“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

Apa yang Harus Dilakukan Jika Karya Anda Tidak Diakreditasi dengan Benar?

[[ 1639454400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 5,279 views


Dalam sebuah bisnis, terutama pada industri pernikahan, memberikan kredit kepada karya atau produk adalah sesuatu yang penting. Bagaimana jika ada pihak lain yang tidak memberi akreditasi dengan sesuai? Simak tips berikut

Setiap kali hasil karya Anda diterbitkan, selalu ada risiko salah dikreditkan oleh pihak lain. Memberi kredit sebenarnya adalah tugas yang cukup sederhana, namun terkadang pihak lain lupa atau salah menyebut, sehingga membuat Anda kesal dan jengkel. Sebagai seseorang yang bekerja dengan vendor pernikahan lain yang tak terhitung jumlahnya, berikut adalah dua contoh paling umum di mana pekerjaan Anda dapat salah dikreditkan:

  1. Online (blog pernikahan, situs website pernikahan, dan media sosial)
    Pertama-tama, cobalah untuk bersikap tenang. Terkadang, klien atau vendor lain yang mengirimkan kiriman ke sebuah blog pernikahan mungkin lupa menyertakan Anda atau salah mengeja nama bisnis Anda. Jika ini terjadi pada Anda, cari tahu bagaimana Anda dapat menghubungi editor blog untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Pastikan Anda menyertakan tautan dari profil bisnis Anda ke artikel terkait. Selanjutnya beri penjelasan singkat tentang apa yang telah terjadi dan kontribusi Anda dalam pernikahan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa informasi bisnis Anda untuk membantu editor blog membuat perubahan yang diperlukan.

    Selain kesalahan di atas, kesalahan yang umum lainnya yang terjadi adalah pemberian kredit yang salah dan justru ke akun vendor lain, atau mengunggah ulang hasil karya Anda tanpa memberikan kredit kembali kepada Anda. Untuk kasus seperti itu, kirim direct message ke pemegang akun dan beritahu apa yang salah. Meskipun Anda dapat menyatakan urgensi dalam pesan Anda, ingatlah untuk tetap berperilaku dan menggunakan bahasa yang sopan sampai masalah tersebut diselesaikan.

  2. Offline (publikasi cetak)
    Dalam publikasi cetak, kredit yang salah umumnya berupa salah pengetikan atau bahkan tidak dicantumkan sama sekali dari daftar vendor yang terlibat dalam karya yang diterbitkan. Dalam media publikasi cetak, akan sedikit lebih sulit untuk melakukan perubahan karena tidak bisa dilakukan secara cepat dan instan, mengingat untuk mencetak bersifat musiman. Yang dapat Anda lakukan adalah, memberi tahu editor segera untuk membahas masalah tersebut dan solusi terbaik yang dapat mereka berikan. Namun, yang sama pentingnya adalah untuk ingat bahwa situasi seperti ini tidak boleh menjadi alasan bagi Anda untuk bertindak secara berlebihan. Cobalah untuk mengerti dan memahami bagaimana mereka merasa bersalah akan kesalahan yang terjadi dan merugikan seluruh pihak. Dengan cara ini Anda justru akan menjaga dan membangun hubungan profesional dengan mereka untuk masa depan.

Setiap orang bisa berbuat kesalahan seperti yang sudah disebutkan di atas, namun ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dan meminimalisir risiko salah penyebutan akreditasi. Berikut adalah dua hal yang dapat Anda lakukan:

  • Periksa Kembali Informasi Bisnis Anda
    Jika klien atau vendor lain ingin mengunggahmomen pernikahan mereka, mohon minta mereka untuk memeriksa ulang informasi bisnis Anda. Jangan ragu untuk bertanya apakah Anda dapat melihat konsep sebelum diunggah untuk memastikan ejaan nama Anda benar dan informasi bisnis terbaru Anda juga benar seperti tautan, email, dan nomor telepon.
  • Buat Nama Akun Media Sosial yang Mudah Diingat dan Dieja
    Kami melihat bahwa nama bisnis semakin menarik dari hari ke hari, namun itu tidak berarti bahwa Anda harus membuat profil media sosial yang unik dan fancy. Buatlah nama akun media sosial yang mudah diingat sehingga meminimalisir seseorang untuk salah menulis atau mengeja. Orang lain juga akan lebih menemukan dan mengingat nama akun media sosial Anda!

Meskipun Anda diizinkan untuk marah karena kredit yang salah, tetaplah tenang saat mendapatkan masalah demikian. Tempatkan diri Anda jika berada di posisi mereka, tetap bersifat tenang dan redam perasaan kecewa, serta fokuslah untuk memperbaiki kesalahan. Apakah Anda pernah mengalami masalah ini? Beri tahu kami bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi melalui kolom komentar di bawah ini!

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]