“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Apa Itu ChatGPT? Begini Cara Memaksimalkannya Bagi Bisnis Pernikahan!

[[ 1678759200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,583 views

Kehadiran ChatGPT baru-baru ini begitu ramai dibicarakan lantaran kelebihannya yang sangat mumpuni. Tools yang satu ini seolah memberikan terobosan baru bagi para pelaku bisnis dengan teknologi AI yang cara kerjanya dianggap jauh berbeda jika dibandingkan dengan chatbot biasa, bahkan disinyalir mampu menyaingi Google Search Engine. Sebagai pengingat, artificial intelligence atau AI adalah simulasi dari kecerdasan manusia yang diimplementasikan ke dalam mesin agar dapat berpikir dan bekerja layaknya seorang manusia.


Nah, ChatGPT merupakan chatbot berbasis kecerdasan buatan atau AI yang dikembangkan oleh OpenAI, yaitu sebuah lembaga riset yang berbasis di San Francisco, AS. Kemampuan ChatGPT dalam memberikan respons atau jawaban dari instruksi para pengguna akan benar-benar terlihat natural, sehingga interaksi yang terjalin bisa sangat luwes dan tidak kaku seperti robot.

Sebagai seseorang yang menggeluti bidang bisnis pernikahan, tentu hadirnya ChatGPT dapat membantu meringankan pekerjaan sejumlah posisi yang ada di dalam perusahaan Anda, khususnya untuk beberapa bagian yang memang mengharuskan mereka untuk terhubung langsung dengan pelanggan, seperti marketing atau customer service. Calon pengantin yang tengah disibukkan dengan perencanaan pernikahannya juga akan merasa puas apabila tanggapan yang mereka nantikan bisa datang lebih cepat dan akurat.

Di bawah ini adalah bagaimana cara Anda untuk bisa memaksimalkan penggunaan ChatGPT bagi bisnis pernikahan, seperti yang dilansir dari weddingacademyglobal.


  1. Customer Service
    Layanan pelanggan atau customer service memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun citra perusahaan. Mereka diwajibkan untuk mampu menjadi penghubung antara perusahaan dan pelanggan, serta memberikan informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Customer service merupakan ujung tombak perusahaan karena akan berhadapan langsung dengan setiap orang dari berbagai macam kalangan. Dalam bisnis pernikahan, ChatGPT dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan sehingga Anda bisa lebih fokus untuk menyelesaikan tugas yang lainnya. Apalagi, ChatGPT juga mampu menanggapi pertanyaan pelanggan secara cepat dan efektif di waktu yang bersamaan.
  2. Meningkatkan Leads
    Apakah Anda memiliki website pernikahan aktif yang untuk terhubung dengan calon klien? Penggunaan ChatGPT akan membantu Anda agar bisa berinteraksi secara real time dengan pelanggan potensial. ChatGPT sendiri termasuk ke dalam model bahasa besar atau Large Language Model (LLM), yaitu sebuah program komputer yang mampu meringkas, mengenali, memprediksi, menerjemahkan, dan menghasilkan teks. Itulah sebabnya ChatGPT dapat menghasilkan respon seperti hasil kerja manusia, melakukan perhitungan, hingga menjawab pertanyaan yang sulit sekalipun. Dengan segala keunggulannya ini, ChatGPT mampu membantu meningkatkan leads dan konversi dengan tanggapan yang informatif untuk customer potensial.
  3. Mendukung Kampanye Marketing
    Tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan layaknya sebuah chatbot, namun ChatGPT rupanya juga dapat diminta untuk membuat marketing campaign yang dipersonalisasi bagi bisnis pernikahan. Ini adalah cara yang bagus untuk mempermudah pekerjaan yang biasanya akan memakan waktu sedikit lebih lama. ChatGPT bahkan bisa memberi rekomendasi tentang produk atau jasa mana yang sebaiknya digunakan untuk kampanye marketing dengan menganalisis data pelanggan hingga preferensinya. Alhasil, laju penjualan dan engagement yang diterima oleh bisnis pernikahan bisa meningkat dengan signifikan.
  4. Menjadi Asisten untuk Perencana Pernikahan
    Bila vendor Anda bergerak dalam bidang jasa perencanaan pernikahan, maka kehadiran ChatGPT akan menjadi solusi mutakhir untuk meringankan sebagian kecil dari pekerjaan Anda. ChatGPT mampu membantu perencana pernikahan dengan menjawab pertanyaan calon klien seputar produk atau jasa yang Anda tawarkan, mulai dari harga paket pernikahan, ketersediaan venue, benefit yang didapat, hingga apa pun yang berkaitan dengan gelaran pernikahan. Dengan kata lain, ChatGPT memungkinkan Anda untuk bisa melakukan perencanaan pernikahan dengan efisien tanpa harus menyita waktu yang besar untuk melayani setiap kebutuhan pelanggan.

Jadi, ChatGPT benar-benar hadir untuk memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis yang ingin bertemu dengan lebih banyak klien potensial, namun tetap dengan waktu dan sumber daya manusia yang hemat. Layanan ChatGPT juga telah hadir ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia untuk memudahkan setiap penggunanya. Kini saatnya untuk mempertimbangkan ChatGPT ke dalam bisnis pernikahan Anda dengan mengoptimalkan bagian customer service dan mendukung kampanye marketing.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]