“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

10 Tipe Produk yang Wajib Ada untuk Bisnis Suvenir Pernikahan

[[ 1677200400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,485 views

Anda baru saja memulai bisnis suvenir pernikahan dan bingung, suvenir seperti apa yang pasti dicari calon pengantin. Kebingungan ini dapat dimengerti mengingat suvenir pernikahan begitu beragam, plus seringkali para calon pengantin juga mencari yang sedang trend. Memang benar sebagai pelaku bisnis kita harus mengikuti trend, tapi tetap saja ada tipe produk yang tidak pernah lekang oleh waktu. Artinya selalu dicari pasar dan sebagai pebisnis baru, Anda perlu mengenali tipe produk suvenir seperti apa yang wajib ada di toko Anda.


  1. Gelas
    Gelas dan tumbler adalah dua jenis produk yang bisa dibilang paling populer dijadikan suvenir di Indonesia. Tidak hanya suvenir pernikahan, tapi juga acara-acara formal seperti seminar, talkshow dan peluncuran brand. Suvenir ini populer dan sangat fungsional, setiap orang tidak keberatan untuk menambah koleksi gelas atau tumbler di lemari peralatan makan mereka. Gelas semakin digemari menjadi suvenir pernikahan karena bisa dibuat lebih personal dengan menampilkan foto pengantin atau bahkan bisa menceritakan perjalanan cinta mereka melalui gambar yang menarik. Untuk calon pengantin yang ingin mendukung gerakan mengurangi penggunaan plastik, tumbler bisa menjadi opsi.
  2. Cutlery set
    Cutlery set atau set peralatan makan yang terdiri dari sendok, garpu dan sedotan juga sangat dicari sebagai suvenir pernikahan. Alasannya sama dengan pemilihan gelas, suvenir peralatan makan sangat fungsional karena bisa digunakan sehari-hari. Materialnya pun bisa dipilih yang ramah lingkungan seperti kayu yang kemudian didesain dengan unik. Untuk calon pengantin yang memilih tema eco-friendly wedding, suvenir ini sangatlah cocok. Calon pengantin mengampanyekan untuk mengurangi penggunaan sedotan atau alat makan plastik ketika bepergian. Maka lengkapi suvenir cutlery set ini dengan wadah kotak atau pouch agar terlihat elegan dan mudah dibawa oleh para tamu undangan.
  3. Sabun Organik
    Selain peralatan makan dan gelas, suvenir pernikahan yang juga digemari oleh orang Indonesia adalah natural soap atau sabun natural yang dibuat dari rempah-rempah dan bahan alami lain seperti kopi, madu, susu, atau lavender. Karena terbuat dari bahan-bahan organik maka para tamu undangan yang menerima suvenir ini akan merasa aman untuk menggunakannya. Jangan lupa untuk menuliskan manfaat apa saja yang bisa dinikmati kulit ketika menggunakan sabun organik. Anda dapat menyakinkan calon pengantin, dengan memilih natural soap sebagai suvenir pernikahan mereka maka menunjukkan betapa mereka begitu memerhatikan kesehatan para tamu undangan, Apalagi saat ini natural soap juga memiliki tampilan warna yang atraktif yang jika dilengkapi dengan desain kemasan yang pas bisa terlihat begitu mahal.
  4. Eco-friendly tote bags
    Penggunaan tote bag atau kantong belanjaan saat ini juga tengah marak. Hal ini sejalan dengan ramainya kampanye meminimalisir penggunaan sampah plastik. Maka menawarkan eco-friendly tote bags sebagai suvenir pernikahan untuk calon pengantin adalah strategi yang tepat. Calon pengantin tidak hanya melakukan aksi nyata dalam mengurangi penggunaan sampah plastik, tapi juga bisa memberikan sedikit edukasi mengapa penggunaan tote bag bisa menyelamatkan lingkungan. Jadi pada kedua sisi tote bag bisa dibuat desain simpel tapi sarat makna. Misalkan pada sisi pertama dicetak inisial nama atau siluet wajah calon pengantin. Lalu di sisi lainnya dibuat narasi pendek tentang dampak sampah plastik dan bagaimana penggunaan tote bag bisa berdampak pada lingkungan.
  5. Tempat kartu
    Era digitalisasi membuat transaksi menggunakan uang menjadi semakin jarang. Semua orang beralih pada e-money atau uang digital dalam bentuk kartu. Ini tentu mendatangkan kebutuhan baru yaitu tempat kartu. Maka jangan ragu untuk menawarkan card holder atau tempat kartu sebagai suvenir kepada calon klien Anda.
  6. Lilin aromaterapi
    Tinggal di ibukota yang bising dan menuntut semua serba cepat tentu membuat semua orang merasa butuh relaksasi. Maka jangan ragu untuk menawarkan lilin aromaterapi sebagai opsi suvenir kepada calon klien. Beri perspektif dengan memberikan lilin aromaterapi sebagai suvenir, maka calon pengantin memberikan stress relief atau pelepas stres kepada tamu undangan mereka yang notabene adalah orang kota yang rentan mengalami stres. Menyediakan lilin aromaterapi di toko suvenir Anda, akan memberikan nuansa relaksasi juga karena tampilannya yang berwarna dengan aroma menenangkan meski lilin belum dinyalakan.
  7. Chocolate in jar
    Ingin sesuatu yang playful ditawarkan kepada calon klien yang sedang mencari suvenir? Chocolate in jar bisa menjadi pilihan. Sediakan toples kecil bening lalu masukkan bola-bola cokelat warna-warni ke dalamnya. Anda bisa menyarankan calon klien untuk memasukkan semacam kutipan cinta mereka berdua yang ditulis pada kertas yang digulung. Ini akan membuat chocolate in jar jadi semakin personal karena akan membuat para tamu undangan yang membaca ikut merasakan love vibe dari pengantin.
  8. Pouch
    Pouch atau tas kecil juga cukup digemari sebagai suvenir, karena itu sebaiknya produk ini ada di toko suvenir Anda. Mengapa digemari? Karena pouch sangat dibutuhkan untuk menyimpan beragam objek, mulai dari peralatan makeup, alat tulis, atau bahkan gadget. Dengan memasukkan semuanya ke dalam pouch maka penyimpanan jadi lebih rapi plus sangat praktis untuk dibawa ketika berpergian. Anda bisa menyarankan calon klien untuk membuat pouch jadi lebih personal dengan mencetak inisial mereka pada salah satu sisi pouch.
  9. Handuk
    Handuk menjadi suvenir yang menarik, karena sangat fungsional dan ramah lingkungan. Handuk ukuran kecil bisa menggantikan fungsi tisu, karena bisa berfungsi seperti handuk lap tangan. Sangat cocok untuk Indonesia yang beriklim tropis yang membuat kita semua mudah berkeringat. Yang juga menarik dari suvenir handuk adalah bisa dibentuk menjadi karakter yang menarik sehingga terlihat lebih memikat.
  10. Kipas anyaman
    Secara penampilan, kipas anyaman terlihat lebih mahal karena pembuatannya yang lebih telaten. Plus benda ini sangat cocok dijadikan suvenir jika calon klien Anda menggelar resepsi pernikahan di outdoor, jadi para tamu undangan bisa langsung merasakan manfaatnya. Calon pengantin bisa memilih warna khusus yang menguatkan tone dari wedding theme mereka.

Pada intinya 10 tipe produk ini tidak hanya paling dicari calon pengantin yang adalah target market Anda, tapi penyimpanannya juga tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar. Sangatlah cocok untuk Anda yang baru memulai bisnis suvenir pernikahan.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]