“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Kenali ASMR: Format Audio-Visual Kreatif untuk Mempromosikan Produk

[[ 1623722400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 2,796 views


Foto dan desain undangan oleh Papira Design.

Apakah Anda pernah merasakan sensasi 'tingling' ketika sedang duduk di pinggir pantai seraya memejamkan mata saat menikmati suara-suara yang dihasilkan oleh gulungan ombak? Atau, pernahkah Anda merasa nyaman ketika disambut oleh sekelompok burung yang bercicit ketika membuka jendela di pagi hari? ASMR adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sensasi menyenangkan atau rasa puas yang dialami beberapa orang saat menyaksikan sebuah audio-visual. Bahkan, perasaan menenangkan ini dapat membuat mereka terlelap.

Kepanjangan ASMR ialah Autonomous Sensory Meridian Response. Artinya, getaran sensorik dari suara-suara yang ditimbulkan oleh video ASMR dapat menciptakan kesan rileks yang menjalar mulai dari bagian kepala hingga anggota tubuh lainnya. Menurut salah satu studi ASMR dari Departemen Psikologi di University of Sheffield di Inggris, ASMR melahirkan sensasi kesemutan di ujung kepala sebagai respons terhadap berbagai pemicu audio-visual berupa bisikan, ketukan, dan gerakan tangan.

Mengapa video ASMR viral di media sosial?

Fenomena ASMR sendiri pernah viral dan menjadi tren besar di media sosial pada tahun 2018. Mulanya, konten ASMR pertama kali muncul melalui kanal Youtube, namun hanya diiringi oleh komponen berupa bisikan saja. Seiring berjalannya waktu, pencarian Youtube tentang ASMR pun semakin tumbuh dengan konten yang beraneka ragam. Beberapa Youtuber ASMR paling populer bahkan bisa mengantongi lebih dari 10 juta subscribers dan menghasilkan hingga puluhan juta views hanya dari video ASMR yang dibuatnya. Ini membuktikan bahwa alasan mengapa ASMR begitu populer karena konten seperti ini menawarkan hal baru kepada audiens.

Sebuah penelitian mengenai ASMR pertama yang dipublikasikan oleh PeerJ pada tahun 2015 menyebutkan bahwa ada empat jenis pemicu utama yang dapat merangsang respon terhadap video ASMR, yaitu bisikan, atensi personal, suara-suara tajam, dan gerakan lambat. Berikut persentasi pemicu-pemicu ASMR:

1. Bisikan 75%
2. Atensi personal 69%
3. Suara tajam (kertas foil, ketukan kuku jari) 64%
4. Gerakan lambat 53%
5. Gerakan berulang 36%
6. Senyuman 13%
7. Kebisingan pesawat 3%
8. Bunyi vacuum cleaner 2%
9. Gelak tawa 2%

98% dari peserta penelitian ini mengatakan bahwa mereka menggunakan video ASMR untuk relaksasi, sementara 82% lainnya memilih untuk menonton video tersebut sebagai media yang dapat membantu mereka terlelap. Hanya 5% dari mereka yang menjadikan konten youtube ASMR untuk rangsangan seksual.

MANFAAT KONTEN ASMR BERDASARKAN RISET

Beberapa orang yang mengalami ASMR dapat membantu meringankan suasana hati yang sedang buruk, termasuk depresi. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa menonton video ASMR dapat menstabilkan detak jantung yang mengarah kepada relaksasi dan ketenangan. Selain itu, banyak dari audiens yang juga merasa terbantu dengan ASMR dalam hal-hal berikut ini:

  • Bersantai sejenak
  • Pengantar tidur
  • Meringankan kecemasan dan rasa sakit
  • Timbulnya perasaan nyaman dan diperhatikan
  • Merasa lebih baik saat sedang gusar

Dengan kata lain, menonton video ASMR dapat mengalihkan perhatian dari pikiran negatif. Ragam manfaat yang didapatkan ini hampir mirip dengan terapi musik, walaupun efektifitasnya masih belum diketahui.

Inspirasi produk pernikahan dalam format ASMR

Pembuatan video ASMR biasanya akan memakan waktu yang lebih lama ketimbang jenis video lainnya, mengingat beberapa creator harus mempertimbangkan segala macam komponen yang mereka gunakan, seperti ketersediaan wardrobe, item apa saja yang akan digunakan, seberapa jauh jarak item dengan mikrofon dan kamera, serta ragam properti latar belakang yang mendukung. Kemudian, mereka akan menguji kualitas suara yang dihasilkan dari beberapa sudut ruangan selama beberapa hari, lalu menyelesaikan rekaman video antara dua sampai lima jam.

Bagi vendor pernikahan, membuat video ASMR terbukti dapat menarik lebih banyak atensi dari audiens Anda. Intip beberapa inspirasi di bawah ini yang bisa Anda gunakan sebagai referensi pembuatan konten ASMR untuk mempromosikan produk Anda.

ASMR proses pembuatan kue pernikahan
ASMR proses pembubuhan serbuk emas pada undangan pernikahan
ASMR langkah pembuatan kue hingga hasil akhir


Anda dapat berkreasi melalui video ASMR untuk mengajak audiens Anda mengenal lebih dekat seperti apa proses pembuatan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tentunya dengan pengemasan konten yang dibuat semenarik mungkin.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]