“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Apakah Facebook Masih Efektif untuk Promosi Bisnis Pernikahan?

[[ 1719194400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 7,236 views


Selama ini Facebook dikenal sebagai media sosial yang menghubungkan orang, mulai dari teman semasa kecil, rekan kerja, sampai ajang "pertemuan" antara selebriti dengan penggemarnya. Tapi sekarang selalu terkoneksi membuat interaksi terasa melelahkan dan mengganggu.

Orang semakin enggan membagikan konten original.

Hal itu terjadi karena belakangan orang-orang di Facebook lebih sering membagikan video atau informasi dari situs lain. Coba saat ini, seberapa sering Anda membagikan status personal di akun Facebook Anda? Jika Anda termasuk orang yang sudah jarang sekali mengunggah status personal, maka Anda termasuk yang berkontribusi menurunkan 21% konten original di Facebook. Data ini didapat dari laporan The Information.

The Information kemudian menyebutkan, setidaknya ada dua hal yang membuat penurunan konten original di Facebook. Pertama, pengguna Facebook lebih merasa mudah dan nyaman untuk membagikan tautan atau konten. Apalagi, belakangan media sosial buatan Mark Zuckerberg ini juga membuat banyak fitur yang mendorong penggunanya untuk membagikan konten dari Facebook sendiri. Kedua, pertumbuhan koneksi pertemanan membuat apa yang diunggah di Facebook menjadi sangat tidak personal, maka para pengguna pun beralih ke media sosial yang lebih privat seperti Snapchat atau Periscope.

Kalau begitu pertanyaan besar pun muncul, apakah Facebook masih efektif digunakan para vendor bisnis pernikahan untuk terkoneksi dengan para pengguna jasanya?

Dengan semakin bertambah besarnya jejaring yang ada di Facebook, media sosial ini pun mengubah fokusnya. Jika di awal hadirnya merupakan media sosial yang menghubungkan setiap individu, maka sekarang Facebook menjadi tempat bertemunya para perusahaan dan pengusaha. Para pengguna Facebook melihat unggahan dari website seperti Huffington Post, Buzzfeed, Mashable dan lainnya terasa semakin jenuh. Sekarang pengguna Facebook lebih menyukai unggahan yang lebih menyentuh dan aplikatif, seperti konten dari Humans of New York atau konten memasak. Aktivitas ini membuat The Information menyebut Facebook dari "tempat berkumpul yang hits" menjadi "tempat pertemuan para metropolis".

Maka untuk menjawab apakah Facebook masih efektif untuk mempromosikan bisnis wedding Anda, setidaknya ada 2 jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Ya, Facebook efektif karena…

Facebook memberikan ruang bagi perusahaan atau pengusaha untuk membuat halaman bisnisnya sendiri. Ini artinya Anda bisa membagikan segala macam informasi atau menciptakan percakapan dengan orang-orang yang sesuai dengan target bisnis Anda. Bagi pemilik vendor bisnis wedding, memiliki halaman bisnis di Facebook berarti memperluas jangkauan target bisnis. Karena para calon pengguna jasa bisnis Anda tidak hanya bisa mendapatkan informasi di situs resmi tapi juga di Facebook sebagai tempat pertemuan para metropolis. Para target market di Facebook bisa menyukai, memberi komentar, membagikan konten, atau bahkan mengajukan pertanyaan terkait jasa yang sediakan di halaman bisnis Facebook Anda.

Untuk menambah pengikut di halaman bisnis Facebook Anda, lakukanlah dua langkah promosi berikut ini:

  1. Jika Anda ingin menambah "likes" secara organik, maka mintalah teman atau customer yang pernah menggunakan jasa bisnis Anda untuk bergabung di halaman Facebook Bisnis Anda. Lalu minta juga mereka untuk membagikan info tentang halaman Facebook Bisnis Anda di halaman Facebooknya. Tapi tetap harus mengingat bahwa sebagai pemilik, Anda adalah ambassador atau image atas akun Facebook Bisnis ini. Jadi Anda tetap harus membagikan ulang setiap konten dari halaman Facebook Bisnis ke akun personal Anda.
  2. Jika Anda ingin menjangkau pengikut yang lebih luas lagi, gunakanlah fitur Facebook Ads. Fitur ini membuat Anda bisa memilih pengikut yang spesifik di luar jejaring pertemanan yang sudah ada. Tapi pelajari dahulu karakteristik pengikut di halaman Facebook Bisnis Anda, sehingga setiap konten yang diiklankan melalui Facebook Ads bisa tepat sasaran. Untuk melihat karakteristik pengikut, bisa dilihat pada fitur Page Insights. Fitur ini akan merangkum data pengikut halaman Facebook Bisnis Anda mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, status, sampai kebiasaan mereka dalam menggunakan Facebook.


