“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

7 Hal yang Wajib Dicantumkan pada Bio Instagram Bisnis

[[ 1618884000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 5,834 views
7 KOMPONEN PENTING BIOgrafi Profil INSTAGRAM


Foto oleh Phil Desforges by Unsplash.

Bio Instagram merupakan sebuah area di mana Anda dapat menuliskan beberapa detail mengenai brand Anda. Isi dari bio Instagram memiliki peranan yang sangat penting bagi pemilik akun Instagram Bisnis. Pasalnya, Anda harus benar-benar memahami komponen apa saja yang wajib dicantumkan ke dalam kolom yang satu ini. Pastikan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh audiens sudah tercantum pada bio Instagram Anda. Sayangnya, area biografi hanya dapat menampung sekitar 150 karakter saja. Hal ini mengharuskan Anda untuk mengemas seluruh informasi yang diperlukan dengan lebih singkat. Berikut tujuh hal yang sebaiknya Anda cantumkan ke dalam bio Instagram bisnis.

1. Tentukan keyword yang sesuai dengan model bisnis Anda

Apakah jenis bisnis pernikahan yang Anda geluti? Apa saja layanan yang Anda berikan kepada klien? Tuliskan secara singkat perihal bidang usaha atau servis yang Anda tawarkan di baris utama. Frasa kunci ini dapat membantu Anda muncul dalam pencarian yang relevan sekaligus memudahkan audiens dalam menemukan akun Instagram Anda. Usahakan agar biografi yang ditulis benar-benar mewakili sektor usaha.

2. Lebih kreatif dengan tagline yang menarik

Ingin punya biografi Instagram keren, namun belum mempunyai tagline? Mulailah dengan menggabungkan beberapa frasa sederhana. Ingat, Anda hanya membutuhkan sebuah kalimat pendek yang bisa menggambarkan identitas brand dengan kuat. Pastikan tagline yang diusung memiliki makna yang dapat dipahami oleh target audiens Anda.

3. Beri informasi seputar produk atau jasa terbaru

Apakah Anda baru saja merilis sebuah produk terbaru? Atau, sedang memiliki penawaran spesial tertentu? Berikan highlight secara singkat pada bio Instagram dan tambahkan tautan dari informasi yang dimaksud. Tujuannya agar audiens dapat mengetahui informasi lebih cepat begitu mereka membuka akun Instagram Anda. Cara ini jauh lebih efektif ketimbang hanya memanfaatkan unggahan feeds Instagram.

4. Sertakan hashtag yang berisi portfolio atau campaign Anda

Beberapa akun bisnis memilih untuk mempromosikan produk atau jasa mereka melalui sebuah hashtag yang dapat diklik di bio Instagram. Biasanya, setiap unggahan yang ada di profil mereka telah disisipkan tagar tertentu agar lebih mudah ditemukan. Selain itu, Anda juga dapat mengajak audiens untuk membagikan momen bahagianya melalui sebuah hashtag agar dapat ditampilkan di profil Anda.

5. Tambahkan kontak yang dapat dihubungi

Jangan lupa untuk menulis informasi kontak dengan detail ke dalam bio Instagram. Tambahkan keterangan berupa alamat e-mail dan nomor telepon agar audiens dapat dengan mudah menghubungi Anda. Jadi, mereka akan langsung menuju kontak yang tercantum apabila memiliki pertanyaan lebih lanjut.

6. Jabarkan soal jam operasional

Apakah Anda menerapkan jam kerja tertentu? Tidak ada salahnya untuk memberitahu audiens tentang adanya waktu operasional. Hal ini berguna agar calon klien dapat menghubungi Anda pada waktu yang telah ditentukan sehingga tidak terjadi miskomunikasi.

7. Cantumkan domisili

Penting untuk Anda mencantumkan domisili pada bio Instagram, mengingat letak geografis dapat memengaruhi keputusan calon pengantin dalam menggunakan jasa pernikahan. Walaupun vendor Anda terbuka dengan kota lainnya, mereka tetap membutuhkan info soal domisili agar dapat diperhitungkan.

TENTANG LINKTREE DAN FUNGSINYA UNTUK PROFIL INSTAGRAM ANDA

Apakah Anda sudah familiar dengan layanan yang satu ini? Linktree adalah sebuah situs yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan beberapa tautan sederhana ke dalam satu laman. Para pelaku bisnis memilih Linktree sebagai jembatan untuk mempermudah penggunanya menuju akses tercepat, apalagi layanan ini tersedia secara gratis walaupun dengan fitur yang terbatas. Biasanya, tautan yang dimasukkan ke dalam Linktree dapat berupa alamat situs, marketplace/e-commerce, katalog barang, daftar harga, hingga contact person.

Instagram hanya memperbolehkan penggunanya untuk menaruh satu buah link saja ke dalam bio Instagram. Jadi, pemakaian Linktree merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memperlihatkan beberapa tautan ke dalam satu profil. Tertarik menggunakannya? Mulailah membuat Linktree dengan mengunjungi tautan ini. Jangan lupa untuk menyalinnya ke dalam bio Instagram Anda.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]