“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Tips Membangun Koneksi sebagai Wedding Planner atau Stylist!

[[ 1679360400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,678 views

Sebagai "pemain" baru di bisnis pernikahan, yang harus Anda pahami adalah suplier lokal merupakan rahasia kekuatan Anda. Para supplier lokal inilah yang akan menyediakan seluruh material untuk mewujudkan pernikahan impian klien, mulai dari bunga, katering, suvenir, bahkan sampai musik. Artinya sangat penting Anda sebagai wedding planner atau wedding stylist, memiliki koneksi yang kuat dengan para supplier lokal. Bonusnya Anda tidak hanya membuat para klien bahagia karena pernikahan impiannya terwujud tapi juga membuat bisnis Anda punya kesempatan untuk berjalan dalam jangka waktu yang lama.


Lantas pertanyaan baru pun muncul. Lalu bagaimana caranya menciptakan koneksi yang bagus dengan supplier lokal meskipun Anda terbilang baru memasuki bisnis pernikahan? Simak beberapa tips dan trik berikut ini!

  1. Menjadi Vendor Partisipan di Bridestory Market!
    Bridestory Market adalah pameran terbesar di Indonesia. Ini artinya seluruh supplier lokal berkualitas akan ada di sini. Mengapa? Karena Bridestory mengkurasi semua pelaku bisnis pernikahan yang profesional serta berkualitas. Jadi dengan Anda menghadiri Bridestory Market maka Anda bisa mendapatkan beragam informasi dan inspirasi terkait tren terkini. Lalu sebagai langkah awal dalam membangun jejaring, Anda bisa saling bertukar kartu nama dengan para supplier lokal yang ada. Dengan mulai berjejaring, Anda sebenarnya sudah memberikan kesempatan bagi bisnis yang baru dirintis untuk berkembang.
  2. Ciptakan Jejaring Referensi
    Setelah Anda mulai berjejaring maka eksistensi sebagai wedding planner atau wedding stylist akan mulai diketahui sesama pelaku di bisnis pernikahan. Yang juga menarik tentang bisnis ini adalah sering kali perputaran bisnisnya sangat tergantung pada rekomendasi, baik rekomendasi dari sesama vendor atau rekomendasi dari klien yang pernah memakai jasa Anda. Ketika Anda mulai bekerja sama dengan vendor atau supplier tertentu maka sebenarnya Anda sudah menciptakan "rekam jejak" referensi. Jadi selalu bekerja secara profesional karena itu akan mendatangkan referensi yang baik di masa depan.



  3. Bergabung dengan Komunitas Online
    Cara lain yang juga efektif dalam membangun jejaring adalah dengan bergabung pada komunitas pelaku bisnis pernikahan. Manfaatkan media sosial bisnis Anda untuk saling terhubung dengan pelaku bisnis pernikahan lainnya.
  4. Menghadiri Open House yang Diadakan oleh Vendor Lokal
    Vendor lokal yang profesional sering kali menggelar open house mengundang pekerja profesional lainnya untuk melihat hasil karya mereka. Hadiri open house atau acara sejenis ini untuk bisa "menyeleksi" vendor berkualitas secara langsung. Bonusnya Anda bisa mendapat ilmu baru terkait apa yang sekarang sedang digemari di bisnis pernikahan.
  5. Mengapresiasi Vendor Lain
    Dalam industri jasa atau service, gesture untuk saling mengapresiasi adalah hal penting yang sering kali tidak disadari untuk dilakukan. Dengan mengirimkan ucapan terima kasih via email atau mengirimkan hadiah kecil atas kontribusi vendor dalam menciptakan pernikahan impian klien, akan membuat suplier merasa dihargai. Alhasil mereka akan membalasnya dengan memberikan yang terbaik setiap kali menggarap proyek bersama. Dari sinilah image Anda sebagai wedding planner dan wedding stylist berkualitas akan tercipta, tidak hanya di klien tapi juga di mata para vendor lokal.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]