“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Ingatkan Kepada Klien Hal-hal Penting Ini Sebelum Mengadakan New Normal Wedding

[[ 1597284000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 2,231 views

Sebagai vendor yang dipercaya oleh klien, Anda perlu memastikan acara pernikahan yang berlangsung, tidak hanya berjalan sesuai dengan rencana, namun juga mengutamakan protokol kesehatan di masa seperti ini. Berikut beberapa kebutuhan new normal wedding yang penting untuk diingatkan kepada klien. Untuk memudahkan Anda, silahkan simpan dan cetak ilustrasi di bawah ini sebagai lembar pengingat untuk klien maupun tim Anda.

MASKER PENGANTIN

Masker merupakan hal yang wajib digunakan semua orang di masa transisi new normal untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Ingatkan klien gara mereka tidak lupa memesan masker khusus untuk dipakai selama acara berlangsung. Beri mereka saran untuk membuat masker di vendor busana pengantin agar serasi dengan pakaian yang akan mereka kenakan di hari H.

SARUNG TANGAN PENGANTIN

Meskipun berjabat tangan akan digantikan dengan salam namaste, pencegahan kontak fisik melalui tangan dapat diminimalisir dengan menggunakan sarung tangan. Sama seperti masker pengantin, sampaikan juga kepada klien untuk menyiapkan sarung tangan yang senada dengan busana pengantin. Namun, untuk menghemat anggaran, sarung tangan berwarna netral yang dijual di pasaran juga bisa menjadi opsi klien Anda.

THERMOMETER GUN

Pastikan pihak mana yang akan menyediakan thermometer gun, apakah vendor gedung pernikahan, WO, atau klien karena hal ini menentukan pembebanan biaya penyediaan alat. Thermometer gun merupakan perlengkapan penting di era new normal wedding ini karena sebelum memasuki area venue, baik staf vendor, maupun tamu undangan sebaiknya diberlakukan pengecekan suhu tubuh. Apabila suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celcius, maka tidak diperbolehkan untuk masuk ke area venue pernikahan.

CAIRAN PEMBERSIH TANGAN

Tidak jauh berbeda dengan thermometer gun, penyediaan cairan pembersih tangan juga perlu dibicarakan. Jika klien yang akan menyediakan, ingatkan kepada mereka berapa banyak botol akan dibutuhkan. Jika Anda sebagai pihak wedding organizer, bantu klien untuk menentukan titik-titik peletakkan cairan pembersih atau hand sanitizer.

TISU BASAH DAN KERING

Selain thermometer gun dan cairan pembersih, tisu basah dan tisu kering juga menjadi elemen penting untuk menjalankan protokol kesehatan di hari bahagia klien Anda. Tisu juga dapat menjadi pembersih pada alat-alat yang disiapkan vendor di hari H, seperti HT, microphone, dan lain sebagainya yang kemungkinan besar juga akan tersentuh oleh pengantin, pihak keluarga, maupun tamu. Ingatkan klien untuk mengalokasikan dana untuk penyediaan tisu basah dan kering di beberapa titik di lokasi.

JASA DISINFEKTAN

Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh sangat diperlukan saat sebelum kedua mempelai dan keluarga, serta tamu undangan memasuki venue pernikahan. Hal ini sangat penting karena disinfektan dapat membunuh virus serta bakteri yang terdapat dalam ruangan yang melekat, bahkan menempel pada benda di sekitarnya. Bicarakan dengan klien pihak mana yang akan menghubungi penyedia jasa disinfektan dan jangan lupa masukkan biayanya ke dalam anggaran klien Anda.

LAPTOP/TABLET/TELEPON GENGGAM

Diskusikan pihak mana yang akan menyediakan laptop/tablet/handphone sebagai perangkat untuk melakukan live streaming maupun video call dengan para tamu virtual. Jangan lupa juga tentukan staf penanggung jawab keamanan perangkat-perangkat ini selama acara berlangsung.

STOP KONTAK SAMBUNGAN

Setiap venue pasti memiliki stop kontak, namun kita tidak tahu apakah akan cukup untuk kebutuhan di hari H, terutama untuk kebutuhan mengisi daya perangkat yang akan digunakan untuk live streaming. Oleh karena itu, cable extension atau sambungan stop kontak perlu tersedia lebih dari satu buah. Pastikan kepada klien Anda, apakah mereka akan menyediakan beberapa buah stop kontak atau akan membebankan biaya baru untuk pengadaan stok kontak baru.

PORTABLE MODEM

Salah satu keunikan new normal wedding adalah kapasitas tamu virtual yang tidak sedikit. Maka dari itu, koneksi internet adalah hal yang krusial. Sebaiknya jangan terlalu bergantung pada jaringan nirkabel atau wi-fi di venue atau gedung pernikahan. Bicarakan kepada klien soal tambahan pengadaan portable modem ini untuk menjamin kelancaran live streaming.


Foto oleh Alinea

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]