“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Pentingnya Mencantumkan Price List untuk Bisnis Anda

[[ 1641785400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 6,456 views

Sebagai vendor pernikahan di Bridestory, Anda diperkenankan untuk memasukkan daftar harga secara lengkap pada laman profil utama Anda. Untuk mengisi bagian ini, Anda perlu mengedit daftar harga dari dashboard vendor Anda, disertai dengan penjelasan singkat tentang layanan apa saja yang termasuk ke dalam paket. Ini dapat memudahkan calon pengantin dalam menjawab keingintahuan mereka, sebelum akhirnya memutuskan untuk menghubungi Anda. Bridestory secara khusus berperan besar untuk menjadi penghubung antara vendor pernikahan dengan lebih banyak calon klien.


Perlu diketahui, mengisi bagian daftar harga akan meningkatkan visibilitas profil Anda di situs Bridestory. Kami juga menemukan bahwa vendor yang memiliki price list akan menghasilkan sekitar 4 kali lebih banyak leads dibandingkan dengan vendor tanpa daftar harga. Jadi, usahakan agar Anda dapat melengkapi keseluruhan informasi yang dibutuhkan. Calon pengantin umumnya juga jauh lebih menyukai vendor yang bisa bersikap transparan soal daftar harga. Karena hal ini akan membantu mereka dalam memulai diskusi bersama Anda, mulai dari ketersediaan paket pernikahan hingga melakukan cross-check kembali.

Memasang kalimat seperti "hubungi kami untuk detail lebih lanjut" kemungkinan besar justru malah memunculkan rasa enggan dari calon klien untuk menghubungi Anda. Kecuali, bila mereka benar-benar telah siap dari segi anggaran serta yakin dengan kredibilitas vendor Anda. Jika daftar harga produk atau jasa Anda sangat bergantung pada bahan dan detail kerumitan, sebaiknya tetap mencantumkan estimasi harga mulai dari batas bawah. Contohnya, "Gaun pengantin Alexandra, mulai dari Rp3.000.000,- untuk pengiring pengantin, dan Rp12.000.000,- untuk gaun pengantin. Harga yang ditawarkan tergantung pada bahan yang dipilih, ukuran, detail, hingga tingkat kerumitan. Segera tinggalkan pesan kepada kami bila Anda tertarik untuk melakukan diskusi." Informasi seperti ini akan memudahkan mereka untuk memperoleh insight yang lebih.

PENTINGNYA MENETAPKAN DETAIL HARGA


Seperti yang telah diketahui, harga telah menjadi penentu utama untuk keputusan pembelian. Walaupun bentuk produk adalah hal yang pertama kali akan mencuri perhatian mereka, namun besaran angka pada harga nyatanya mengambil peran lebih besar dalam keputusan mereka untuk membeli sesuatu. Harga juga dapat diposisikan sebagai faktor pembanding untuk membedakan produk tersebut dari produk lainnya dalam kategori yang sama. Selain itu, harga kerap dijadikan sarana untuk membidik segmen klien tertentu. Inilah mengapa Anda penting untuk menuliskan daftar harga sedetail mungkin.

Berikut sejumlah penjabaran mengapa Anda perlu menetapkan detail harga.

  1. Adanya Persepsi Mengenai Kualitas Produk
    Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar konsumen masih memelihara persepsi tentang kualitas produk berdasarkan harga yang tertera. Harga yang dipatok lebih tinggi biasanya identik dengan produk berkualitas baik, sementara yang lebih murah cenderung sebaliknya. Padahal, kenyataannya tidak selalu seperti itu. Anda selalu bisa menggeser persepsi ini dengan mulai menetapkan daftar harga. Jangan lupa untuk menguraikan penjelasan singkat tentang layanan apa saja yang akan didapatkan oleh calon klien dalam paket tersebut. Sehingga mereka bisa lebih yakin dengan kualitas produk atau jasa Anda.
  2. Mengatasi Persaingan dengan Kompetitor
    Salah satu cara untuk mengalahkan kompetitor Anda adalah dengan menyoroti detail harga. Calon pengantin umumnya akan melakukan pertimbangan yang matang terlebih dahulu sebelum akhirnya mereka menjatuhkan pilihan, ini termasuk dengan membandingkan harga dari vendor yang satu ke vendor yang lainnya. Jadi, semakin lengkap informasi yang Anda berikan, maka senjata Anda untuk mengatasi persaingan telah berada di tangan Anda. Segera lakukan strategi penetapan harga bila Anda belum memiliki daftar harga yang pasti. Para pelaku bisnis dapat menetapkan harga yang paling ideal sebagai bentuk pembangunan citra produk mereka.
  3. Pemicu Kesan Pertama
    Tentu saja daftar harga masih menjadi pemicu kesan pertama di mata calon klien. Jika mereka dihadapkan dengan produk yang hampir serupa, namun dengan harga yang jauh berbeda, mereka akan membandingkannya berdasarkan inklusif yang akan mereka terima serta berbagai ulasan dari mantan klien Anda. Dalam hal ini, produk dengan harga yang terjangkau mungkin saja lebih mudah menarik perhatian klien potensial. Namun, bukan berarti para pesaingnya tidak memiliki kesempatan yang sama. Anda hanya perlu memberikan pelayanan dengan servis terbaik yang Anda punya untuk dapat mengambil hati mereka.
  4. Sebagai Alat Promosi Penjualan
    Dalam dunia bisnis, harga sangat menentukan bagaimana masa depan produk. Mulai dari presentase penerimaan produk kepada pelanggan hingga seberapa besar keuntungan yang bisa Anda peroleh. Harga juga menjadi alat yang sangat penting untuk melakukan promosi. Sebab, sebagian besar vendor pernikahan kerap melakukan penurunan harga atau diskon khusus untuk meningkatkan penjualan mereka untuk periode waktu tertentu. Untuk menerapkan harga coret, pastikan untuk tidak melakukannya terlalu sering. Karena akan menimbulkan kondisi di mana pelanggan memilih untuk menunda proses pembelian sampai penurunan harga terjadi lagi.


  5. Memengaruhi Tingkat Permintaan
    Harga yang tercantum tentu saja akan memengaruhi tingkat permintaan calon klien. Namun, jangan pernah berpikir bahwa keputusan untuk menulis daftar harga akan menahan laju klien potensial untuk menghubungi Anda. Justru, hal ini akan membantu mereka untuk memulai percakapan, sekaligus dapat meminimalisir kemungkinan adanya klien yang melakukan hit and run.

  6. Menentukan Profitabilitas Vendor
    Untuk mengatur harga jual produk, perlu dilakukan penelitian, analisis, serta evaluasi yang terstruktur. Produk yang ditetapkan dengan harga rendah akan berpotensi menghambat keuntungan tambahan. Sementara, produk yang dibanderol dengan harga lebih tinggi juga dapat memengaruhi pendapatan. Jadi, pikirkan dengan matang. Harga secara tidak langsung akan menentukan seberapa banyak besaran profit yang bisa Anda raih, mulai dari margin keuntungan hingga jumlah produk yang terjual. Oleh karenanya, transparansi soal daftar harga perlu dilakukan agar dapat menarik pelanggan untuk kembali datang.
    Dari kacamata klien, harga telah menjadi alat perbandingan yang paling utama untuk memilah produk dari berbagai vendor. Mereka akan cenderung menutup profil vendor yang tidak memiliki daftar harga dan beralih kepada vendor lainnya. Jadi, mulailah lengkapi daftar harga di laman vendor Anda agar visibilitas profil Anda semakin meningkat serta lebih mudah untuk menggaet klien potensial.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]