanan atau kebutuhan sehari-hari untuk sang calon mempelai pria.


Photography: Imagenic

11. Ramah tamah dan makan bersama
Sebagai wujud perayaan akan berakhirnya proses lamaran, kedua keluarga menikmati santapan siang atau malam bersama. Acara makan-makan ini juga menjadi kesempatan bagi para tamu untuk saling mengenal dan mengobrol dengan lebih santai.

12. Sesi foto bersama


Photography: Morden

Foto bersama seluruh keluarga juga dilakukan sebelum pihak calon mempelai pria meninggalkan kediaman calon mempelai perempuan.

Begitulah kurang lebih urutan prosesi lamaran yang dapat Anda adaptasi ke dalam bentuk rundown, dan membantu penyusunan konsep acara agar lebih matang. Semoga dapat membantu ya!

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]