“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

7 Ide Hadiah Ucapan Terima Kasih untuk Klien

[[ 1650938400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 3,135 views

Memberikan hadiah fisik sebagai tanda terima kasih kepada klien karena telah memercayakan penanganan pernikahan mereka kepada Anda adalah salah satu bentuk customer appreciation. Sebagai indikator kepuasan pelanggan, customer appreciation berperan penting dalam menentukan loyalitas klien. Jangan buang kesempatan ketika Anda berhasil menggaet klien yang berpotensi mendatangkan proyek-proyek berkepanjangan.

Berakhirnya sebuah proyek pernikahan tidak melulu berarti hubungan dengan klien langsung putus. Misalnya, sepasang pengantin sangat puas dengan jasa desain undangan pernikahan yang Anda berikan. Mereka pun kembali memercayakan Anda untuk membuat desain undangan berbagai acara lainnya, seperti acara keluarga maupun bisnis. Dengan kata lain, klien ini menjadi klien setia Anda. Bisnis Anda pun bisa berkembang lebih pesat karena tidak hanya berkisar di industri pernikahan saja, namun juga di bidang-bidang lainnya. Tentunya, Anda ingin memberikan apresiasi lebih kepada sang pelanggan setia, bukan?

Sembari menyesuaikan dengan anggaran Anda, tidak ada salahnya memberikan sesuatu yang lebih dari ucapan terima kasih kepada mereka. Berikut tujuh ide hadiah terima kasih untuk klien Anda:

1. Sepasang hadiah yang saling serasi


Paket gelang dan cufflink dari Lancca Official.

Buah tangan apakah yang cocok untuk pasangan pengantin baru? Tentunya yang bisa dipakai keduanya dan memperlihatkan keserasian di masa-masa berbulan madu. Anda bisa mencari koleksi perhiasan, pakaian, atau aksesori rumah tangga dengan desain spesial yang bisa digunakan oleh baik sang suami maupun istri. Pertimbangkan untuk memilih benda dengan desain yang tak lekang oleh waktu dan dibuat secara spesial.

2. Bingkisan spesial


Kemasan oleh Studio Dapur.

Tidak hanya isinya saja yang istimewa, sebaiknya kemasannya juga. Apalagi jika kemasannya bisa dipergunakan lagi, tentunya hadiah terima kasih ini akan terasa lebih unik. Kemasan yang nampak dibuat secara khusus mewakilkan bahwa Anda sangat menganggap sang klien sebagai sosok yang spesial.

3. PERLENGKAPAN sanitasi


Perlengkapan Sanitasi oleh DR SOAP

Sejak pandemi Covid-19, beberapa orang menjadi lebih peduli dengan kondisi kesehatan mereka dan juga orang-orang di sekitar. Tak heran, beberapa dari klien Anda menjadi salah satu yang sangat mengutamakan protokol kesehatan mulai dari pertemuan pertama hingga hari pernikahan mereka.

Jika Anda mendapatkan klien seperti ini, Anda bisa mendukung amunisi protokol kesehatan mereka dengan memberikan satu set hand sanitizer, sabun cuci tangan, disinfektan, dan satu paket masker. Anda juga bisa menambahkan pouch atau masker kain yang didesain khusus untuk mereka agar lebih personal. Selain itu, Anda juga bisa memberikan alat kebersihan elektronik untuk rumah mereka, seperti nano spray, alat pel modern, vacuum cleaner, atau air purifier.

4. Berhubungan dengan hobi atau kesukaan


Set Mesin Kopi Kapsul oleh Drink Morning

Apakah sejak awal pertemuan dengan klien, Anda selalu diajak ke kafe atau ke tempat kopi? Ini bisa saja sebuah pertanda bahwa klien Anda adalah pecinta kopi. Hadiah menarik yang bisa Anda berikan kepada klien pecinta kopi adalah dengan memberikan beberapa kopi dari berbagai daerah, mulai dari Indonesia hingga ke luar negeri.

Agar lebih dikenang dan tahan lama, Anda mungkin bisa memberikan mesin coffee capsules. Hadiah ini akan mempermudah klien Anda untuk menikmati kopi di rumah dengan berbagai pilihan rasa yang Anda berikan.

5. Voucher makan malam romantis


Foto oleh The Apurva Kempinski Bali.

Cocok diberikan jika pasangan klien Anda masih dalam fase berbulan madu, pastikan Anda memilih lokasi, properti, atau restoran yang berkelas serta telah terbukti mampu menghadirkan hidangan dan atmosfer yang tak terlupakan. Setelah melewati rangkaian acara pernikahan, tentunya sang klien akan sangat menghargai traktiran sederhana nan bermakna seperti voucher makan malam romantis ini.

6. Keperluan rumah tangga


Peralatan makan oleh Sajiva Clay Studio.

Jika Anda terlalu bingung untuk memilih hadiah terima kasih kepada klien yang baru saja menikah, pikirkanlah tentang benda yang dibutuhkan oleh pengantin baru. Set peralatan makanan atau set peralatan mandi dengan desain edisi khusus patut Anda pertimbangkan sebagai parsel apresiasi untuk klien spesial.

7. Voucher Perawatan Kecantikan


Perawatan oleh ERHA Ultimate

Kecantikan dan penampilan tidak hanya untuk wanita saja, tetapi beberapa pria juga peduli dengan penampilan mereka, baik dari pakaian maupun kesehatan kulit mereka. Tidak jarang, beberapa sepasang kekasih menikmati momen bersama dengan melakukan perawatan, seperti spa atau refleksi. Ketika Anda mendapatkan klien seperti ini, Anda bisa memberikan mereka paket honeymoon dengan spa dan perawatan diri lainnya. Hadiah ini akan membuat mereka sangat senang karena bisa menikmati momen relaksasi bersama setelah melewati prosesi pernikahan yang cukup panjang.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]