Tidak, Facebook sudah tidak efektif lagi karena…

Mungkin melihat bagaimana riuhnya halaman Facebook personal Anda, membuat Anda berpikir bagaimana orang bisa "menangkap" informasi dengan baik jika setiap 10 menit selalu ada unggahan baru dari beragam pengguna. Apakah akan ada yang menyukai foto wedding cake yang dilukis tangan? Berapa banyak yang akan membagikan ulang konten yang diunggah? Jika pada akhirnya tidak banyak interaksi yang terjadi pada konten yang dibagikan, maka bisa dibilang konten tersebut tidak cukup menarik perhatian.

Inilah mengapa Facebook tidak efektif dalam mempromosikan bisnis wedding. Apalagi jika Anda tidak mengunggah konten secara regular dan tidak membalas dengan cepat komentar dari para pengikut, maka halaman Facebook bisnis Anda semakin "tak terdeteksi". Karena pada prinsipnya halaman Facebook Bisnis sama dengan situs profesional yang membangun kredibilitas bisnisnya dengan secara rutin memberikan informasi kepada para pengikutnya.

Jadi untuk mengoptimalkan Facebook Bisnis Anda sebagai tempat mempromosikan bisnis wedding yang dimiliki, lakukanlah 5 tips berikut ini:

  1. Masukkan alamat situs yang spesifik: Ketika membuat halaman Facebook Bisnis, Anda bisa meminta web address yang spesifik. Misalkan: facebook.com/happybridal; facebook.com/happyflower. Dengan begini para konsumer bisa dengan mudah menemukan halaman Facebook Bisnis Anda.
  2. Andalkan Facebook Manager untuk terkoneksi dengan calon customer yang potensial: Buatlah online inquiries melalui pesan langsung sehingga calon customer bisa bertanya langsung bila mereka tertarik dengan bisnis Anda. Anda bahkan bisa menuliskan pada halaman Facebook Bisnis seperti ini: "Untuk respon yang lebih cepat, silahkan direct message kami sekarang juga!" Sebuah survei yang dilakukan Fortune bahkan menyebutkan, pada April 2016 fitur Messenger mampu meningkatkan interaksi hingga 900 juta pengguna aktif setiap bulannya.
  3. Responsif lebih disukai: Bahkan reaksi sesederhana memberi 'like' atau membalas komentar para pengikut Anda akan dilihat sebagai tindakan responsif yang positif. Facebook bahkan akan memberikan lencana "Very Responsive" di halaman Facebook Bisnis Anda jika tim bisa membalas kurang dari 5 menit pada setiap pesan yang masuk. Level responsif ini bisa dilihat pada fitur Page Insight dan dikalkulasikan secara otomatis setiap minggunya.
  4. Konsisten adalah kunci sukses terhubung dengan pengikut: Jika Anda tidak mengunggah konten secara konsisten maka para pengikut akan melupakan keberadaan akun Facebook Bisnis Anda. Melalui fitur Page Insight, Anda bahkan bisa menemukan kapan waktu terbaik, mulai dari jam dan hari, untuk mengunggah konten. Jika Anda tidak bisa mengunggah konten beberapa jam ke depan, bisa dilakukan penjadwalan dan konten akan terunggah otomatis sesuai jam yang Anda pilih.
  5. Tingkatkan jangkauan unggahan dan target kampanye pada sasaran pengikut yang tepat. Apabila ada unggahan konten dengan interaksi yang tinggi, maka tingkatkan jangkauannya agar lebih banyak orang lagi yang melihat. Ini bisa dilakukan dengan mengiklankan konten tersebut. Manfaatkan fitur Page Insight untuk memahami bagaimana orang-orang menemukan dan menyukai Facebook Bisnis Anda. Fitur ini bisa memberikan data demografi serta tipe unggahan seperti apa yang digemari. Dengan data ini, Anda bisa menyasar orang-orang di mana saja, bahkan di Hawai, yang karakteristiknya sesuai dengan target market jasa wedding yang Anda tawarkan.
  6. Pelajarilah berbagai fitur yang ada di Facebook. Untuk meningkatkan interaksi dengan para pengikut secara kreatif, manfaatkanlah fitur Facebook Live. Misalnya untuk Anda yang seorang wedding singer, bissa melakukan Facebook Live sambil menunjukkan kemampuan bernyanyi Anda. Atau untuk Anda yang menyediakan jasa dekorasi bunga bisa juga melakukan Facebook Live sambil memberikan tips merangkai bunga. Fitur ini tidak hanya membuat para pengikut bisa "menyaksikan keahlian" yang Anda tawarkan tapi juga bisa berinteraksi secara langsung melalui kolom komentar. Bisa saja Anda justru dapat klien ketika live. "Saya ingin Anda menyanyi di pernikahan saya, bagaimanakah cara untuk booking-nya?" Anda bisa langsung menjawab dengan menyematkan alamat email bisnis Anda.

Atau, Anda punya pendapat lain tentang efektivitas Facebook dalam mempromosikan bisnis wedding? Yuk, tulis di kolom komentar.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]