“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Cara Membuat Bio Instagram Profesional untuk Bisnis dan Contohnya

[[ 1681088400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 13k views

Saat ini, platform Instagram masih memegang peranan yang sangat penting sebagai media komunikasi pemasaran yang ampuh sekaligus untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Anda yang bergelut dalam bidang bisnis pernikahan tentu menyadari seberapa besar pengaruh Instagram terhadap perkembangan bisnis. Cara Anda membuat bio Instagram bisa membentuk kesan pertama di mata audiens tentang merek Anda.


Biografi Instagram dibatasi dengan 150 karakter yang memuat deskripsi profil Anda. Isi dari bio Instagram dapat membantu audiens untuk memahami apa yang Anda lakukan dan siapa saja target audines Anda, sehingga diharapkan mampu mendorong mereka untuk berselancar lebih jauh di profil Instagram Anda. Berikut beberapa informasi dasar yang perlu diletakkan ke dalam bio Instagram bisnis:

  • Nama bisnis pernikahan (masukkan juga kata kunci yang terkait bidang bisnis Anda).
  • Cantumkan layanan yang Anda tawarkan, keterampilan, atau keahlian Anda.
  • Tagline kreatif.
  • Informasi kontak yang dapat dihubungi.
  • Kalimat call to action (CTA) yang kuat.
  • Sertakan link atau fitur linkin.bio.
  • Lokasi atau domisili.

Semakin jelas informasi yang Anda masukkan ke dalam bio Instagram, semakin mudah pula Anda dapat menarik klien potensial yang menemukan profil Anda, baik itu melalui fitur pencarian ataupun akun vendor lainnya yang telah menandakan profil Anda.

Bio Instagram Bisnis dapat Membantu Pemasaran Anda

Karena adanya keterbatasan karakter, Anda dituntut untuk bisa lebih kreatif dalam menyusun biografi Instagram. Pastikan bio Anda sudah memuat informasi yang jelas dan mudah dibaca. Bio Instagram bisnis yang baik dan benar bermanfaat untuk:

  • Memandu mengarahkan pelanggan bagaimana memesan produk atau layanan Anda
  • Memberitahu pelanggan cara menghubungi Anda
  • Memperjelas alamat atau lokasi toko fisik
  • Mendorong pelanggan untuk melihat atau memesan produk Anda
  • Membangun kepercayaan dan kredibilitas

Jadi, pastikan bio Instagram yang Anda sajikan bersifat informatif dan tertera dengan lengkap, tetapi juga tidak bertele-tele. Mereka yang bergerak dalam industri pernikahan begitu sering kehilangan klien potensial dan jumlah pengikut lantaran kualitas bio Instagram yang kurang baik.

Contoh Bio Instagram Terbaik dari Profesional Pernikahan

Berikut ini merupakan beberapa contoh dari profil Instagram penyedia produk atau jasa pernikahan dengan biografi terbaik. Anda dapat mulai melakukan perubahan pada bio Instagram Anda demi menarik lebih banyak audiens.

  1. Lukas Piatek Photography

    Anda adalah seorang fotografer pernikahan destinasi? Lukas Piatek Photography mencantumkan jadwal perjalanan kerja di musim selanjutnya ke dalam bio Instagram sebagai informasi tambahan untuk para pengikutnya. Ia juga memasukkan tagline sederhana yang begitu kuat dan menarik untuk diingat, 'capturing emotions worldwide'.
  2. Josevilla

    Tak ada salahnya untuk mencantumkan prestasi atau pencapaian yang telah didapat oleh bisnis pernikahan Anda ke dalam bio Instagram. Justru hal tersebut semakin membuktikan bahwa Anda adalah vendor yang luar biasa. Contohnya seperti Josevilla yang menaruh pengumuman bahwa mereka adalah fotografer nomor satu paling berpengaruh versi PDN, bahkan sempat diperhitungkan ke dalam top fotografer di dunia oleh sejumlah media online besar.
  3. Before The Aisle

    Beritahu layanan apa saja yang Anda berikan di kolom bio Instagram. Dengan begitu, pengguna yang baru saja mengunjungi profil Instagram Anda bisa langsung mengetahui apakah mereka membutuhkan jasa Anda atau tidak. Jangan lupa tambahkan domisili tetap vendor Anda. Before The Aisle bahkan meletakkan tautan WhatsApp yang bisa mengarahkan pengikutnya untuk langsung menghubungi mereka.
  4. Fiori.co

    Fiori.co berusaha menggunakan kata kunci yang relevan agar bisa lebih mudah ditemukan oleh calon klien. Vendor ini meletakkan kalimat 'outdoor wedding decoration' sehingga nama vendor mereka dapat muncul paling atas dalam fitur pencarian Instagram. Mereka juga menambahkan spesialisasi yang lebih spesifik, yaitu konsep pernikahan intim bergaya elegan dan industrial.
  5. One Sweet Day Wedding

    Penting untuk memberitahu di mana domisili Anda dalam bio Instagram. Jangan lupa untuk memberikan kalimat call to action tentang bagaimana calon klien harus menghubungi Anda. Bila Anda tidak menerima direct message, katakan dengan jelas agar pelanggan bisa menghubungi Anda dengan cepat di tempat yang seharusnya.
  6. Gusmank Photography

    Apakah Anda pernah ditampilkan atau dipublikasikan media online tertentu? Berikan informasi kepada semua orang tentang di mana Anda telah dimuat. Gusmank Photography menjadi salah satu vendor pernikahan yang memutuskan untuk memberi informasi ini demi menarik kepercayaan klien potensial. Vendor ini juga menambahkan frasa honeymoon, proposal, dan family untuk menjelaskan bahwa mereka menerima layanan di luar selebrasi pernikahan.
  7. IKK Wedding

    IKK Wedding menjabarkan jam operasional dengan lengkap ke dalam bio Instagram mereka. Hal ini berguna agar calon pengantin dapat menghubungi Anda pada waktu yang telah ditentukan sehingga mampu meminimalisir terjadinya miskomunikasi. Tautan nomor WhatsApp untuk informasi harga juga akan sangat membantu.

Penting untuk menjaga agar bio Instagram Anda tetap memberikan informasi yang paling terkini, hapus informasi kontak atau tautan yang sudah kedaluwarsa atau tidak dipergunakan lagi. Letakkan kata kunci yang tepat dan banyak dicari oleh calon pengantin agar profil Anda dapat muncul di deretan teratas.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]