“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Kenali Peran Content Creator dan Pengaruhnya untuk Perkembangan Bisnis

[[ 1629252000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 193 views

Content creator adalah seseorang yang menggeluti profesi dalam bidang pembuatan konten, baik untuk media massa maupun ranah digital. Konten yang dimaksud dapat berupa video, foto, tulisan, hingga karya seni lainnya. Selain untuk publikasi, langkah ini juga bisa dilakukan demi keberlangsungan promosi bisnis. Seorang content creator juga memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjadikan konten yang dibuatnya dapat diterima oleh target audiens. Inilah mengapa banyak sekali proses yang harus dilalui seorang content creator ketika akan mengembangkan ide dari sebuah konten.

Kini, orang-orang yang menekuni industri pernikahan pun dituntut untuk semakin kreatif dalam mempromosikan bisnisnya, terutama di era digital. Banyaknya platform media sosial yang tersedia membuat Anda perlu untuk terjun langsung menyapa target audiens secara perlahan. Ada berbagai strategi yang bisa Anda lakukan agar konten yang dibuat efektif meningkatkan penjualan. Namun sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu tiga langkah bagaimana cara membuat kreasi konten untuk para vendor pernikahan berikut ini.

  1. Lakukan brainstorming topik
    Ingatlah bahwa konten yang Anda buat harus relevan dengan sebagian besar pelanggan Anda. Oleh karena itu, lakukan riset kata kunci yang paling dicari oleh banyak orang. Sebagai vendor pernikahan, tentu Anda memiliki segudang pengalaman sekaligus kisah unik yang pernah Anda alami selama bekerjasama dengan klien, bukan?

    Nah, Anda dapat menyisipkan hal ini sebagai alternatif konten yang dapat dibagikan, mengingat mayoritas audiens sangat menyukai konten-konten inspiratif yang sarat akan nilai positif. Selain itu, Anda juga dapat mengusung berbagai ide menarik, seperti pembahasan soal tren pernikahan, tips and trick, DIY, konten informatif, hingga behind the scene atau proses di balik layar mengenai bisnis yang Anda lakukan.
  2. Buat konten yang menarik
    Setelah melalui masa penentuan topik, perhatikan bagaimana cara pengemasannya. Dalam bentuk apakah konten yang akan Anda buat? Pilih jenis konten yang benar-benar efektif untuk menarik lebih banyak pengunjung. Tentukan juga platform mana yang paling sesuai dengan target audiens Anda. Pastikan isi konten yang Anda buat benar-benar telah mewakili konsep secara keseluruhan.
  3. Jadwalkan postingan secara teratur
    Semakin aktif media sosial yang Anda kelola, maka engagement yang diperoleh juga akan tumbuh dengan signifikan. Buatlah content planner atau kalender editorial yang berisi jadwal unggahan konten secara runtut setiap bulannya. Mengatur penjadwalan dapat memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan. Selain itu, Anda juga dapat memantau seluruh pekerjaan hanya dalam satu tempat saja. Sebagai pertimbangan, gunakan alat distribusi konten otomatis, seperti HootSuite, Sprout Social, dlvr.it, dan CoSchedule.

ALASAN MENGAPA CONTENT CREATOR DIBUTUHKAN UNTUK PERKEMBANGAN BISNIS

Saat ini, industri pernikahan memang tengah berada dalam pengaruh influencer media sosial. Banyak sekali klien yang menaruh ekspektasi agar pernikahan impian mereka dapat terwujud seperti konsep pernikahan influencer favorit mereka. Nah, apakah influencer juga bisa dikatakan sebagai seorang content creator? Ya, bila mereka benar-benar memproduksi sendiri sebagian besar konten yang telah mereka buat. Inilah mengapa keberadaan mereka sangat menguntungkan bagi sebuah brand. Untuk lebih jelasnya, berikut alasan mengapa content creator perlu dilibatkan untuk pertumbuhan bisnis.

  1. Memiliki banyak pengikut yang tersegmentasi
    Ini adalah poin yang pertama kali muncul di dalam pikiran banyak orang saat mendengar kata content creator atau influencer. Masing-masing dari mereka tentu memiliki karakteristik yang berbeda, begitu pula dengan para pengikutnya. Namun, satu hal yang pasti, apapun konten mereka buat akan selalu mendapat perhatian melimpah dari pengikut setianya, mulai dari barang yang mereka kenakan, gaya hidup yang mereka lakukan, hingga pendapat mereka mengenai suatu produk atau jasa.
  2. Memengaruhi perubahan tren pernikahan
    Ketika seorang influencer mengadakan konsep pernikahan yang tak biasa, maka semua mata akan tertuju kepadanya. Dokumentasi yang tampak sempurna akan melahirkan inspirasi bagi setiap pasangan yang akan menikah. Platform media sosial seperti Instagram pun akan segera menempatkan unggahan tersebut ke dalam urutan teratas dari daftar populer. Secara perlahan-lahan, para pemilik bisnis juga akan mengikuti tren terbaru yang dibawa oleh orang-orang berpengaruh ini. Apalagi, bila banyak klien potensial yang datang dengan permintaan khusus. Hal ini membuktikan bahwa influencer membentuk tren pernikahan hingga industri itu sendiri mengalami perubahan besar-besaran.
  3. Meningkatkan penjualan
    Keberadaan content creator atau influencer sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebagian besar konsumen. Hal ini terjadi karena audiens tidak dapat melihat atau menyentuh barang yang mereka inginkan secara langsung. Mereka hanya bisa melihat gambar dan spesifikasi produk yang dijual dari alamat website tertentu. Inilah mengapa online customer review sangat dibutuhkan oleh calon konsumen. Namun, tidak semua ulasan positif dapat mendorong keputusan pembelian. Beberapa orang cenderung lebih percaya terhadap pendapat yang dikemukakan oleh influencer kenamaan. Tak ayal, hal ini membuat para pemilik usaha tertarik menggunakan influencer marketing dalam mempromosikan produk atau jasa mereka.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa content creator memberikan opsi yang sangat menjanjikan bagi Anda untuk mengembangkan potensi bisnis.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]