“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Bisa Minta Price listnya? Tips Membalas Pertanyaan soal Harga Produk / Jasa

[[ 1668481200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 322 views

Dari sekian banyak pertanyaan yang sering kali ditanyakan klien potensial pertanyaan tentang harga adalah yang paling penting. Hanya saja cara klien menanyakannya bisa sangat beragam, mulai yang secara halus sampai yang "tembak langsung". Contohnya: Berapakah biaya untuk servis yang Anda berikan? Kok harga Anda lebih mahal dari vendor sejenis yang saya temui sebelumnya ya? Tapi saya butuhnya bukan full package, bolehkah kami memadatkannya jadi beberapa jam?


Menariknya adalah meski Anda sudah tahu pertanyaan-pertanyaan itu akan muncul tapi sering kali ketika ditanyakan langsung, Anda merasa cara meresponnya kurang elegan sehingga terkesan tidak profesional. Karena itu, Bridestory akan memberikan tips membalas pertanyaan soal harga produk/jasa kepada klien dengan percaya diri.

Yang perlu diingat adalah tips cara membalas pertanyaan soal harga yang Bridestory berikan ini bukanlah baku. Artinya Anda harus menyesuaikannya dengan gaya komunikasi perusahaan kepada klien. Plus yang Bridestory tampilkan adalah "inti" email jadi Anda tetap perlu pembukaan dan penutup, layaknya membalas email secara profesional kepada calon klien dan klien.

Pertanyaan : "Berapa harga servis Anda?"

Harga dari servis (tuliskan jenis dari servis yang Anda tawarkan) saya/kami mulai dari …. Rupiah. Secara rata-rata pasangan pengantin yang sudah menggunakan servis kami akan mengalokasikan dana sebesar …Rupiah untuk resepsi pernikahan yang meliputi (Sebutkan dengan detail seperti total tamu undangan, tema, konsumsi, dll).

Berikut saya/kami lampirkan secara spesifik biaya servis kami untuk detail layanan yang Anda inginkan. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Jika setelah melihat daftar yang saya/kami lampirkan Anda ingin mendiskusikannya lebih lanjut, saya/kami sangat terbuka.


Pertanyaan : "Berapakah rentang biaya, pilihan paket yang dimiliki dan jasa atau produk lain yang Anda tawarkan?"

Harga dan paket yang saya/kami buat mengalami pembaruan secara berkala. Tujuannya untuk memastikan Saya/kami memberikan layanan terbaik kepada Anda selaku calon pengantin. Saya/kami berkomitmen untuk mewujudkan momen pernikahan Anda seperti yang diimpikan.

Untuk lebih detailnya terkait menngenai harga, pilihan paketan serta produk atau jasa yang kami tawarkan dapat dilihat melalui website kami. Silahkan klik tautan (masukkan tautannya) ini. Serta dalam bentuk file PDF agar lebih memudahkan Anda untuk membacanya. Jika setelah melihatnya Anda menyakini saya/kami adalah mitra terbaik maka segera memulai kerjasama! Saya dapat dihubungi pada nomor telepon (Sebutkan nomornya).

Pertanyaan : "Pada pilihan paketan yang Anda tawarkan, servis atau produk apa saja yang Anda tawarkan?"

Pada prinsipnya paketan yang saya/kami buat adalah untuk mewujudkan hari pernikahan yang Anda inginkan dan sesuai dana yang tersedia. Artinya saya/kami dapat menyesuaikannya sehingga hari pernikahan impian Anda bisa segera terwujud. Satu hal yang pasti kami berkomitmen untuk mengerjakan setiap detail pekerjaan dengan kerjasama yang baik, kolaborasi, serta profesional.

Terkait paketan yang Anda tertarik, berikut pilihan servis/produk yang bisa Anda dapatkan. (Buatlah daftarnya secara mendetail.

Pertanyaan : "Kok harga yang Anda tawarkan lebih mahal dari vendor pernikahan lainnya yang sudah saya temui?"

Pada prinsipnya, ada banyak faktor untuk menentukan harga. Saya tidak bisa berbicara mewakili vendor yang Anda temui. Namun setiap harga yang ditetapkan oleh setiap vendor, pada dasarnya adalah sebuah mekanisme untuk membuat bisnis tetap "bergerak".

Saya/kami pastikan harga yang kami cantumkan adalah representasi dari pengalaman, kredibilitas, keahlian dan semangat kami mengerjakan setiap proyeknya. Saya/kami sangat terbuka untuk diskusi yang membuat senang kedua belah pihak.


Pertanyaan : "Saya hanya butuh jasa Anda selama 4 jam, dapatkah paket 8 jam bisa dibuat lebih ekonomis dan sesuai kebutuhan?"

Tentu saya/kami sangat terbuka untuk diskusi tentang modifikasi paket. Tapi berdasarkan pengalaman saya/kami, 8 jam adalah durasi aman untuk menggelar perhelatan pernikahan. Ini artinya bagi para vendor bisa bekerja optimal agar Anda serta para tamu undangan yang hadir ikut merasakan kebahagiaan Anda berdua selaku calon pengantin. Durasi 8 jam tersebut akan membantu saya/kami untuk "menangkap" setiap momen jadi lebih tertata dengan rapi.

Pertanyaan : "Apakah ada biaya tambahan yang belum termasuk ke dalam detail biaya?"

Harga yang kami cantumkan dalam proposal dan invoice sudah termasuk semuanya (biaya dan pajak). Sering kali calon pengantin menemukan ide untuk menyempurnakan hari pernikahannya. Dan tentunya penyesuain ini akan memengaruhi total pembiayaan yang saya/kami tawarkan. Misalnya saja pada hari H ternyata ada penambahan kursi, maka akan ada penghitungan ulang untuk hal ini.

Pertanyaan : "Adakah program potongan harga atau diskon yang dapat Anda berikan untuk saya?"

Harga yang saya/kami tetapkan adalah hasil kalkulasi dari pengalaman, keahlian, ketersediaan dan kualitas dari jasa yang akan Anda terima. Meski saya/kami tidak memberikan diskon pada saat ini, tapi saya/kami sangat terbuka untuk membuat perencanaan pembiayaan untuk memastikan setiap nominalnya dapat Anda nikmati secara optimal.

Pertanyaan : "Bagaimanakah mekanisme pembayarannya?"

Tentu saya/kami begitu antusias mengenai mekanisme pembayaran yang saya/kami miliki. Sebagai tanda komitmen kerjasama, saya/kami memberlakukan sistem deposit sebesar….persen. Dan begitu perhelatan selesai dan seluruh urusan yang terkait juga sudah diselesaikan maka deposit tersebut akan dikembalikan. Adapun mengenai batas waktu pembayaran deposit adalah … (Sebutkan durasinya).

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]