“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

10 Trik Jitu Membuat Giveaway Instagram yang Menarik

[[ 1644811200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 16k views


Tidak hanya soal menyajikan konten yang menarik, orang yang mengelola akun Instagram brand Anda juga diberi tanggung jawab khusus untuk dapat membawa pengaruh positif, seperti menaikkan interaksi antar pengguna, jumlah followers, hingga mendorong penjualan dalam waktu singkat. Beberapa strategi pemasaran pun berusaha diterapkan secara maksimal demi pencapaian target tersebut, mulai dari kolaborasi dengan influencer hingga meluncurkan iklan Instagram untuk eksposur bisnis yang lebih luas.

Selain itu, salah satu trik yang biasa dilakukan adalah dengan mengadakan giveaway Instagram. Menurut survey dari Tailwind, kontes Instagram rata-rata bisa mendapat 3,5 kali lebih banyak likes dan 64 kali lebih banyak komentar ketimbang postingan biasa. Format giveaway Instagram juga dapat membantu menumbuhkan pengikut Anda hingga 70% dalam waktu 3 bulan saja. Inilah mengapa banyak dari pemilik bisnis yang kerap mengadakan kuis-kuis menarik untuk menarik atensi seluruh pengikut setia mereka.

Manfaat Pembuatan Konten Giveaway Instagram

Ada banyak sekali manfaat dari pembuatan konten giveaway Instagram, antara lain;

  • Menarik atensi followers pada perilisan produk baru
  • Mendorong audiens untuk berinteraksi lebih banyak dengan akun Anda
  • Meningkatkan brand awareness dan jumlah pengikut
  • Meraih penggemar baru dari berbagai berbagai kalangan
  • Membangun hubungan yang lebih erat dengan pengikut setia Anda
  • Serta membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda


5 Tipe Format Giveaway Instagram

Umumnya, brand yang mengelola konten giveaway akan memasukkan sejumlah aturan tertentu yang perlu diikuti oleh para audiens untuk memenangkannya. Sebuah giveaway juga harus dapat menarik keterlibatan sebanyak mungkin dari audiens yang ada, baik itu followers maupun non-followers. Berikut beberapa ide yang dapat disematkan.

  1. Follow, Like, dan Beri Komentar
    Ini merupakan cara paling mudah sekaligus efektif untuk mendorong lebih banyak keterlibatan pada postingan Anda. Dengan menyuruh kontestan untuk mengikuti akun Instagram brand, target untuk meningkatkan jumlah pengikut dalam waktu singkat pun dapat tercapai. Sementara itu, aturan untuk menulis komentar bisa Anda gunakan dalam bentuk apa saja, baik itu berupa testimoni, kritik dan saran, harapan untuk brand Anda, hingga jawaban dari sebuah pertanyaan yang telah diajukan.

  2. Share dan Tag Pengguna Lainnya
    Ingin menargetkan pengguna Instagram di luar pengikut Anda? Masukkan aturan untuk me-repost unggahan Anda ke dalam akun Instagram pribadi mereka, dan mintalah mereka untuk menandai 2 sampai 3 orang teman lainnya guna memperluas jangkauan merek Anda. Semakin banyak peserta yang ikut menyebarkan informasi giveaway Anda, maka semakin besar pula kesempatan untuk mencapai ribuan pengikut baru.

  3. Kontes Foto atau Video dengan Hashtag (User-generated Content)
    Dorong para peserta agar lebih aktif dengan menyajikan konten visual yang kreatif. Mintalah mereka untuk mengunggah foto yang menampilkan produk atau jasa dari brand Anda. Kemudian, cantumkan hashtag yang telah ditentukan dan tandai akun Instagram brand Anda sebagai umpan. Ini adalah metode sempurna untuk meningkatkan kesadaran merek serta jangkauan yang lebih maksimum.

  4. Kuis dalam Bentuk Trivia
    Ini bisa menjadi cara yang baik untuk memperkenalkan layanan Anda lebih dalam lagi kepada para peserta. Buatlah sebuah giveaway dalam bentuk trivia yang mengharuskan para peserta untuk menjawab pertanyaan tentang merek Anda sebanyak mungkin. Saat menentukan pemenang, Anda dapat memilihnya secara acak ataupun berdasarkan siapa orang pertama yang lebih dulu menjawab dengan benar.

