“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Latest Trends

6 Ide Dekorasi Pernikahan yang Bisa Ditiru dari Interior Ruangan

[[ 1657501200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 259 views

Pernah terpikir untuk menyajikan dekorasi pernikahan berestetika tinggi yang jauh dari kata konvensional? Mungkin Anda bisa melihat bagaimana cara desainer interior menyulap sebuah hunian yang biasa, menjadi sebuah hunian yang cantik sekaligus nyaman untuk ditinggali. Umumnya, konsep dari desain interior ruangan akan mengikuti bagaimana karakteristik dan preferensi dari sang penghuni. Itulah mengapa, cara kerja seorang desain interior sebenarnya hampir mirip dengan bagaimana para dekorator handal mewujudkan ruang resepsi yang sempurna, yaitu dengan menginterpretasikan seperti apa personality dari calon pengantin. Mungkin Anda dapat mengambil inspirasi melalui benda-benda favorit yang biasanya terdapat dalam sebuah ruang pribadi, mulai dari palet warna yang digemari, pola-pola estetis pada furnitur, ataupun barang bermakna lainnya, yang bisa diterapkan ke dalam elemen pernikahan. Anda bisa memadukannya ke dalam satu kesatuan yang utuh.


6 IDE DEKORASI PERNIKAHAN DARI INTERIOR RUANGAN

Untuk dapat mewujudkan sentuhan yang memukau pada dekorasi pernikahan, Anda harus berusaha untuk berpikir layaknya seorang desainer interior. Berikut beberapa ide yang bisa Anda terapkan ke dalam ruang resepsi pernikahan.

  1. Perpaduan Warna dan Pola yang Tidak Terduga

    Akreditasi: Me Pretty

    Jangan menjatuhkan pilihan pada kombinasi rona yang terlalu tradisional. Ini saatnya Anda untuk menuangkan beberapa palet warna ke dalam pola-pola yang lebih berani. Dan, pikirkan tentang berbagai motif yang biasanya terdapat di ruang tamu ataupun meja makan, seperti sarung bantal, taplak meja, serbet dapur, hingga peralatan makan, untuk kemudian diterapkan pada acara resepsi pesta duduk. Pastikan agar keseluruhan estetika dekorasi tetap terlihat seimbang dan tidak berlebihan. Jika ingin memainkan rona vibran, Anda mungkin dapat mengusulkan calon pengantin untuk mengenakan pakaian dengan warna yang lebih netral, termasuk memberikan dresscode khusus kepada tamu undangan.

  2. Gunakan Elemen yang Bisa Digunakan Kembali

    Akreditasi: Opperhill Photography

    Ini akan lebih mudah untuk diterapkan apabila klien Anda berencana untuk mengadakan pernikahan intimate. Paling tidak, pasangan yang sudah menggelontorkan dana besar untuk pernikahannya, bisa menikmati kembali barang dekorasi mereka dalam jangka waktu yang lama, sehingga tidak 'terbuang' sia-sia. Anda dapat memilih item yang sekiranya dapat disimpan untuk digunakan kembali oleh pasangan pengantin setelah berakhirnya pesta pernikahan, entah itu vas bunga, alas piring, tempat lilin, taplak meja, peralatan makan, dan lain-lain.

  3. Pilih Tanaman Eksotis Selain Bunga

    Akreditasi: Marco Shancez

    Mungkin gugusan bunga sudah menjadi elemen yang tak bisa dipisahkan dalam sebuah dekorasi pernikahan, mulai dari wedding gate, lorong pernikahan, altar, hingga meja resepsi, hampir semuanya menggunakan ornamen bunga sebagai dekorasi utama. Namun, bagaimana jika ada pasangan pengantin yang lebih memilih untuk menggunakan kaktus atau tanaman sukulen tanpa bunga sebagai centerpiece di meja resepsi mereka? Tentu saja hal tersebut akan mampu menarik perhatian tamu undangan, mengingat tanaman hias ini dapat menyuguhkan berbagai bentuk, warna, dan tekstur yang memukau. Bahkan, pasangan pengantin juga bisa membawa pulang sebagian lainnya untuk menjadi kenang-kenangan di rumah.

  4. Atur Penataan Ruang Resepsi Layaknya Hunian yang Nyaman

    Akreditasi: Jhoncainphotography

    Mengadopsi gaya seorang desainer interior, artinya Anda harus mampu memikirkan cara terbaik untuk mengoptimalkan tata ruang resepsi. Akan lebih baik apabila jarak dari pelaminan atau lantai dansa tidak terlalu jauh dengan meja tamu. Karena, hal ini dipercaya mampu menghadirkan suasana intim di antara pasangan pengantin dan tamu undangan. Selain itu, pastikan area prasmanan dan gubukan berada dalam posisi strategis yang mudah diraih oleh semua orang. Anda pun bisa meletakkan berbagai furnitur yang biasa terdapat di ruang tamu untuk menciptakan nuansa homey.

  5. Maksimalkan Pengaturan Meja Tamu

    Akreditasi: Alix Gould

    Ini merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah pesta duduk. Pastikan Anda benar-benar sudah memiliki gambaran yang jelas soal pengaturan meja atau table setting, seperti pada bagian mana kartu nama akan ditempatkan, alas piring seperti apa yang akan digunakan, apakah akan diberikan pot bunga di setiap meja, hingga bagaimana cara penyusunan peralatan makan terbaik. Pastikan juga semua sentuhan yang Anda terapkan merupakan representasi dari karakter kedua mempelai.

  6. Buatlah Area Pintu Masuk yang Menakjubkan

    Akreditasi: johncainphotography

    Terkadang, ada sejumlah dekorator yang hanya memerhatikan bagaimana kesempurnaan area wedding gate saja, sementara itu dekorasi pada meja registrasi hanya dibiarkan dengan sebuah alas meja. Padahal, seluruh area pintu masuk pernikahan hendaknya mendapat perlakuan yang sama seperti jika kita mendekorasi sebuah teras rumah. Anda mungkin bisa menyuguhkan sebuah meja registrasi yang antik dan berbeda dari biasanya. Tentukan juga sejumlah elemen yang bisa Anda letakkan di atas permukaan meja, entah itu pot bunga, lampu gantung, ataupun pajangan unik lainnya. Kemudian, padukan dengan beberapa bingkai foto dari pasangan pengantin yang bisa Anda letakkan di bagian dinding.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]