“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Simak, Skill yang Wajib Dimiliki oleh Wedding Planner!

[[ 1679878800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,377 views

Dalam dunia bisnis, skill adalah kekuatan atau magnet yang akan menarik datangnya konsumen. Dan sebenarnya setiap bisnis memiliki skill wajib untuk membuat bisnis tetap berjalan. Tapi untuk bertahan dalam dunia bisnis, Anda harus menguasai skill tersebut. Dan agar stand out, skill wajib ini harus dikuasai secara mendalam atau sampai pada level "master". Sebab skill ini adalah "akreditasi" untuk bisnis yang Anda jalankan.


Semakin penasaran skill atau kemampuan wajib apa yang harus dikuasai secara mendalam? Simak beberapa hal berikut ini!

  1. Komunikasi
    Ini adalah skill dasar untuk menjadi sukses sebagai wedding planner yang profesional. Pelaku bisnis wedding planner sudah seharusnya melatih kemampuan berkomunikasi mereka untuk membangun networking atau jejaring yang matang dengan para vendor serta klien. Komunikasi yang baik ibaratnya adalah "etalase" untuk menerjemahkan visi bisnis menjadi kualitas berbisnis. Artinya para vendor dan klien akan melihat bagaimana Anda berkreasi bersama dalam menghasilkan produk bisnis yang terbaik.
  2. Negosiasi
    Setiap pelaku bisnis wedding planner harus memiliki skill negosiasi yang baik, kepada vendor maupun klien. Dengan komunikasi yang baik kepada mereka maka Anda akan mendapatkan harga terbaik dari para vendor. Sedangkan untuk klien, kemampuan bernegosiasi akan membuat margin keuntungan jadi lebih optimal.


  3. Tren dan kreativitas
    Para wedding planner tentu sudah paham alur pekerjaan dalam mewujudkan impian pernikahan klien. Jika Anda tidak mengerjakan secara passionate maka setiap proyek yang masuk hanya sekadar menjalankan komitmen dengan klien. Lama-lama ini bisa menimbulkan kebosanan dan berujung pada pengembangan bisnis. Karena itu penting sekali memiliki skil mengetahui apa yang sedang tren serta menjadi kreatif. Lengkapi pengetahuan Anda tentang tren dengan kreativitas. Pertahankan keunikan wedding planner Anda serta selalu terbuka dengan kreativitas.
  4. Mengatur keuangan
    Pahamilah kalau memastikan sebuah proyek berjalan sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat sangatlah susah-susah gampang. Karena tantangannya adalah mewujudkan semua keinginan klien dengan keterbatasan finansial klien dan waktu. Jangan salahkan klien jika mereka menginginkan pernikahan impian meski secara finansial terbatas. Di sinilah skill Anda dalam mengatur keuangan menjadi esensial. Anda diminta untuk selalu berpikir kreatif serta mewujudkannya dengan anggaran yang sesuai.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]