“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

5 Jenis Konten yang Dapat Meningkatkan Engagement Media Sosial Bisnis Anda

[[ 1668387600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 216 views

Sebagai pemilik bisnis pernikahan, interaksi dengan audiens atau target pasar Anda sangat penting untuk meningkatkan social media engagement. Engagement juga merupakan salah satu dari tiga metrik teratas untuk mengevaluasi kesuksesan media sosial bisnis Anda.


Membuat strategi konten yang menarik dan konsisten memang cukup sulit, menantang, dan memakan waktu. Namun, jika Anda tidak memberikan apa yang dicari oleh audiens, maka interaksi Anda dengan audiens pun tidak berjalan.

Konten yang menarik adalah jenis konten yang mampu menarik perhatian dan menginspirasi audiens Anda untuk bertindak. Mulai dari like, comment, hingga share akan membantu Anda dalam mengevaluasi efektivitas strategi konten di media sosial. Lalu, apa saja jenis-jenis konten dengan engagement yang tinggi? Simak ulasannya berikut ini!

Konten Tips & Trik

Buatlah tulisan atau artikel yang informatif dan sesuai dengan apa yang dicari oleh audiens Anda. Konten tips dan trik menjadi salah satu konten incaran ketika seseorang sedang mencari tahu tentang mengatur budget pernikahan atau ulasan vendor pernikahan terbaik dan testimoni dari klien Anda sebelumnya. Sebaiknya, pilihlah kata-kata atau kalimat yang sederhana agar tidak rumit untuk dibaca.

Konten visual

Jenis konten ini sangat memperkuat konten Anda. Sambil menyajikan konten, Anda juga dapat menunjukkan portfolio Anda melalui konten visual ini. Berikan sentuhan yang menarik, seperti caption, musik, bahkan infografis jika Anda memiliki data seperti tren pernikahan yang sedang diminati oleh para calon pengantin.

Konten yang melibatkan emosi audiens

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan humor yang membuat audiens tertawa atau menggunakan konten yang penuh haru, seperti momen first dance mempelai, ayah yang mengantar sang putri ke pelaminan, atau momen lamaran dan momen romantis lainnya. Dengan konten yang menyajikan realitas, emosi audiens akan terlibat dan memunculkan ekspektasi bahwa bisnis Anda mampu membuat pernikahan mereka sama suksesnya seperti klien Anda sebelumnya.

Konten seperti ini juga bisa Anda aplikasikan pada Instagram Live atau Instagram Story, atau TikTok Live. Terlebih lagi jika Anda sedang melakukan campaign atau promo besar-besaran. Anda juga bisa melakukannya ketika sedang berada di acara pameran pernikahan. Jika Anda memiliki bisnis venue pernikahan, Anda bisa lakukan Live di Instagram atau TikTok sambil berkeliling venue untuk memanjakan visual para audiens dengan fasilitas yang Anda miliki, serta interaksi secara langsung melalui kolom komentar live.

Konten informasi

Konten informasi tidak hanya sekadar informasi bisnis atau produk Anda saja, tetapi juga bisa hal-hal umum seputar pernikahan. Berikan audiens konten yang bernilai tinggi dengan memahami keresahan para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Berikan mereka informasi dalam berbagai format, seperti panduan, podcast, webinar, vlog, artikel, dan infografis. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan topik yang menarik bagi audiens, Anda bisa membuka interaksi melalui fitur Q&A pada Instagram Story dan menanyakan hal apa yang sedang dicari para calon pengantin.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]