  5. Lengkapi Caption
    Ingin membangun hubungan yang lebih erat dengan pengikut setia Anda? Unggah sebuah gambar istimewa dan mintalah para peserta untuk memberikan caption yang menarik. Lalu, pilih pemenang berdasarkan tingkat kreativitas dan jumlah like yang mereka terima.


10 Tips Membuat Konten Giveaway Instagram yang Menarik

Panduan berikut ini akan memudahkan Anda untuk membuat konten giveaway Instagram yang menarik, mulai dari tahap brainstorming hingga evaluasi.

  1. Pikirkan tentang Tujuan Giveaway Anda
    Sebelum memikirkan tema giveaway, pertama-tama Anda perlu menentukan target apa saja yang menjadi tujuan. Hal ini bersifat penting agar kampanye yang Anda lakukan tidak berakhir percuma begitu saja. Beberapa hal yang bisa masuk ke dalam sasaran adalah mendorong laju penjualan, meningkatkan followers, menaikkan brand awareness, hingga menarik minat followers pada perilisan produk baru. Dari sini, Anda dapat menyesuaikan strategi yang tepat sekaligus mengukur sejauh mana keberhasilan yang berhasil dicapai pasca periode kontes usai dilaksanakan.

  2. Pilih Hadiah yang Menarik untuk Audiens Anda
    Apakah faktor utama yang mendorong minat seseorang untuk mengikuti giveaway? Jawabannya adalah deretan hadiah yang menarik. Hadiah eksklusif ini haruslah relevan dengan brand atau target audiens Anda, terutama bila tujuan kampanye Anda memang untuk meningkatkan kesadaran merek. Ada banyak sekali pilihan hadiah yang dapat disesuaikan dengan anggaran, mulai dari paket produk eksklusif, voucher diskon spesial, hingga layanan premium secara gratis.
    Sebagai contoh, jika Anda adalah vendor gedung pernikahan, maka doorprize berupa servis unggulan bisa menjadi penawaran yang menarik, seperti acara makan malam romantis, voucher perawatan kecantikan, hingga paket bulan madu. Sementara untuk vendor lainnya, Anda dapat memberikan penawaran spesial berupa produk-produk best seller, uang tunai, voucher belanja, hingga paket liburan istimewa untuk pasangan.

  3. Berkolaborasi dengan Sebuah Brand atau Influencer
    Giveaway adalah saat yang tepat untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke akun Instagram bisnis Anda. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan kolaborasi dengan brand tertentu ataupun influencer yang memiliki karakteristik audiens serupa dengan brand image Anda. Cara ini dapat menjadi pilihan tepat bagi pebisnis yang baru saja merintis. Bergabunglah dengan sejumlah brand tertentu agar tingkat kepercayaan audiens mengenai hadiah yang ditawarkan semakin tinggi.
    Selain itu, jalinan kemitraan juga memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta meningkatkan jumlah followers dalam waktu singkat. Karena peraturan yang tertulis biasanya mengharuskan para peserta untuk mengikuti akun Instagram dari masing-masing merek yang berpartisipasi. Bukan tidak mungkin Anda juga akan meraih basis penggemar baru berkat campur tangan influencer atau brand lain yang telah membantu Anda mencapai tujuan.

  4. Lakukan Penelitian Terhadap Audiens Anda
    Selanjutnya, Anda perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang audiens Anda. Lihat kembali apa saja konten yang berhasil menarik perhatian para audiens, dan bagaimana cara mereka membangun interaksi dengan brand Anda. Lalu, kunjungi fitur 'Insights' di Instagram untuk mengumpulkan data karakteristik pengguna, mulai dari usia, jenis kelamin, hingga lokasi. Ini akan berguna sebagai bahan penentuan konsep giveaway Instagram.

