“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

3 Tips untuk Membuat Denah Tempat Duduk Tamu Undangan

[[ 1675126800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 2,590 views

Salah satu poin yang paling penting untuk menjadi perhatian di tengah proses perencanaan pernikahan adalah bagaimana Anda harus berjibaku dengan klien Anda mengenai denah tempat duduk tamu undangan. Dulu, calon pasangan pengantin mungkin masih harus membuatnya secara manual di atas kertas terlebih dahulu, namun kini sudah bunyak pilihan teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan akurasi sekaligus menjadikan seluruh proses yang ada terasa lebih efektif. Melansir maroo, berikut tiga tips terbaik yang dapat memudahkan Anda untuk mengatur denah tempat duduk tamu.


  1. Buat Daftar Tamu Undangan
    Ketika ekspektasi jumlah tamu undangan telah ditetapkan, kini saatnya untuk menentukan siapa saja yang akan diundang sebagai tamu pernikahan. Lakukan kerjasama dengan calon pengantin saat harus menyusun daftar tamu. Berikan saran kepada klien Anda bahwa sebaiknya mereka perlu mengelompokkan nama tamu sesuai dengan asal usul masing-masing, dimulai dari keluarga, saudara, sahabat karib, teman sekolah, teman kuliah, rekan kerja, ataupun kelompok sosial lainnya. Pikirkan juga tentang kemungkinan adanya tamu dengan kategori berkebutuhan khusus, mengingat tamu dalam kategori ini sangat memerlukan akses yang mudah jika ingin bepergian ke toilet. Tamu dengan kelompok lanjut usia juga tidak diperkenankan untuk ditempatkan di area yang begitu dekat dengan panggung hiburan karena akan berpotensi mengganggu pendengaran mereka.
  2. Perhatikan Bagaimana Bentuk Venue yang Dipilih
    Sebelum Anda benar-benar membuat denah tempat duduk untuk para tamu, pastikan layout lokasi pernikahan klien sudah berada di tangan Anda secara lengkap, mulai dari dimensi ruang, letak toilet umum, area kelistrikan, hingga pintu darurat. Ini akan membantu Anda untuk bisa merancang denah tempat duduk yang aman tanpa harus mengganggu arus lalu lintas di dalam ruangan. Para tamu juga perlu memiliki ruang gerak yang cukup luas untuk bisa mengakses setiap sudut venue. Hubungi koordinator gedung pernikahan untuk informasi lebih lanjut mengenai tata letak ruangan. Anda bisa meminta floor plan sekaligus bertanya perihal denah tempat duduk seperti apa yang dinilai berhasil dan kerap digunakan untuk resepsi pernikahan. Mereka umumnya sudah lebih memahami tentang hal ini, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan bentuk meja yang dipilih dan jumlah tamu undangan secara keseluruhan.

  3. Buatlah Denah Tempat Duduk dengan Memanfaatkan Tools Digital
    Saat ini, terdapat berbagai pilihan perangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk membuat visualisasi digital dari denah tempat duduk tamu undangan pernikahan. Kemajuan teknologi telah banyak membantu para profesional untuk bisa bekerja lebih cepat dan mudah tanpa harus merancangnya secara manual dengan alat tulis atau media konvensional. Bagan tempat duduk dapat dibuat ke dalam skala 2 atau 3 dimensi sesuai dengan layout asli. Ini memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan tata letak yang akurat serta ukuran meja yang sesuai dengan keadaan ruangan yang sebenarnya. Salah satu situs pembuatan bagan tempat duduk online yang paling direkomendasikan adalah AllSeated. Di sini, Anda bisa merancang denah tempat duduk dengan mudah, teratur, sekaligus hemat waktu. Fitur-fitur di dalamnya memungkinkan Anda untuk mengatur ulang denah, mencoba berbagai opsi meja yang berbeda, hingga menambahkan elemen lainnya sesuai dengan kebutuhan. Pastikan jumlah tamu klien Anda sudah ditetapkan dengan jelas untuk memudahkan proses pembuatan bagan.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]