“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Bridestory Platform Insider : Events

7 Tips untuk Perencana Pernikahan dalam Mengungguli Kompetitor

[[ 1688349600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,325 views

Perencana pernikahan adalah bagian terpenting dari sebuah upacara penyatuan cinta. Mereka yang bergelut dalam bidang ini dituntut untuk bisa bertanggung jawab penuh serta memastikan bahwa acara pernikahan dapat berlangsung sesuai harapan. Perencana pernikahan juga dinilai sebagai salah satu pekerjaan terberat karena menjadi tangan kanan pengantin, itulah sebabnya bidang ini cenderung kompetitif.


Persaingan dengan kompetitor dalam rangka mendapatkan klien potensial pun tak bisa dihindari. Untuk membantu Anda lebih unggul dibanding perencana pernikahan lainnya, ikuti ketujuh panduan berikut ini!

  1. Miliki Layanan yang Berbeda
    Calon pengantin umumnya akan jauh lebih senang dengan perencana pernikahan yang mempunyai ciri khas tersendiri dan mampu menawarkan sesuatu yang baru. Jadi, meskipun bergerak dalam kategori vendor yang sama, pastikan untuk berusaha terlihat menonjol dari kompetitor Anda dengan menawarkan layanan yang berbeda. Bila Anda berspesialisasi dalam konsep pernikahan tertentu, tunjukan lebih banyak pada portofolio Anda. Itu dapat membantu bisnis perencanaan pernikahan Anda selangkah lebih maju dari kompetitor Anda.
  2. Jaga Selalu Hubungan dengan Klien
    Tingkat kepuasan pelanggan adalah aspek yang sangat penting dalam memupuk reputasi Anda sebagai perencana pernikahan. Di masa depan, klien Anda mungkin akan melupakan detail-detail terkecil dari hasil pekerjaan Anda, tetapi yang pasti, mereka tidak akan pernah melupakan bagaimana Anda berhasil membuat mereka merasa nyaman dan bagaimana cara Anda memperlakukan mereka semua, mulai dari awal proses perencanaan hingga akhir acara. Berikan pelayanan terbaik yang Anda punya dan jagalah selalu komunikasi yang bersifat terbuka dengan klien selama proses perencanaan pernikahan. Jika klien puas dengan kinerja Anda, mereka pasti tidak akan ragu untuk merekomendasikan vendor pernikahan Anda kepada keluarga ataupun orang-orang terdekat.
  3. Tawarkan Harga Bersaing
    Harga menjadi salah satu faktor yang paling menentukan apakah klien pada akhirnya akan memakai jasa Anda atau tidak. Pastikan harga yang telah Anda tentukan memang telah sesuai dengan yang seharusnya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memastikan bahwa harga Anda bersaing dengan perencana pernikahan lainnya di wilayah Anda. Pada dasarnya, semakin tinggi harga yang ditetapkan, maka semakin kecil pula pasar yang mampu membelinya. Jadi, Anda hanya perlu menemukan harga terbaik untuk memaksimalkan keuntungan Anda sekaligus mempertahankan basis pelanggan yang kuat. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan promosi khusus atau potongan harga bagi pelanggan baru.


  4. Kuatkan Eksistensi Melalui Online
    Saat ini, perkembangan teknologi di era digital sudah semakin pesat. Internet pun seolah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Masyarakat di seluruh penjuru dunia kerap memanfaatkan bantuan teknologi untuk mengakses apa pun yang ingin mereka cari. Oleh karena itu, pastikan Anda membangun eksistensi yang kuat secara daring untuk memudahkan layanan dengan cakupan tanpa batas. Buatlah situs web profesional, akun media sosial, dan alat pemasaran online yang memadai agar bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak klien. Jangan lupa untuk memasarkan jasa Anda dengan memanfaatkan iklan berbayar.
  5. Utamakan Kualitas di Atas Kuantitas
    Perencana pernikahan perlu mengutamakan kualitas pelayanan ketimbang hanya memikirkan berapa banyak klien yang dapat dilayani dalam satu waktu. Mungkin Anda begitu tergoda untuk bisa menerima klien dalam jumlah yang besar, Anda pun sangat bersemangat saat memasarkan bisnis ke semua orang, tetapi jangan sampai Anda berakhir abai terhadap kualitas pelayanan yang Anda berikan kepada klien potensial. Cobalah untuk berikan perhatian yang lebih pada setiap detail dari permintaan klien. Pastikan calon mempelai berhasil mewujudkan pernikahan impian mereka, bahkan hingga melampaui ekspektasi.
  6. Update dengan Tren Terbaru
    Tidak semua calon pengantin yang datang kepada Anda sudah mengetahui dengan pasti pernikahan seperti apa yang sebenarnya mereka inginkan. Dengan mengikuti tren pernikahan terbaru, Anda secara otomatis akan membantu mereka untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang. Industri pernikahan kini sudah semakin kompetitif, perencana pernikahan dituntut untuk bisa memberikan saran terbaik dan tetap up-to-date dengan perkembangan tren. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti media sosial tentang pernikahan, membaca majalah pengantin, hingga menghadiri pameran pernikahan untuk mendapatkan inspirasi.
  7. Jalin Kerja Sama dengan Vendor Pernikahan Lainnya
    Bermitra dengan vendor pernikahan lainnya akan membuat Anda terlihat lebih menonjol dibanding kompetitor karena mampu memberikan layanan terpadu, baik itu dengan gedung pernikahan, dekorasi, fotografer,hingga katering terbaik yang sudah terpercaya. Calon pengantin pun akan merasa terbantu dengan hadirnya vendor rekanan yang nantinya Anda rekomendasikan. Kemitraan yang erat akan membantu Anda untuk meningkatkan peluang kesuksesan melalui basis klien yang lebih besar. Anda pun berkesempatan untuk memperoleh ide-ide kreatif seiring bertambahnya jaringan kolaborasi saat berbagi sumber daya dengan vendor pernikahan lainnya.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]