“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Endorse Figur Publik

[[ 1576461600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 439 views

Salah satu taktik pemasaran yang sedang populer di era media sosial ini adalah endorsement. Biasanya, suatu bisnis akan mengirim produk atau memberikan layanan jasa gratis kepada seseorang yang merupakan figur publik. Figur ini biasanya adalah seseorang yang memiliki ketenaran dan dapat mempengaruhi opini publik, seperti selebrita atau social media influencer. Setelah menerima produk atau jasa gratis, mereka harus memasarkan bisnis tersebut kepada para fans atau pengikutnya.

Tidak jarang pula para figur publik ini yang meminta bisnis-bisnis tertentu untuk meng-endorse mereka. Hal tersebut biasa terjadi sebagai taktik mereka untuk naik daun ataupun untuk mendapatkan produk atau jasa tertentu yang sedang mereka butuhkan. Misalnya, bila seorang social media influencer sedang merencanakan pernikahan, bisa saja influencer tersebut meminta beberapa vendor untuk meng-endorse pernikahan mereka. Illya Ayustina, Partnership Manager dari Bridestory, mengajak Anda untuk mengenali beberapa faktor-faktor penting yang patut dipertimbangkan jika Anda mau menerima atau menolak endorsement figur publik.

Tulus Mencari Dukungan

Salah satu hal yang baik ketika figur publik meminta endorsement adalah ketulusan bahwa mereka benar-benar mencari dukungan dari bisnis Anda. Bila mereka dari awal sudah bersikeras mengenai apa yang mereka harus dapatkan, tentu hal tersebut terkesan sangat egois. Ketika seseorang figur publik mengajak berdiskusi mengenai dukungan yang mereka butuhkan serta menanyakan pertimbangan Anda sebagai vendor, maka ketulusan tersebut dapat menjadi lampu hijau untuk bisnis Anda.

Eksplorasi Berbagai Cara Menjalani Kemitraan

Terdapat banyak sekali cara menjalani kemitraan yang dapat dilakukan kedua belah pihak, baik tokoh masyarakat maupun vendor. Ketika seorang figur publik memberi ruang untuk mengeksplorasi dan menegosiasikan jenis kemitraan yang dapat ia lakukan dengan Anda, hal ini adalah pertanda yang sangat baik. Artinya, Anda dapat mengajukan opsi-opsi kemitraan seperti full barter atau semi barter, karena terkadang cukup berat bagi vendor untuk memberikan produk atau layanan sepenuhnya secara gratis.

Tidak Memaksa Melakukan Hal yang Mustahil

Tidak jarang ada tokoh masyarakat yang menginginkan endorsement yang mustahil untuk dilaksanakan, namun tetap memaksa. Contohnya, bila mereka menginginkan endorsement yang mendadak di mana Anda harus membuat pengeluaran yang terlalu tinggi, jangan sungkan untuk menolak tawaran tersebut. Selain untungnya tidak sebanding, Anda juga akan tertekan dalam melaksanakan proyek yang mendadak serta mahal tanpa dibayar.

Keuntungan di Akhir yang Jelas

Ketika hendak melaksanakanendorsement kepada figur publik, selalu pastikan bahwa terdapat keuntungan di akhir yang jelas untuk kedua belah pihak. Bila endorsement yang dimintantidak memiliki kejelasan akan timbal baliknya kepada Anda, maka Anda sebaiknya menolak tawaran tersebut. Usahakan untuk selalu membuat MoU atau kontrak yang jelas mengenai proses endorsement serta keuntungan yang akan didapatkan Anda serta tokoh masyarakat tersebut.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]