“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Cegah Dan Atasi Masalah Pembayaran Klien Dengan Trik-Trik Ini

[[ 1575252000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 46 views


Tentu saja tidak ada vendor yang berharap mengalami keterlambatan pembayaran dari klien. Tapi, sebaiknya hal tersebut patut diwaspadai sejak awal. Jika Anda sedang mengalami hal ini, coba beberapa trik berikut ketika menagih pembayaran yang tertunda:

- Jika sudah satu minggu Anda mengirimkan dokumen penagihan atau invoice, namun belum ada pembayaran atau bahkan respon dari klien, coba ingatkan kembali melalui surel dan aplikasi chatting. Jika direspon positif, berarti ada itikad baik dari klien. Jika tidak direspon, coba lakukan panggilan telepon beberapa kali setelah berganti hari.

- Untuk down payment yang sudah lewat masa bayar yang tercantum di invoice, Anda berhak menunda maupun menghentikan sementara servis yang Anda berikan atau produk yang Anda buat. Misalnya, jika Anda vendor rias wajah dan klien belum melakukan down payment, Anda berhak menunda untuk "mengunci" jadwal yang klien minta di kalendar. Jangan ragu juga untuk mengingatkan klien dengan sopan.

- Hal di atas juga sebaiknya diberlakukan jika Anda adalah penyedia produk pernikahan. Ketika pembayaran belum dilakukan dan sudah melewati batas, adalah hal yang lumrah jika Anda menunda pengiriman produk tersebut. Misalnya, jika Anda adalah vendor undangan dan klien yang belum melakukan pelunasan, Anda berhak untuk menunda pengiriman hasil cetakan undangan sambil mengingatkan kepada klien akan kewajibannya.

- Jika Anda mengetahui atau mengenal beberapa vendor lain yang dipakai oleh klien Anda, tanyakan kepada mereka apakah terjadi masalah pembayaran juga. Jika kalian sama-sama mengalaminya, Anda dan teman vendor Anda bisa sama-sama memikirkan solusi jangka pendek yang sebaiknya dilakukan.

Cegah keterlambatan pembayaran seperti di atas dengan melakukan hal-hal preventif sebagai berikut:

1. Buat invoice yang komprehensif di mana tercantum durasi atau batas waktu pembayaran serta keterangan termin.

2. Down payment sangatlah direkomendasikan, terutama jika Anda menerima desain sesuai permintaan (custom design), seperti busana pengantin, dekorasi, undangan, suvenir, atau sepatu pernikahan.

3. Jangan sungkan untuk menanyakan lebih lanjut soal detail pernikahan klien, termasuk vendor lain yang terlibat, supaya Anda bisa melakukan cross check dan melihat keseriusan klien.

4. Gunakan Bridestory Pay untuk mendapat jaminan pembayaran klien. Fitur ini memudahkan Anda untuk mengirimkan penawaran harga dan melakukan penagihan kepada klien. Cari tahu lebih lanjut di tautan ini.

Secara umum, batas pembayaran yang lazim dicantumkan di invoice adalah 3 – 7 hari. Hal-hal di atas sebenarnya bersifat fleksibel. Artinya, jika Anda melihat itikad dan gerak-gerik yang positif dari klien sejak awal, tentu saja Anda tidak perlu terlalu ketat memperlakukan peraturan pembayaran tersebut. Bagaimana pun, Anda pasti menginginkan kesan dan ulasan yang baik dari klien sehingga Anda banyak mendapat referensi di masa depan.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]