“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

STYLED SHOOT 101: APA YANG PERLU ANDA KETAHUI SEBELUM MELAKUKANNYA

[[ 1635827400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 5,327 views


Sebagai vendor pernikahan, sangat penting untuk melakukan styled shoot walaupun hanya sesekali. Hal ini bertujuan untuk memamerkan keterampilan Anda serta meningkatkan eksposur karena calon pengantin biasanya melihat hasil pemotretan tersebut sebagai perwakilan identitas Anda dan sekaligus dapat menentukan tema pernikahan mereka. Pelaksanaan styled shoot sendiri sudah menjadi praktik umum di kalangan profesional kreatif, namun jika Anda belum pernah melakukannya, mari cari tahu mengapa Anda harus segera menambahkan aktivitas ini ke to-do-list Anda berikutnya!

Apa itu styled shoot?

Dalam styled shoot, vendor pernikahan berkumpul dan berkolaborasi untuk membuat sebuah pemotretan bersama. Ide dan tema dapat disiapkan terlebih dahulu oleh penyelenggara / inisiator utama atau didiskusikan bersama oleh semua vendor yang berpartisipasi. Hasilnya adalah pemotretan tematik untuk menetapkan tren baru dalam industri pernikahan.

Mengapa melakukan styled shoot?

Ini adalah kesempatan besar bagi vendor pernikahan untuk berkumpul dan mengeksplorasi kemungkinan kreatif baru. Ini juga merupakan kesempatan untuk bertukar pengetahuan, bersosialisasi, dan mengupayakan branding Anda. Mari kita lihat beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dari melakukan styled shoot:

  • Mewujudkan Imajinasi Anda
    Styled shoot memberi Anda kebebasan tertentu yang berbeda dari pemotretan pernikahan sungguhan - yang pertama memungkinkan Anda menjelajahi gaya baru, sementara yang terakhir mungkin agak membatasi kreativitas Anda. Dengan begitu, akan ada variasi pada portofolio Anda yang menekankan keahlian Anda, dan bahkan dapat membantu calon klien menentukan apa yang mereka inginkan untuk pernikahan mereka.
  • Membangun Hubungan dengan Vendor Lain
    Melakukan pemotretan seperti ini mungkin terasa seperti menghadiri lokakarya. Anda dapat mencoba hal-hal baru secara langsung dengan arahan dari para profesional dan bertukar pengetahuan dalam waktu singkat.
  • Meningkatkan Eksposur Brand Anda
    Banyak vendor melakukan styled shoot dengan tujuan publikasi agar meningkatkan eksposur dan memperkuat merek mereka. Jika ini yang Anda tuju, pastikan pemotretan Anda mengikuti kebijakan blog atau majalah pernikahan yang ingin Anda tampilkan untuk memudahkan proses pengajuan.

Bagaimana Cara Memulai Styled Shoot?

Kedengarannya cukup menarik untuk melakukan styled shoot, bukan? Jika Anda memutuskan untuk mencobanya, berikut adalah tiga langkah untuk membantu Anda memulainya dengan benar:

  1. Tentukan Konsep dan Ide
    Tentukan tema yang ingin Anda lakukan. Anda dapat menekankan ciri khas brand atau membuat ide baru untuk menetapkan tren di industri pernikahan (misalnya, gaya baru seiring perubahan musim). Sebaiknya Anda membuat papan inspirasi sehingga Anda dapat melihat gambaran yang lebih besar akan proyek tersebut.
  2. Bentuk Tim
    Setelah Anda menentukan ide, saatnya untuk menemukan pasukan Anda! Ketika ingin mendekati vendor lain, carilah vendor yang estetikanya sesuai dengan ide tersebut dan memiliki pemahaman yang sama dengan Anda. Jika menurut Anda vendor tidak dapat bekerja sama atau tidak memiliki visi yang sama dengan Anda, lebih baik mundur dan mencari kandidat berikutnya.
  3. Eksekusi
    Setelah tema dan tim Anda siap, lakukan brainstorming sekali lagi untuk memastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama. Gunakan papan inspirasi yang telah Anda siapkan dan tambahkan lebih banyak detail namun seperlunya. Ini adalah tahap penting karena, setiap orang seharusnya tahu apa yang menjadi tanggung jawab satu sama lain dan mencegah kesalahan ketika mengeksekusi gaya yang diminati.

Mengapa Vendor Menolak untuk Melakukan Styled Shoot?

Memang benar, meskipun ada kesempatan, tidak semua orang akan langsung setuju untuk melakukan styled shoot. Berikut adalah beberapa alasan mengapa beberapa vendor menolak bergabung dengan Anda:

  • Budget
    Tidak seperti saat Anda melakukan pernikahan sungguhan, merencanakan dan melaksanakan styled shoot membutuhkan uang yang keluar dari kantong Anda sendiri alih-alih dibayar untuk melakukan pekerjaan itu. Karena alasan ini, beberapa vendor mungkin pada awalnya enggan menerima tawaran untuk melakukannya. Hal ini dapat dimengerti karena setiap styled shoot memiliki tingkat komitmen finansial yang berbeda-beda.
  • Ekspektasi vs Realita
    Terkadang, hasil yang keluar pada akhirnya berbeda dari harapan Anda. Anda mungkin telah merencanakan pemotretan bertema pedesaan tetapi berakhir dengan sesuatu yang terlihat lebih ramah lingkungan. Hasil seperti itu dapat terjadi karena Anda terlalu sibuk dengan detail kecil dan melupakan papan inspirasi yang memandu Anda selama proses penataan. Oleh karena itu, kami ingin menekankan lagi pentingnya kekompakan tim dengan pemahaman yang sama dan merujuk pada papan inspirasi yang sama.
    Karena styled shoot dilakukan sebagai upaya kolektif, hasil akhirnya dapat diadopsi oleh calon pengantin jika mereka menginginkannya. Dengan nama Anda dikreditkan sebagai salah satu vendor yang berkontribusi, ada kemungkinan mereka akan melihat bisnis Anda dan mengirimkan pertanyaan jika foto tersebut sesuai dengan keinginan mereka. Tetap positif meskipun tidak segera membuahkan hasil – setidaknya Anda sudah memulai dengan baik.

Jadi, tema apa yang ingin Anda lakukan untuk styled shoot Anda? Jika Anda pernah melakukan styled shoot sebelumnya, jangan ragu untuk membagikan pengalaman Anda juga!

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]