“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

6 Strategi Pinterest Marketing untuk Bisnis Pernikahan Anda

[[ 1647228600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,682 views

Pinterest adalah jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto maupun video. Konten visual ini kemudian dapat dikelompokkan ke berbagai kategori dalam sebuah folder khusus. Saat laman utama Pinterest terbuka, pengguna akan langsung disuguhkan dengan rentetan gambar secara acak. Sementara melalui kolom pencarian, terdapat berbagai fitur pendukung yang memudahkan Anda untuk mendapatkan inspirasi dari kategori ide yang tersedia.


Sebelum membahasnya lebih lanjut, pahami lebih dulu sejumlah istilah penting yang ada di Pinterest, di antaranya;

  • Pin: sebutan untuk konten yang diunggah ke Pinterest, baik berupa foto dan video.
  • Pinner: kreator aktif Pinterest.
  • Repin: istilah untuk membagikan konten milik pengguna lainnya.
  • Board: adalah fitur di mana Anda dapat mengumpulkan sejumlah Pin ke dalam sebuah folder. Nama pada board juga dapat di-custom sesuai kategori, seperti decorations, wedding theme, bouquet, cakes, invitations, dan wedding gown.

TENTANG PINTEREST MARKETING

Sebagai sumber populer yang menawarkan konten berbasis visual tak terbatas, tentu saja Pinterest patut untuk dimasukkan ke dalam salah satu strategi pemasaran Anda. Menurut The Global State of Digital 2021, Pinterest telah menduduki peringkat ke-14 sebagai jejaring sosial terbesar di dunia dengan 459 juta pengguna aktif bulanan. Performa impresif ini membuat Pinterest mampu untuk menjangkau audiens secara lebih luas.

Dilansir dari Pinterest Business, brand yang memutuskan untuk terjun ke platform Pinterest terdorong oleh sejumlah faktor, di antaranya adalah peluang untuk meraih cakupan audiens yang baru, menarik user ke dalam website atau toko mereka, hingga meningkatkan penjualan produk. Hal ini diperkuat dengan 46% dari Pinners mingguan yang telah menemukan merek atau produk baru di Pinterest.

Kepopuleran Pinterest semakin meningkat seiring banyaknya jumlah Pinners dan board yang dibuat. Ini berarti, Pinterest for Business mampu memberikan perkembangan yang cukup signifikan untuk kemajuan bisnis Anda.

CARA MENGGUNAKAN PINTEREST UNTUK BISNIS

  1. Susun Strategi Pemasaran Pinterest
    Sebelum benar-benar terjun ke Pinterest, buatlah skema pemasaran khusus untuk platform yang satu ini, mulai dari penetapan tujuan, mempelajari kebiasaan audiens, menentukan target audiens secara spesifik, menganalisa kompetitor, hingga membuat perencanaan konten bulanan. Pastikan Anda menyusunnya dengan jelas dan selalu konsisten terhadap seluruh strategi marketing yang dijalankan.
  2. Buat Konten yang Menarik dan Berbeda
    Ingatlah bahwa Pinterest adalah sebuah platform yang menyajikan konten visual berkualitas tinggi. Jadi, unggahlah konten yang benar-benar memiliki daya tarik tersendiri sekaligus orisinil. Atur dengan rasio 2:3 agar gambar tidak terpotong. Kemudian, pastikan gambar Anda berada dalam resolusi yang direkomendasikan oleh Pinterest guna mencegah gambar pecah saat sudah ter-upload. Jangan lupa untuk menambahkan judul dan deskripsi yang sesuai dengan isi foto. Ini dapat membantu meningkatkan cara kerja SEO ke profil Anda. Pastikan juga tautan yang tercantum berfungsi dengan baik.
  3. Manfaatkan Format Pin yang Bervariasi
    Sama halnya dengan Instagram, para pengguna dapat mengunggah gambar (Pin) ke dalam format yang berbeda di Pinterest. Gunakan video untuk mempromosikan produk atau jasa vendor Anda, dan unggahlah beberapa foto ke dalam bentuk carousel. Untuk mengundang interaksi audiens, Anda juga bisa membuat konten berupa tips and trick ataupun behind the scene dari proses pembuatan produk Anda. Kemudian, atur papan inspirasi ke dalam beberapa kategori untuk mempermudah pengguna dalam menemukan konsep yang serupa.
  4. Pantau Performa Profil dengan Menggunakan Fitur Analytics
    Pinterest juga menyediakan fitur analytics yang dapat membantu pengguna untuk mengukur sejauh mana performa profil mereka, mulai dari impressions, total audience, engagements, link clicks, hingga jumlah Repins. Anda juga bisa melihat konten mana saja yang paling banyak mengundang atensi audiens dan mana yang kurang mendapatkan perhatian.
  5. Beriklan di Pinterest
    Bila Anda memiliki budget lebih, Pinterest juga menyediakan fitur ads untuk menunjang bisnis penggunanya. Ini merupakan cara yang efektif untuk menarik jangkauan yang lebih luas sekaligus meningkatkan brand awareness. Pinterest memungkinkan pengguna akun bisnis untuk dapat menargetkan iklan mereka berdasarkan minat, lokasi, usia, kata kunci, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan Anda telah memiliki akun bisnis agar bisa memilih berbagai jenis iklan yang tersedia. Kategori iklan yang tersedia meliputi Promoted Pins, Promoted Video Pins, Promoted Carousels, dan Promoted App Pins.
  6. Promosikan Profil Pinterest
    Tentu saja profil Pinterest Anda membutuhkan eksposur yang lebih untuk menarik audiens. Jadi, sebarkan tautan profil Pinterest Anda di berbagai tempat yang memungkinkan, seperti situs perusahaan, e-mail signature, ataupun akun media sosial Anda yang lainnya.

