“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Semua Tentang Instagram Reels dan Cara Penggunaannya

[[ 1625536800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 932 views

Sosial media berbasis video nyatanya masih sangat digandrungi oleh banyak generasi. Seakan tak mau ditinggal oleh pengguna setianya, Instagram pun meluncurkan fitur bernama Reels yang dapat Anda temukan melalui bagian bawah 'home' ataupun Instagram Story. Reels adalah fitur yang memungkinkan Anda bisa berbagi video menarik dengan durasi pendek di Instagram. Tak hanya video, ragam efek dan audio pendukung pun disediakan untuk Anda yang ingin berkreasi dalam mengedit video berdurasi 15 - 60 detik. Inilah mengapa banyak orang yang menganggap bahwa fitur Reels terlihat sangat mirip dengan aplikasi kompetitornya, yaitu TikTok.


Pada tab Instagram Reels, Anda akan menemukan deretan Reels yang sedang tren maupun Reels yang dibuat dari akun-akun yang Anda ikuti. Anda juga bisa melihat Reels yang sedang populer pada kolom pencarian tanpa harus bersusah payah memasuki icon Instagram Reels. Dirasa semakin identik dengan TikTok, algoritma dari fitur Reels juga dipengaruhi oleh siapa saja yang Anda ikuti, jenis konten apa yang disukai, serta lokasi di mana Anda berada. Dengan kata lain, para pengguna yang tidak mengikuti akun Anda pun dapat melihat video yang Anda unggah. Ini merupakan kesempatan bagus untuk menumbuhkan lebih banyak engagement dan pengikut baru. Saat ini, Instagram Reels telah tersedia secara global di 50 negara di dunia.

CARA MEMBUAT INSTAGRAM REELS

Bagi Anda yang sudah cukup familiar dengan cara kerja Instagram Stories, ini akan jauh lebih mudah. Kunjungi icon Instagram Stories di bagian kanan atas lalu pilih tab Reels yang berada tepat di sebelah tab Live. Lalu, tekan dan tahan tombol record untuk memulai perekaman. Ketika telah berhasil membuka fitur Reels, Anda akan menemukan enam editing tools yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan kreasi konten, antara lain:

  • Audio: Tool yang satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan audio melalui perpustakaan musik Instagram, suara pribadi yang direkam, ataupun suara tambahan dari voiceover. Jika Anda memasukkan audio original kreasi pribadi, maka orang lain yang melihat Reels Anda juga dapat menggunakan audio tersebut hanya dengan memilih "use audio" pada video yang Anda buat.
  • Length: Pilih jumlah durasi yang diinginkan. Instagram menyediakan durasi mulai dari 15, 30, hingga 60 detik.
  • Speed: Gunakan tool ini untuk mempercepat atau memperlambat bagian video kreasi Anda. Jangan lupa sesuaikan dengan irama yang dipilih agar keseluruhan konten terlihat selaras.
  • AR Effects: Tersedia berbagai efek menarik yang dapat menunjang konten Anda, baik yang dibuat oleh Instagram maupun para creator di seluruh dunia.
  • Touch Up: Memperhalus tampilan gambar yang dihasilkan. Hampir sama seperti effects.
  • Timer and Countdown: Anda dapat mengatur timer jika ingin merekam video secara handsfree. Tekan tombol record hingga muncul hitungan mundur.

Anda dapat langsung merekamnya satu per satu ataupun memilih konten yang sudah jadi dari galeri di ponsel Anda.


KIAT MEMBUAT INSTAGRAM REELS UNTUK BISNIS

Bagi pengguna Instagram Business, tentunya fitur Reels dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan lingkup audiensi. Kreasi video yang kreatif akan berpotensi dilihat oleh lebih banyak pengguna sekaligus meningkatkan engagement. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan fitur Reels sebagai strategi marketing bagi brand Anda:

1. Promosikan produk atau jasa dari brand Anda

Tingkatkan brand awareness bisnis Anda dengan menyajikan konten yang memuat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kemaslah dengan semenarik mungkin dan pastikan isi konten sudah mencakup keseluruhan informasi. Audiens yang menonton video Anda juga dapat langsung melihat detail produk dengan cara klik tab 'view products' pada bagian bawah video untuk diarahkan menuju Instagram Shop.

2. Buat konten yang mengedukasi

Jenis konten seperti ini dapat Anda buat ke dalam bentuk tips and trick atau DIY yang bisa diikuti oleh para audiens, mengingat umumnya mereka sangat menggemari hal-hal sederhana yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga dapat membuat konten mengenai proses pembuatan produk dari brand Anda untuk mendorong interaksi pengguna.

3. Pastikan isi konten Anda otentik

Akan lebih baik bila konsep video yang Anda usung benar-benar unik dan bisa menawarkan sesuatu yang baru. Sebagai rekomendasi, buatlah filter atau original audio secara khusus untuk menciptakan karya yang orisinil. Ingatlah bahwa audio yang Anda buat juga bisa digunakan oleh audiens lainnya. Jadi, mereka dapat melihat dengan jelas siapa creator yang ada di balik audio tersebut. Ini merupakan sebuah strategi yang menjanjikan untuk meningkatkan kesadaran merek.

Saat ini, Anda sudah bisa menggunakan seluruh tools yang ada pada Instagram Reels. Walaupun algoritma dari fitur ini masih belum terbentuk dengan sempurna, namun Anda dapat menambahkan hashtag dan caption yang deskriptif untuk menggambarkan isi konten yang Anda unggah.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]