“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

8 Cara Efektif Mempromosikan Bisnis Wedding Organizer

[[ 1698022800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 11k views

Merencanakan pernikahan dapat dikatakan sebagai hal yang rumit dilakukan bagi sebagian besar calon pasangan pengantin. Mereka membutuhkan jasa yang dapat merencanakan hingga melaksanakan pernikahan impian, yaitu wedding organizer.


Jika Anda memiliki bisnis wedding organizer, Anda akan berperan besar dalam momen bahagia sepasang kekasih. Dalam menjalankan bisnis ini, kuncinya adalah mendapatkan awareness agar semakin banyak potential klien dan klien yang akan Anda dapatkan. Berikut beberapa cara untuk mempromosikan bisnis wedding organizer Anda agar lebih banyak dikenal oleh calon pasangan pengantin!

Memiliki Media Sosial yang Aktif

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa, kini hampir semua kalangan bermain media sosial. Anda dapat melakukan promosi melalui media sosial yang dibangun sesuai dengan target market bisnis Anda.

Buatlah konten-konten yang menarik dan interaktif agar dapat memberikan informasi, serta kemudahan bagi para calon klien untuk menghubungi Anda. Anda juga dapat menggunakan iklan yang ada di media sosial, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, atau TikTok Ads.

Kolaborasi dengan Vendor Pernikahan Lain

Bermitra dengan vendor lainnya, seperti venue pernikahan, fotografer, dekorasi, katering, desainer, musik, band, dan lainnya yang terlibat dalam industri pernikahan akan meningkatkan exposure Anda, serta membantu Anda menemukan klien. Dengan bekerja sama dengan bisnis pernikahan lainnya, Anda dapat membuat perjanjian yang memungkinkan Anda untuk saling mengirim referensi.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan online wedding marketplace, yaitu Bridestory. Bridestory dapat membantu mengembangkan bisnis wedding organizer dengan mengatur profil bisnis Anda sehingga dapat ditemukan oleh lebih dari 500.000 calon pengantin per bulan. Bridestory juga telah menghasilkan 4.000.000+ business inquiries dan menjangkau 6.000.000+ engaged couples dari Indonesia dan seluruh dunia setiap tahun.


Menemukan Pelanggan Pertama

Menemukan pelanggan atau klien pertama dapat dikatakan sebagai tantangan yang terbesar dalam menjalani bisnis. Untuk memperoleh klien, Anda dapat mempromosikan inspirasi Anda terlebih dahulu. Anda juga bisa memberikan promosi besar berupa harga potong bagi calon pasangan pengantin pertama yang menggunakan jasa wedding organizer Anda.

Membuat Portofolio Bisnis

Jika Anda sudah mendapatkan klien pertama, segeralah membuat portofolio. Jadikan kesempatan ini untuk menarik perhatian calon pelanggan lainnya. Pilihlah foto-foto terbaik dari fotografer yang bekerja sama dengan Anda. Setelah itu buatlah cerita pendek di portfolio website Anda dan unggah ke media sosial.

Memiliki Situs Web sebagai Tempat Informasi

Tidak hanya media sosial saja yang menjadi ladang informasi bagi para calon pelanggan, tetapi situs web bisnis Anda juga tidak kalah penting. Di sini, Anda bisa menjabarkan selengkap-lengkapnya mengenai bisnis Anda. Melalui sebuah website, Anda dapat menampilkan beberapa hasil kerja Anda dengan cerita yang menarik sehingga dapat menginspirasi calon klien Anda. Untuk mempermudah klien memperhitungkan anggaran yang akan dikeluarkan, Anda juga bisa menyertakan pricelist jasa yang Anda tawarkan.

Membuat Brosur yang Informatif

Sebuah brosur yang dirancang secara profesional akan memperkuat brand Anda sebagai wedding organizer. Banyak calon klien atau pelanggan akan memberikan penilaian pertama melalui brosur tersebut. Berikan beberapa foto terbaik dari acara pernikahan yang telah Anda kerjakan, promosi, informasi lainnya yang ingin Anda sampaikan, serta berikan nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh calon klien Anda.


Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

Menjaga hubungan dengan klien merupakan hal yang penting. Anda dapat mengirimkan ucapan di hari raya, hari ulang tahun, atau anniversary pernikahan mereka. Bahkan, jika Anda memiliki budget berlebih, Anda bisa mengirimkan hadiah, seperti flower bouquet atau hampers. Pelayanan yang ramah dan hubungan yang baik akan menjadi citra utama dalam bisnis Anda, sehingga klien pun tidak ragu merekomendasikan jasa yang Anda jalankan kepada kerabat mereka.

Mengikuti Acara Pameran Pernikahan


Cara lain agar bisnis wedding organizer Anda dikenal dan menciptakan lebih banyak calon klien adalah dengan mengikuti acara pameran pernikahan. Buatlah nuansa booth Anda semenarik mungkin. Berikan sentuhan menyenangkan seperti mangkuk undian, spin wheel yang berisikan doorprize untuk klien yang bertransaksi dan sajikan makanan ringan seperti permen, kue kecil atau yang lainnya untuk menyambut baik calon klien Anda.

Sebagai pilihan, Anda juga bisa mengikuti Bridestory Market 2022, pameran pernikahan terbesar yang kembali hadir pada tanggal 6-9 Oktober 2022 di ICE BSD. Jika Anda memiliki bisnis wedding organizer, Anda dapat mengikuti pameran pernikahan ini sebagai langkah baru dalam mempromosikan bisnis dan menemukan klien Anda!

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]