“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Panduan Menggunakan Instagram Guide untuk Strategi Pemasaran yang Efektif

[[ 1641355200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 7,683 views


Instagram seakan tak pernah berhenti untuk terus menciptakan inovasi terbaru dengan fitur-fitur pendukung. Salah satu fitur baru yang diperkenalkan kepada para pengguna adalah Instagram Guide. Fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk berbagi informasi dalam bentuk konten yang lebih panjang. Anda dapat dengan mudah membuat konten berupa daftar unggahan, tempat, rekomendasi produk, tips and trick, dan topik lainnya. Seperti layaknya mini blog, setiap panduan perlu menyertakan gambar sampul, judul utama, paragraf pengantar, foto atau video, hingga deskripsi. Selama satu tahun terakhir, Instagram Guide telah dimanfaatkan oleh sebagian besar pelaku bisnis untuk memperluas strategi pemasaran mereka.

Guna memudahkan para pengguna dalam membuat konten, setiap postingan yang telah diunggah sebelumnya ke dalam feeds Instagram Anda juga bisa dikompilasikan sebagai Guide. Anda hanya perlu menambahkan foto sampul, judul, dan deskripsi yang menarik di dalamnya. Selain itu, Anda dapat mempromosikan produk dari Instagram Shops ataupun memilih postingan yang telah diberi tag di lokasi tertentu. Setelah konten berhasil dibuat, entri masih dapat diedit, ditambah, ataupun dihapus sesuai keinginan. Guide akan muncul di tab khusus pada profil Anda dan dapat dibagikan melalui Story atau direct message.


CARA MEMBUAT INSTAGRAM GUIDE

Guide menyediakan tiga tipe konten yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, di antaranya:

  • Places: Jika Anda berencana membuat Guide berupa daftar rekomendasi venue pernikahan, restoran, ataupun hidden gems dari tempat-tempat istimewa, maka pilihlah Places. Ini sangat cocok untuk tips berbasis lokasi.
  • Posts: Gunakan opsi ini untuk Anda yang ingin mengumpulkan postingan tersimpan ataupun postingan yang ada di feed Instagram Anda menjadi sebuah Guide.
  • Products: Anda dapat membuat Guide terkait daftar produk yang tersedia di Instagram Shops.



Jika Anda belum pernah membuat Guide sebelumnya, ikuti pedoman berikut ini sebagai langkah awal:

  1. Kunjungi profil Instagram Anda dan temukan tombol plus (+) di pojok kanan atas. Pada pilihan menu yang muncul, tekan Guide.
  2. Pilih Posts.
  3. Anda dapat memilih sejumlah postingan dari feed Instagram Anda ataupun postingan dari akun lainnya yang telah Anda simpan.
  4. Tekan Next.
  5. Di tahap ini, Anda diperkenankan untuk menambah judul dan deskripsi pada Guide. Anda juga masih bisa mengubah posisi gambar dengan menekan Change Cover Photo.
  6. Periksa kembali seluruh komponen yang telah diisi.
  7. Tekan Add Place dan ulangi kembali langkah sebelumnya hingga Guide buatan Anda selesai.
  8. Pilih Next.
  9. Tekan Share untuk mulai mempublikasikan Guide Anda. Setelah berhasil diposting, Icon Guide akan muncul tepat di antara IG TV dan tags pada main profil Instagram Anda.

Sedangkan, untuk Anda yang ingin membuat Guide tentang produk, ikuti panduan berikut ini:

  1. Kunjungi profil Instagram Anda dan temukan tombol plus (+) di pojok kanan atas. Pada pilihan menu yang muncul, tekan Guide.
  2. Pilih Products.
  3. Anda dapat memilih produk melalui sebuah akun Instagram ataupun daftar wishlist yang telah Anda simpan sebelumnya.
  4. Tekan Next.
  5. Tambahkan judul dan deskripsi pada Guide Anda. Anda juga masih bisa mengubah posisi gambar dengan menekan Change Cover Photo.
  6. Periksa kembali seluruh komponen yang telah diisi.
  7. Tekan Add Products dan ulangi kembali langkah sebelumnya hingga Guide buatan Anda selesai.
  8. Pilih Next.
  9. Tekan Share untuk mulai mempublikasikan Guide Anda.

Terakhir, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat Guide lokasi:

  1. Kunjungi profil Instagram Anda dan temukan tombol plus (+) di pojok kanan atas. Pada pilihan menu yang muncul, tekan Guide.
  2. Pilih Places.
  3. Anda dapat mencari sebuah lokasi melalui geotag yang tersedia, folder yang tersimpan, ataupun unggahan yang telah diterbitkan sebelumnya.
  4. Setelah berhasil memilih unggahan, klik Next.
  5. Tambahkan judul dan deskripsi pada Guide Anda. Anda juga masih bisa mengubah posisi gambar dengan menekan Change Cover Photo.
  6. Periksa kembali seluruh komponen yang telah diisi.
  7. Tekan Add Places dan ulangi kembali langkah sebelumnya hingga Guide buatan Anda selesai.
  8. Pilih Next.
  9. Tekan Share untuk mulai mempublikasikan Guide Anda.