4 KEUNTUNGAN MARKETING PINTEREST UNTUK VENDOR PERNIKAHAN

Saat mencari ide untuk tema tertentu, mungkin Anda kerap berselancar di media sosial untuk mendapatkan sejumlah referensi yang menarik. Begitu pula dengan klien Anda yang mungkin telah mengumpulkan beberapa inspirasi untuk mewujudkan pernikahan impiannya. Pinterest adalah salah satu dari sekian banyak jejaring sosial yang menjadi sasaran mereka.

Nah, sebagai profesional yang berkecimpung di industri pernikahan, tentunya Anda tidak ingin kehilangan kesempatan untuk dilihat oleh lebih banyak calon pengantin, bukan? Berikut alasan mengapa Anda harus memiliki akun bisnis di Pinterest.

  1. Pin yang Anda Unggah akan Bertahan Selamanya
    Kendati Anda tidak terlalu aktif dalam mengelola akun bisnis di Pinterest, Pin yang telah diunggah tetap akan terlihat selamanya. Calon pengantin dapat dengan bebas menelusuri profil Anda untuk melihat jajaran proyek yang pernah Anda kerjakan. Untuk diketahui, pengguna Pinterest memiliki hampir 900 juta Pin tentang pernikahan, dan 378 juta pencarian terkait pernikahan setiap tahunnya. Ini berarti, Pinterest merupakan peluang yang sempurna untuk menampilkan karya terbaik Anda.
  2. Mengarahkan Traffic ke Website Anda
    Bila situs vendor merupakan komponen yang ingin Anda promosikan, maka Pinterest menyediakan layanan untuk itu. Anda selalu bisa menautkan link website perusahaan melalui Pin yang ingin diunggah. Ini berguna untuk menarik lebih banyak pengunjung ke dalam situs web Anda. Akan lebih baik bila website Anda benar-benar tertara rapi sekaligus informatif, tentunya mereka dapat lebih leluasa untuk melihat rentetan portofolio Anda yang menakjubkan.
  3. Berfungsi Sebagai Katalog Online
    Menurut sebuah penelitian dari Deepfocus, terdapat lebih dari 40 juta orang yang menggunakan Pinterest sebagai panduan mereka dalam merencanakan pernikahan setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena industri pernikahan begitu erat kaitannya dengan aspek visual. Dari peluang ini, Anda dapat menggunakan Pinterest sebagai katalog online yang bonafit untuk menampilkan mahakarya Anda. Jangan lupa untuk melengkapi deskripsi beserta hashtag yang relevan agar mudah ditemukan oleh audiens.
    Selain itu, 66% dari pengguna juga memutuskan untuk membeli produk setelah mereka melihat Pin dari suatu merek. Artinya, Pinterest telah menjadi platform yang sangat menjanjikan untuk meningkatkan penjualan.
  4. Pinterest adalah Alat Pemasaran yang Gratis
    Kabar baiknya, Pinterest termasuk ke dalam jajaran media sosial yang gratis untuk digunakan. Anda hanya perlu mengerahkan strategi terbaik untuk mengelolanya. Pilih foto-foto dengan kualitas terbaik agar mampu menarik perhatian calon pengantin. Untuk memaksimalkan performa profil Anda, buatlah perencanaan konten yang teratur setiap bulannya.

Ketahuilah bahwa konten pernikahan di Pinterest memiliki volume yang sangat tinggi. Untuk menonjolkan profil Anda di antara kompetitor, kuncinya adalah dengan mempertahankan karakteristik unik dan otentik yang Anda terapkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera gunakan Pinterest sebagai salah satu strategi pemasaran Anda.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]