“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Cara Mengoptimalkan Hashtag Instagram untuk Memperluas Jangkauan

[[ 1630897200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 176 views

Anda sudah membuat planning konten untuk satu bulan ke depan, isi konten yang menarik, serta caption pendukung yang siap untuk dipublikasikan. Lalu, bagaimana dengan penerapan tagar yang tepat? Apakah Anda sudah berhasil menemukannya? Hashtag adalah kombinasi dari huruf atau angka yang disatukan ke dalam simbol #. Hashtag sendiri merupakan sebuah komponen yang dapat diklik. Saat pengguna melakukan klik pada sebuah tagar, maka Instagram akan mengantarkan mereka kepada halaman dengan jutaan postingan dari tagar tersebut.


Hashtag Instagram memiliki peranan penting untuk meningkatkan engagement dalam setiap postingan yang diunggah, mengingat luasnya area jangkauan. Menyertakan sebuah hashtag ke dalam postingan dapat menumbuhkan engagement hingga 12% dibandingkan tanpa hashtag. Dengan kata lain, peluang untuk mendapatkan lebih banyak followers dan pelanggan baru juga akan semakin tinggi. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan inspirasi ide yang tak terbatas serta melihat konten apa saja yang digarap oleh kompetitor.

CARA MENENTUKAN HASHTAG YANG TEPAT

Penggunaan tagar yang relevan dapat mengantarkan postingan Anda kepada target audiens yang tepat. Sedangkan dari sisi pengguna, hashtag akan memudahkan mereka untuk mencari sebuah postingan secara spesifik. Berikut kiat untuk mendapatkan inspirasi hashtag terbaik yang cocok dengan unggahan Anda.

  1. Gunakan tools riset hashtag Instagram
    Perlu diketahui bahwa tidak semua hashtag memiliki jangkauan yang luas. Jadi, penting untuk Anda melakukan riset secara menyeluruh terlebih dahulu. Banyak sekali website khusus yang dapat menganalisa berbagai hashtag populer di Instagram, mulai dari HootSuite, Keywordtool.io, Seekmetrics, hingga All hashtag. Secara otomatis seluruh tools ini akan menampilkan deretan rekomendasi hashtag teratas lewat sebuah kata kunci yang dimasukkan.
  2. Temukan tagar yang relevan
    Cari tahu hashtag apa saja yang benar-benar sesuai dengan isi konten yang Anda unggah. Usahakan agar penggunaan kata kunci telah disortir secara khusus. Jangan lupa untuk menelusuri postingan lama yang telah sukses menuai banyak engagement. Anda mungkin bisa mengambil beberapa hashtag yang dapat digunakan untuk konten mendatang. Ingat, tagar dengan jumlah postingan terbanyak adalah yang terbaik.
  3. Lihat bagaimana kompetitor Anda merealisasikannya
    Salah satu kelebihan dari hashtag adalah adanya kemungkinan Anda bisa menemukan postingan dari kompetitor Anda. Ini merupakan cara yang bagus untuk meneliti tagar apa saja yang digunakan oleh mereka sesuai dengan jenis konten dan target audiensnya. Tentu saja Anda juga bisa menerapkannya sebagai inspirasi bila hashtag yang disematkan terbilang potensial.

TIPS MENGOPTIMALKAN HASHTAG INSTAGRAM

Sejatinya, penempatan hashtag masih perlu disiasati agar bisa bekerja dengan efektif. Cara-cara di bawah ini akan membuat hashtag yang Anda gunakan tepat sasaran.

  1. Cantumkan hashtag di kolom komentar pertama
    Menaruh kumpulan tagar di dalam caption dapat mengganggu kenyamanan dan terkesan tidak rapi. Untuk itu, kami menyarankan agar hashtag tersebut disembunyikan pada kolom komentar, namun posisinya harus berada tepat di bawah unggahan. Anda dapat menggunakan beberapa tools penjadwalan konten untuk mengatur isi dari komentar pertama, postingan, hingga caption Instagram Anda.
  2. Tambahkan hashtag ke dalam Instagram Story
    Siapa bilang bahwa hashtag hanya dapat berfungsi dengan optimal pada postingan feeds? Mulai sekarang, jangan lupa untuk mencantumkan hashtag yang relevan pada konten Instagram Story Anda. Walaupun hanya tersedia selama 24 jam, namun para pengguna tetap bisa melihat Story Anda melalui laman hasil pencarian hashtag. Selain itu, Anda juga dapat menyembunyikan hashtag di belakang sticker atau gif bila terasa mengganggu.
  3. Buat hashtag promosi sesuai campaign
    Apakah Anda tengah merencanakan kampanye pemasaran tertentu? Hashtag kampanye umumnya memiliki jangka waktu yang lebih pendek sesuai dengan masa promosi. Buatlah hashtag eksklusif yang dapat menyiratkan pesan utama dari campaign yang digagas. Ini akan berguna ketika Anda tengah menjalankan event tertentu yang mengharuskan para peserta untuk mengunggah sebuah postingan khusus.
  4. Pertimbangkan untuk membentuk branded-hashtag
    Membuat hashtag unik sebagai trademark dari brand Anda dapat mempermudah pengguna untuk menemukan unggahan dari akun Instagram Anda. Branded-hashtag bisa berupa nama merek, frasa, ataupun slogan yang terkait dengan sebuah merek. Anda dapat menyematkannya dalam setiap postingan. Kemudian, dorong pengikut Anda untuk mem-follow hashtag tersebut demi bisa terus mengikuti perkembangan konten dari tagar terkait.
  5. Hindari penggunaan hashtag yang terlarang
    Hashtag terlarang terdiri dari kumpulan kata yang biasa digunakan oleh akun spam dengan aktivitas palsu yang telah dirancang demi menggaet lebih banyak like dan followers secara ilegal. Penggunaan hashtag yang dilarang bisa membuat seluruh tagar Anda tidak berfungsi hingga berpotensi terkena pemblokiran. Pihak Instagram sendiri telah berupaya menonaktifkan deretan tagar berbahaya ini.