CARA MENGGUNAKAN INSTAGRAM GUIDE UNTUK STRATEGI PEMASARAN ANDA


Sebagai pelaku bisnis, tentu saja Anda dapat memanfaatkan fitur yang satu ini untuk memperkuat pondasi strategi pemasaran Anda. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan Instagram Guide.

  1. Bangun Loyalitas Merek Anda
    Pikirkan tentang konten apa saja yang benar-benar dibutuhkan oleh para pengikut Anda di Instagram. Jika masih ragu, Anda bisa mengajak mereka untuk berdiskusi sebelum menentukan topik apa yang ingin diangkat melalui Guide. Ingat, semakin menarik informasi yang Anda olah, maka akan semakin baik. Penting untuk mempertimbangkan karakteristik audiens Anda agar bisa menarik mereka untuk kembali datang. Ini saatnya Anda membangun loyalitas merek melalui konten yang bermanfaat dan dapat dipercaya. Tawarkan juga produk atau jasa yang relevan dengan topik yang dibuat.
  2. Kumpulkan Unggahan Sesuai dengan Tema
    Pengguna Instagram Business biasanya memiliki banyak produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Melalui Guide, Anda dapat mengatur ulang dan mengelompokkannya ke dalam sebuah topik atau tema tertentu. Misalnya, Bridestory diketahui kerap mengunggah sejumlah inspirasi pernikahan baik di dalam maupun luar negeri, mulai dari dekorasi, busana pengantin, hingga tema pre-wedding. Untuk memudahkan pengguna dalam menemukan postingan sejenis, Bridestory kerap mengumpulkan postingan yang ada sesuai dengan tema tertentu dalam bentuk Guide.
  3. Bagikan Kisah Perjalanan Brand Anda
    Siapa bilang bahwa kisah perjalanan sebuah brand kurang menarik untuk dibagi? Justru, Anda dapat memperkenalkan bisnis Anda lebih jauh lagi kepada mereka yang baru saja mengikuti Anda di media sosial. Konten seperti ini juga bisa melahirkan ragam inspirasi baru untuk banyak orang. Deretan vendor pernikahan unggulan, seperti desainer busana pengantin, merek perhiasan, hingga fotografer, dapat mempertimbangkan Guide bertema sejarah bisnis ini. Komponen yang bisa dimasukkan ke dalamnya meliputi profil pemilik, awal mula berdiri, proses pembuatan produk, finalisasi, hingga testimoni dari klien potensial yang pernah menggunakan jasa Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyoroti deretan pencapaian yang telah diraih ke dalam sebuah Guide.
  4. Buat Postingan Berupa Tips Bermanfaat
    Umumnya, audiens lebih menyukai Guide berupa kiat-kiat khusus yang dapat membantu mereka untuk menemukan permasalahan tertentu, termasuk produk atau jasa. Oleh karena itu, Anda perlu menerbitkan sejumlah panduan berupa langkah demi langkah sederhana dari topik tertentu. Jangan lupa untuk menyelipkan produk atau jasa yang menjadi unggulan Anda. Akan lebih baik bila produk tersebut telah tersedia di Instagram Shops untuk memudahkan customer melihat deskripsi dan harga produk.
  5. Gunakan Kata Kunci untuk Memperluas Jangkauan
    Sejak perilisan beberapa fitur baru, Instagram telah memperbarui sistem pencariannya. Para pengguna tidak lagi harus mengunjungi akun tertentu untuk bisa menemukan Guide yang mereka inginkan. Karena sebagian besar dari mereka bisa dengan mudah mencari Guide berdasarkan kata kunci tertentu. Untuk memperluas jangkauan, Guide yang telah di-publish juga bisa dibagikan melalui story dan direct message oleh Anda maupun audiens.
  6. Lakukan Kerja sama dengan Influencer
    Ingin meraih engagement yang lebih tinggi? Pertimbangkan untuk menjalin kerja sama dengan kreator atau influencer kenamaan. Namun, sebelum Anda memutuskan siapa yang paling cocok dengan target pasar Anda, ketahui lebih dulu bagaimana relevansi konten yang mereka sajikan dengan produk dari brand Anda. Akan lebih baik lagi bila influencer yang dipilih juga memiliki pengetahuan khusus di bidang yang sama dengan Anda. Hal ini diperlukan agar Anda dapat menyasar target market yang sesuai serta menghasilkan pengaruh yang cukup signifikan. Buatlah kolaborasi dengan influencer untuk membuat Guide yang menyertakan produk atau jasa Anda.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]