“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

Panduan Menjadi Henna Artis: Inilah Hal dan Peralatan yang Perlu Dipersiapkan!

[[ 1699318800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 4,633 views

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan seni melukis tubuh yang satu ini. Henna atau lawsonia inermis adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini diketahui menyimpan banyak manfaat untuk ramuan herbal, kebersihan tubuh, hingga bahan dasar pembuatan kosmetik. Seni ukir henna memang telah begitu populer di berbagai negara bagian, termasuk Indonesia. Ada sejumlah suku yang memiliki tradisi menggunakan henna di hari pernikahan pada mempelai perempuan, di antaranya Minangkabau, Lampung, Bugis, Palembang, Riau, hingga Betawi.


Akreditasi: Serenity Photoworks

Biasanya, bagian daun dari henna yang masih segar akan dikeringkan untuk kemudian ditumbuk menjadi bubuk halus. Proses penghalusan ini bisa menggunakan alat penggiling khusus seperti blender ataupun dihancurkan secara manual dengan cobek. Terakhir, barulah adonan tersebut dicampur ke dalam air hingga membentuk tekstur menyerupai lumpur.

Nah, bagi Anda yang belum pernah menyelami dunia henna, mungkin akan merasa kebingungan saat harus pertama kali memulainya, terutama jika berbicara tentang apa saja hal-hal yang perlu untuk Anda persiapkan sedari awal. Oleh karena itu, perhatikan lebih dulu panduan berikut ini agar Anda bisa menjadi seorang henna artist profesional.

  1. Pelajari Sejarah Henna
    Sebelum benar-benar memulai bidang ini, Anda harus memahami lebih dulu bagaimana sejarah henna secara singkat. Pada awalnya, henna merupakan sebuah tradisi yang mengakar kuat di negeri Maroko sejak beberapa abad silam sebagai seni lukis tubuh kontemporer, pewarnaan rambut, dan pengobatan. Pasta henna terbuat dari daun lawsonia inermis yang telah dihancurkan. Dulu, henna juga digunakan untuk mendinginkan suhu tubuh di daerah gurun agar suhu tubuh tetap rendah. Setiap daerah memiliki gaya desain yang berbeda-beda, bahkan henna juga bisa digunakan pada bagian rambut, kulit, dan kuku.
  2. Gunakan Media Stencil
    Meski berstatus sebagai pemula, tentu Anda tidak ingin meninggalkan hasil yang kurang maksimal dari ukiran henna Anda, bukan? Jadi, peralatan seperti pasta henna organik siap pakai dan sejumlah desain stensil yang telah dipersiapkan sebelumnya akan menjadi benda utama yang sangat Anda butuhkan. Contoh desain tersebut nantinya akan memandu Anda dalam menggoreskan setiap pola yang ada sekaligus meminimalisir terjadinya potensi kesalahan. Anda juga perlu mempelajari lebih dulu tentang bagaimana penempatan tato henna yang tepat dan teknik apa saja yang diterapkan agar kualitas henna lebih tahan lama. Ketahuilah bahwa desain henna dibuat dengan menerapkan jumlah tekanan yang berbeda pada bagian kerucutnya. Lama waktu untuk mengeringkan henna pun tergantung dari bagaimana jenis kulit masing-masing.
  3. Berlatih dengan Tekun
    Bila Anda telah mencoba menggambar melalui media stensil atau cetakan desain, sekarang saatnya untuk melukis bebas dengan teknik freehand tanpa bantuan instrumen mekanis apa pun, baik itu berupa 'kisi-kisi', penggaris, dan lain sebagainya. Anda dapat berlatih terlebih dahulu dengan menggambar henna di atas permukaan kertas. Yang terpenting adalah dengan tetap berlatih secara berkala agar bisa menemukan ritme Anda sendiri.
  4. Siapkan Kontrak Kerja yang Jelas
    Dalam sebuah kerja sama bisnis, keberadaan kontrak atau surat perjanjian sangat penting untuk melindungi hak dan kewajiban dari pihak-pihak terkait (dalam hal ini, pemberi jasa dan penerima jasa). Kontrak tersebut juga akan menjamin Anda untuk mendapatkan kompensasi setimpal dalam setiap proyek yang diambil. Jadi, gunakan selalu kontrak Anda dan buatlah batasan-batasan tertentu dan harapan yang jelas terkait layanan Anda. Semua poin yang tertera di atas kertas harus dapat dimengerti dan tidak bermakna ganda. Bagaimanapun, hubungan yang baik dengan klien selalu berbanding lurus dengan pengalaman terbaik yang memuaskan semua pihak pula.
  5. Anda adalah Pekerja Seni, Pastikan Klien Membayar dengan Pantas
    Banyak orang yang masih menganggap bahwa para profesional di bidang seni harus bekerja berlandaskan kecintaan mereka terhadap seni itu sendiri, sehingga mereka tidak dirasa pantas untuk mematok tarif yang cukup 'mahal' sesuai dengan pengalaman ataupun nilai jual mereka. Hal ini tentu tidak dibenarkan. Justru, Anda sebagai henna artis sangat dianjurkan untuk bisa menetapkan harga dengan tepat. Apalagi rata-rata pekerja seni saat ini juga sudah begitu berani mematok harga yang cenderung kompetitif. Jadi, buatlah portofolio semenarik mungkin dan buktikan bahwa Anda memang layak untuk meraih pendapatan yang maksimal.
Peralatan Henna Pengantin


Inilah beberapa benda yang perlu Anda bawa saat akan melakukan henna pengantin.