INSPIRASI HASHTAG PERNIKAHAN POPULER DI INSTAGRAM

Saat ini, Instagram mempunyai banyak sekali kategori hashtag potensial yang terkait dengan pernikahan. Daftar hashtag populer yang tersedia bahkan telah menyimpan hingga puluhan juta postingan. Umunya, calon pengantin juga kerap mencari inspirasi melalui serangkaian hashtag teratas di Instagram. Jadi, penting bagi Anda menentukan tagar terbaik demi menjangkau audiens yang lebih luas sekaligus meningkatkan engagement.

Berikut sepuluh inspirasi hashtag pernikahan di Instagram yang paling populer:

  1. #Wedding
  2. #WeddingDay
  3. #Marriage
  4. #InstaWedding
  5. #Bride
  6. #WeddingPhotography
  7. #WeddingPhotographer
  8. #WeddingInspiration
  9. #WeddingParty
  10. #WeddingDress

Ketahuilah bahwa Anda tidak harus terpaku dengan serangkaian hashtag yang sudah umum. Karena semakin tinggi tingkat popularitas dari sebuah hashtag, maka Anda harus siap dengan kemungkinan 'tenggelam' di antara unggahan dari akun lainnya. Jadi, jangan pernah ragu untuk menciptakan ragam hashtag kreatif yang memungkinkan vendor Anda agar terlihat lebih menonjol.

  1. Kategori hashtag pengantin
    Ingin mengunggah konten tentang pasangan pengantin yang telah Anda tangani? Jangan lupa sematkan tagar khusus untuk memudahkan para pengguna menemukan inspirasi. Anda dapat memilih beberapa hashtag unggulan yang satu ini:

    #BrideToBe #BrideOfTheDay #BrideStory #WeddingGown #BrideBlogger #BridalWear #Bride #BridalLook #BridalHair #BridalHairstyle #BridalGown #WeddingDress #BrideStyle #BridalBouquet
  2. Kategori hashtag fotografer pernikahan
    Anda adalah seorang fotografer pernikahan? Selain rangkaian frasa pada caption, hashtag juga menjadi komponen yang wajib menjadi perhatian Anda. Jangkau lebih banyak pengguna dengan ragam tagar berikut:

    #WeddingPhotography #WeddingPhotographer #WeddingPhotoshoot #WeddingPhotoInspiration #WeddingPhoto #WeddingPhotoBook #WeddingPhotoIdeas #WeddingPhotographyIdeas
  3. Kategori hashtag wedding planning
    Ingin mengunggah salah satu elemen perencanaan tertentu yang dapat menjadi inspirasi bagi calon pengantin? Apa pun kategori vendor Anda, baik itu busana pernikahan atau sepatu pengantin, terapkan beberapa hashtag ini ke dalam konten Anda:

    #WeddingIdeas #WeddingInspiration #WeddingPlanning #WeddingPlanner #InstaWedding #DreamWedding #WeddingInspo #WeddingGoals #BrideStyle #WeddingDecor #WeddingDetails #WeddingFashion #EventPlanning
  4. Kategori hashtag romantis
    Tak ada salahnya untuk berbagi cerita manis mengenai kisah dari pasangan pengantin yang inspiratif. Atau, Anda mungkin berencana untuk mengunggah konten romansa yang menyentuh hati? Siapkan tagar potensial berikut ini:

    #ForeverAndAlways #JustTheBeginning #LoveAtFirstSight #MeantToBe #Soulmate #TogetherForever #ToHaveAndToHold #ForeverAndAlways #HappilyEverAfter #LoveWins #BetterTogether
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]