  5. Buat Konten Giveaway yang Menarik
    Instagram merupakan platform yang sangat menjunjung gambar berkualitas tinggi. Jadi, usahakan agar gambar yang Anda tuangkan ke dalam postingan giveaway benar-benar menarik audiens, baik dari isi konten, warna, hingga desain secara keseluruhan. Idealnya, sebuah gambar yang memuat informasi tentang kuis kampanye perlu memuat ragam komponen sebagai berikut:
    ●Daftar hadiah spesifik
    ●Periode waktu giveaway
    ●"Menangkan …." (uraian hadiah Anda)
    ●Kata kunci giveaway
    ●Warna logo atau brand
    Hashtag khusus yang telah ditentukan

  6. Tentukan Batas Waktu Periode Giveaway
    Mengapa Anda perlu memberikan batasan waktu yang jelas di dalam poster atau caption? Karena, hal ini dapat memicu rasa urgensi audiens agar mau berpartisipasi lebih cepat. Tak ada aturan khusus mengenai jangka waktu ideal pengadaan kuis. Anda dapat mengaturnya kapan saja, entah dalam hitungan hari ataupun hitungan minggu. Namun, sebisa mungkin durasi giveaway Instagram Anda perlu menyesuaikan dengan jenis hadiahnya.
    Bila hadiah yang Anda tawarkan benar-benar bernilai tinggi, maka periode kampanye hendaknya dibuka lebih lama untuk memaksimalkan pengiriman. Sementara untuk hadiah yang relatif kecil, Anda dapat menyelesaikannya kapan saja bisa dalam waktu singkat. Namun, para pebisnis kecil biasanya cenderung menghindari periode giveaway yang lebih singkat. Hal ini dikarenakan umumnya mereka membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk melakukan promosi.

  7. Buatlah Hashtag Khusus agar Mudah Terdeteksi
    Ini tergantung dari bagaimana tipe konten yang Anda pilih. Bila seluruh audiens diharuskan untuk mengunggah foto ke dalam akun Instagram pribadi mereka, maka penggunaan hashtag kampanye perlu dilakukan demi memantau karya para peserta. Tak hanya itu saja, sebuah tagar juga berfungsi untuk menyebarkan awareness dari kampanye yang tengah dijalankan. Jadi, buatlah hashtag Anda sekreatif mungkin.

  8. Promosikan Konten Giveaway Anda
    Selesai mengunggah konten giveaway? Sekarang, saatnya memberi tahu seluruh followers bahwa vendor Anda tengah mengadakan kontes dengan hadiah spesial. Saat ini, Instagram telah menyediakan banyak sekali fitur yang dapat membantu para pemilik akun bisnis untuk mempromosikan konten mereka, mulai dari Stories hingga Instagram Ads. Jika Anda berencana menginformasikannya melalui Story, jangan lupa untuk menaruh fitur link internal agar audiens Anda dapat langsung diarahkan menuju postingan. Namun, bila Anda berencana meraih hasil yang lebih optimal dengan Instagram Ads, maka perhatikan juga bagaimana pengelolaan budget Anda.

  9. Pilih Pemenang Kuis melalui Tool Gratis yang Tersedia
    Bagaimana cara yang telah Anda pilih untuk menentukan pemenang? Apakah didasari oleh komentar terbaik atau dipilih secara random? Bila opsi pertama adalah jawabannya, mungkin akan membutuhkan waktu sedikit lama bagi Anda untuk menentukan pemenang. Apalagi jika jumlah partisipan benar-benar melebihi perkiraan Anda.Jadi, tak ada salahnya untuk memilih pemenang secara acak. Sebab, Anda bisa menggunakan ragam alat picker Instagram gratis yang bisa membantu Anda untuk mendapatkan pemenang, mulai dari random.org, commentpicker.com, miniwebtool.com, hingga iconosquare.com. Tidak hanya berfungsi untuk memudahkan kinerja, penggunaan tool seperti ini juga dilakukan agar seluruh partisipan dapat merasa adil satu sama lain. Saat pengumuman pemenang, bersikaplah terbuka dengan mengumumkannya lewat Instagram Story atau postingan kampanye.

  10. Lakukan Evaluasi Secara Menyeluruh
    Untuk mengukur sejauh mana kesuksesan kampanye Anda, buatlah evaluasi mendalam guna mengetahui apakah tujuan Anda telah berhasil tercapai atau tidak. Hal ini juga penting dilakukan untuk menjadi bahan strategi kampanye di masa mendatang. Berikut faktor-faktor yang perlu dianalisis:
  • Jumlah total peserta
  • Tingkat engagement
  • Jangkauan total
  • Pertumbuhan pengikut
  • Volume tagar
  • Jumlah unggahan user-generated content
  • Kualitas konten yang diterima
  • Jumlah klik ke halaman situs Anda

Gunakan fitur analisa komprehensif seperti Instagram Insights, Hootsuite, atau Google Analytics untuk hasil akhir yang lebih maksimum.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]