“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Latest Trends

Kiat Mendekorasi Kue Pengantin Sesuai Tren Pernikahan 2021

[[ 1627441200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 264 views

Kue pernikahan menjadi salah satu simbol yang berarti bagi pasangan pengantin yang baru saja mengucap janji suci di hadapan Tuhan. Di balik tradisi pemotongan kue tercipta berbagai macam doa dan harapan untuk kebahagian rumah tangga sang pengantin. Selain soal rasa, dekorasi yang diusung juga menjadi elemen utama yang tak kalah penting dari sebuah kue pernikahan, mengingat detail tampilan luar akan menjadi kesan utama di mata para tamu undangan. Inilah mengapa vendor kue pernikahan perlu membuat inovasi baru demi menarik lebih banyak pelanggan.

Setiap tahunnya, industri pernikahan selalu diramaikan dengan beragam tren baru yang akan menjadi inspirasi sekaligus tolak ukur dalam menciptakan sebuah konsep. Ini juga berlaku untuk penerapan dekorasi pada kue pengantin. Tak harus selalu menyajikan palet berwarna putih, kini kue pengantin lebih dikreasikan dalam permainan warna yang sarat akan kreativitas. Ragam teknik baru pun diterapkan demi terciptanya sentuhan yang berbeda. Berikut tips dan ide bagi vendor wedding cake, serta inspirasi kue yang bisa Anda terapkan sesuai dengan prediksi tren kue pernikahan di tahun 2021 menurut professional bakers.

  1. Single-Tier Cakes

    Akreditasi: Sweetsalt

    Kue pengantin satu layer selalu menjadi pilihan idaman bagi calon pengantin yang mengusung tema micro-wedding. Apalagi, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat mayoritas calon pengantin mengubah konsep resepsi pernikahannya ke skala yang lebih kecil. Selain dinilai cukup sederhana, kue yang satu ini juga dirasa cocok untuk dihidangkan sebagai makanan pencuci mulut bagi para tamu undangan.
  2. Keep it Simple

    Akreditasi: Gordon Blue Cake

    Selain soal tingkatan, rupanya kue pengantin dengan dekorasi yang sederhana juga masih menjadi tren di tahun 2021. Semi-naked cake adalah kue yang dilapisi dari limpahan tekstur buttercream putih pada bagian luar, namun untuk pengaplikasiannya tidak sampai menutupi seluruh permukaan yang ada. Dekorasi bunga-bunga berpalet vibran pun dipercaya akan membuat tampilan kue pengantin jauh lebih menarik.
  3. Watercolor Design

    Akreditasi: Haute Cakes

    Semakin unik dekorasi yang diusung, maka tampilan kue yang Anda buat juga akan semakin memukau. Apa pun bahan lapisan kue yang Anda pilih, baik itu fondant atau buttercream, kreasi dari desain watercolor patutlah dipertimbangkan, mengingat kue dengan teknik lukisan telah menjadi tren yang kuat selama beberapa tahun terakhir. Jadi, tak ada salahnya untuk membubuhkan sedikit sentuhan seni ke dalam kue pengantin.
  4. Mini Cakes

    Akreditasi: Fleur by Raja

    Siapa bilang bahwa deretan kue-kue kecil adalah pilihan yang kurang tepat bila disajikan di hari pernikahan? Pada resepsi berskala kecil, banyak pasangan pengantin yang justru memilih untuk menyuguhkan mini cakes sebagai sajian penutup saat saat jamuan makan malam. Selain terlihat lebih istimewa, kumpulan kue ini juga dapat memberikan pengalaman pribadi yang menyenangkan.
  5. Special Mixed Sweets

    Akreditasi: Gordon Blue Cake

    Kue pernikahan tidak harus selalu konvensional. Untuk membuatnya lebih berbeda, Anda dapat memadukan ragam elemen manis, seperti cupcakes, macaroon, ataupun donat ke dalam salah satu layer kue. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan estetika warna saat menyusun baris demi baris sentuhan dessert yang satu ini.
  6. Modern Sugar Flowers

    Akreditasi: Haute Cakes

    Dekorasi bunga yang dapat dimakan tentu memiliki nilai kelebihan tersendiri. Seakan tak mau kalah dengan popularitas bunga segar, nyatanya elemen bunga yang terbuat dari gula ini diprediksi akan menjadi tren populer di tahun 2021, mengingat tingginya permintaan yang datang dari para calon pengantin.
  7. Buttercream Texture

    Akreditasi: Fleur by Raja

    Warna putih klasik yang disajikan ke dalam detail rumit mampu memukau siapapun mata yang memandang. Bagaimana tidak, gabungan tekstur yang berbeda dari setiap layer-nya akan menghasilkan visual dengan cara yang indah. Tentu saja Anda dapat berkreasi tanpa batas hanya dengan bahan dasar yang ringan seperti buttercream.
  8. Smaller Multi-Tier Cakes

    Akreditasi: Cake et Cetera

    Bagaimana jika klien Anda menginginkan kue bertingkat dua hingga tiga, namun tetap dengan diameter yang lebih kecil? Hal ini kerap diaplikasikan pada pernikahan intimate dengan sedikit tamu. Tak hanya soal ukuran, dekorasi klasik juga masih menjadi pilihan yang tak terelakkan. Jadi, pastikan Anda membuatnya dalam ukuran yang pas agar dapat menyatu dengan keseluruhan elemen pendukung.

Tahun 2021 didominasi oleh kreasi kue dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini juga senada dengan maraknya pesta yang digelar secara intimate. Walaupun tidak dibuat dalam ukuran besar, bukan berarti kreativitas Anda menjadi terbatas. Lalu, bagaimana kiat memaksimalkan kue pengantin kecil agar tetap terlihat menawan? Berikut tips dan ide bagi vendor wedding cake.

CARA MENGHIAS KUE PENGANTIN SESUAI TREN PERNIKAHAN TERBARU

Pikirkan lebih matang mengenai dekorasi yang akan diusung. Dengan pilihan aksen yang tepat, kue pengantin yang Anda buat akan meninggalkan kesan yang baik di mata para tamu undangan. Kuncinya adalah bagaimana cara Anda menghias permukaan kue. Banyak sekali elemen yang bisa Anda pilih, seperti bunga-bunga tropis, tanaman hijau, buah-buahan segar, bunga kering, dessert, ataupun topper. Setelah menyelesaikan bagian tepi, Anda dapat mulai berkreasi pada bagian puncak kue. Sesuatu yang mewah dan menonjol akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kue minimalis.


Akreditasi: Sugar Legacy

Selain itu, permainan tekstur pada permukaan kue juga dapat menghasilkan dimensi yang artistik. Contohnya, Anda dapat mengadaptasi pola geometris, klasik, floral, anyaman tradisional, ataupun dedaunan. Tentu saja paduan tekstur ini tetap diaplikasikan pada kue pengantin dengan satu layer. Untuk membuatnya lebih spesial, pertimbangkan penggunaan gerobak dorong berupa meja kue antik sebagai pemanis. Anda juga dapat memberikan sentuhan kecil berupa lilin-lilin cantik maupun untaian lampu yang berkedip-kedip. Jadi, kue pengantin yang Anda buat tetap terlihat memukau walau digubah dengan lebih sederhana.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]