“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Rekomendasi Aplikasi Online Meeting untuk Diskusi dengan Klien Maupun Tim Internal Anda

[[ 1607047200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 214 views

Walaupun pandemi COVID-19 hampir mencapai titik terang dengan dikembangkannya vaksin, pentingnya aplikasi online meeting bagi keberlangsungan bisnis Anda tidak pernah tergantikan. Para pelaku bisnis semakin merasakan keuntungan dari rapat secara virtual. Bahkan, bisnis Anda justru semakin bisa melebarkan pasar dan tidak terbatas jarak lagi dengan calon-calon klien yang berada di luar kota, bahkan di luar negeri.

Banyaknya aplikasi online meeting yang beredar mungkin membuat Anda bingung memilih yang mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk rapat virtual beserta fitur-fitur kelebihannya.


Foto oleh Matilda Wormwood (Pexels)

1. Google Meet
Google Meet memang didesain untuk kebutuhan profesional dan bisnis sehingga memiliki fitur screen sharing sehingga memudahkan Anda untuk mempresentasikan material rapat. Yang paling penting adalah aplikasi ini tidak berbayar, serta memperbolehkan Anda mengundang peserta rapat sampai 100 orang dengan pemakaian hingga 24 jam. Untuk paket Enterprise yang berbayar, Google Meet bisa menampung hingga 250 peserta rapat. Selain itu, aplikasi ini juga cocok untuk livestream yang bisa diakses sampai 100.000 penonton. Anda juga bisa mengirimkan dokumen dari Google Drive saat online meeting berlangsung.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer, dekorasi dan florist, venue, fotografi dan videografi, serta undangan.

2. Zoom
Walaupun paket berlangganan gratis hanya memperbolehkan pengguna menggunakannya maksimal 40 menit, fitur-fitur yang ditawarkan Zoom paling mumpuni di antara aplikasi lain. Salah satunya adalah rekaman file audio yang terpisah sehingga Anda bisa mengirimkan hasil meeting dengan kapasitas tidak terlalu besar. Atau, hal itu juga sangat menguntungkan untuk keperluan mengedit jika diperuntukkan sebagai media videografi jarak jauh. Anda juga bisa mengirimkan dokumen yang berasal dari perangkat Anda sendiri. Paket berlangganan Zoom dimulai dari harga USD14,99/bulan tanpa batas waktu pemakaian dan cocok untuk sebuah tim kecil.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer, dekorasi dan florist, venue, fotografi dan videografi, serta undangan.

3. Google Hangout
Fitur Google Hangout sepenuhnya gratis dan bisa diakses oleh 10 pengguna tanpa batas waktu yang ditentukan. Walaupun lebih diperuntukkan untuk pengguna non-bisnis, Google Hangout tetap memiliki fitur screen sharing. Bagi vendor yang ingin mempresentasikan sketsa produknya, Anda bisa menunjukkannya kepada klien dengan mudah. Selain itu, peserta rapat masih tetap bisa mengobrol via fitur chat walaupun video call sedang tidak digelar.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer (tim internal), dekorasi dan florist (tim internal), venue, undangan, busana pengantin, dan vendor lainnya.

4. WhatsApp
Hampir semua orang di Indonesia memiliki aplikasi WhatsApp, apapun tipe telepon genggamnya. Aplikasi ini pun menjadi pilihan paling efisien jika ingin mengadakan diskusi impromptu yang singkat. Tanpa perlu membagi-bagi tautan online meeting seperti tiga aplikasi di atas, WhatsApp bisa langsung memanggil pengguna lain hanya dengan satu tombol, telepon biasa maupun telepon video. Walaupun tidak memiliki fitur screen sharing, Anda juga bisa melakukan panggilan konferensi kepada beberapa orang dengan mudah dan cepat.
Cocok untuk dimanfaatkan semua kategori vendor pernikahan yang ingin melakukan diskusi dengan klien maupun tim internal secara singkat dan cepat.

5. Skype
Mirip seperti Zoom, Skype juga memiliki fitur screen sharing dan lampiran dokumen dari perangkat pribadi. Namun, Skype sepenuhnya gratis dengan kapasitas pengguna hingga 20 orang sehingga cocok untuk usaha kecil-menengah seperti kebanyakan vendor pernikahan. Bagi yang tidak nyaman bergantung pada koneksi internet, Skype menawarkan pilihan paket berlangganan berbayar yang memperbolehkan Anda melakukan panggilan ke nomor pesawat telepon biasa maupun telepon genggam.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer, dekorasi dan florist, venue, serta undangan.

6. FaceTime
Aplikasi besutan Apple ini merupakan solusi cepat dan efisien untuk mengadakan konferensi virtual dengan hingga 32 orang. Walaupun tidak ada fitur screen sharing, Anda tetap bisa membuka aplikasi lain sambil melakukan panggilan video atau audio dari FaceTime sehingga memudahkan Anda jika perlu membuka dokumen lain atau membuat catatan sambil tetap melakukan percakapan. FaceTime bisa diakses melalui perangkat iPhone, iPad, dan Mac.
Cocok untuk dimanfaatkan semua kategori vendor pernikahan yang ingin melakukan diskusi dengan klien maupun tim internal secara singkat dan cepat.

7. Google Duo
Solusi bagi yang tidak memiliki perangkat keluaran Apple, Google Duo bisa menjadi aplikasi online meeting yang tepat. Jika WhatsApp hanya bisa digunakan di telepon genggam, Google Duo berlaku di hampir semua jenis dan merk perangkat, termasuk laptop, PC, dan tablet. Aplikasi ini bisa melakukan panggilan ke maksimal 10 orang.
Cocok untuk dimanfaatkan semua kategori vendor pernikahan yang ingin melakukan diskusi dengan klien maupun tim internal kecil secara singkat dan cepat.

8. Jitsi Meet
Walaupun namanya belum sering terdengar, namun Jitsi Meet memiliki kelebihan yang patut dipertimbangkan. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dengan fitur-fitur yang cakap. Tanpa perlu membuat akun, peserta rapat bisa langsung terkoneksi melalui situs browser maupun aplikasi yang bisa diunduh dari Apple Store maupun Play Store. Selain itu, tidak ada maksimal jumlah peserta meeting! Pengguna pun bisa bebas melakukan screen sharing, bertukar pesan, dan mengedit dokumen bersama di fitur Etherpad.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer, dekorasi dan florist, venue, fotografi dan videografi, serta undangan.

9. Microsoft Teams
Sama-sama keluaran Microsoft, namun berbeda dengan Skype, aplikasi Microsoft Teams bisa melakukan panggilan online meeting hingga ke 10.000 orang. Mirip Google Meet, beberapa grup berbeda tetap bisa melakukan pertemuan virtual secara bersamaan di dalam satu akun organisasi. Tidak hanya itu, Microsoft Teams juga bisa dimanfaatkan sebagai media streaming ke luar organisasi Anda, seperti streaming prosesi pernikahan klien Anda agar bisa disaksikan oleh para tamu yang berhalangan hadir.
Cocok untuk dimanfaatkan vendor pernikahan kategori wedding organizer, dekorasi dan florist, venue, fotografi dan videografi, serta undangan.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]