  • Tas
    Ada banyak sekali pilihan tas yang bisa Anda gunakan untuk menampung seluruh peralatan henna yang dibutuhkan sebagai seorang henna artis profesional. Namun, penggunaan box makeup berukuran sedang sangatlah disarankan agar Anda terlihat lebih profesional. Box tersebut harus benar-benar memiliki kualitas yang baik serta kokoh. Pastikan juga peralatan Anda terlihat bersih dan tertata rapi agar mampu melahirkan impresi yang baik di mata klien.
  • Henna
    Henna menjadi benda yang paling penting untuk dibawa. Rata-rata dari klien umumnya akan melakukan permintaan khusus soal warna spesifik dan desain henna yang mereka inginkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Desain yang dipilih juga menentukan berapa banyak pasta henna yang akan Anda butuhkan. Semakin rumit pola yang harus digambar, maka semakin banyak pula pasta henna yang perlu disiapkan. Satu cone pasta henna berukuran 25 gram umumnya cukup untuk dua tangan, sementara jika ingin henna bolak-balik, maka Anda perlu menyiapkan dua sampai empat cone pasta henna.
  • Glitter dan Manik-manik
    Tak lengkap rasanya bila tampilan henna tidak dibubuhi dengan hiasan berupa glitter atau manik-manik. Glitter tersedia dalam dua jenis, yaitu berupa serbuk ataupun glue siap pakai. Begitu pula dengan manik-manik yang terdiri dari dua variasi, ada yang langsung bisa menempel namun ada pula yang masih membutuhkan bantuan lem terlebih dahulu.
  • Lem Kulit atau Lem Bulu Mata
    Siapkan lem berwarna bening untuk menempelkan glitter atau manik-manik.
  • Pinset
    Berfungsi untuk mengangkat manik-manik berukuran kecil yang sulit untuk diambil dengan tangan.
  • Portofolio
    Biarkan klien melihat-lihat beberapa portofolio karya yang pernah Anda buat. Bila Anda benar-benar baru saja memulai bisnis ini, cobalah untuk mulai mengumpulkan sejumlah template yang tersebar di dunia maya. Kemudian, rancang beberapa desain baru yang lahir dari buah pemikiran Anda sendiri. Masukkan karya tersebut sebagai portofolio kerja yang dibuat semenarik mungkin.
  • Tisu
    Benda wajib lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah tisu. Perlu diingat, beberapa dari calon pengantin ada yang kulitnya mudah sekali berkeringat di area telapak tangan. Kondisi ini dapat berpotensi menghancurkan ukiran henna yang masih basah. Jadi, pastikan bahwa permukaan kulit klien Anda benar-benar kering.
  • Gunting
    Sediakan gunting untuk memotong ujung cone henna.
  • Cotton Buds dan Body Lotion
    Keduanya adakah alat yang sangat berguna jika Anda ingin menghapus atau mengoreksi pola yang salah. Oleskan sedikit lotion di ujung cutton bud dan gosok secara perlahan.
  • Hair Dryer / Pengering Rambut
    Ini adalah opsional, namun keberadaan hair dryer nyatanya terbukti mampu mempercepat proses pengeringan henna.
  • Masker Mulut
    Sebagai penyedia jasa yang nantinya akan berhadapan langsung dengan klien, pastikan Anda benar-benar berada dalam kondisi yang higienis agar semua pihak merasa nyaman. Masker mulut adalah benda selanjutnya yang wajib ada di dalam tas.
  • Kartu Nama
    Tidak hanya sekadar tanda pengenal biasa, kartu nama justru berfungsi khusus sebagai personal branding dan alat marketing yang wajib dimiliki oleh seorang penyedia jasa. Ini sekaligus dapat membuktikan seberapa besar profesionalitas Anda di mata klien. Beri kartu nama kepada masing-masing orang yang pernah bekerja sama dengan Anda. Karena, secara tidak langsung, penggunaan kartu nama menjadi sarana promosi yang efektif untuk perusahaan atau perorangan.

Itulah beberapa hal dan peralatan yang perlu untuk dipersiapkan untuk menjadi seorang henna artis. Apakah Anda siap untuk memulainya?

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]