“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Tips Membuat Deskripsi Produk yang Menarik untuk Menggaet Calon Klien

[[ 1633312800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 161 views

Salah satu cara menaikkan impressions sekaligus angka penjualan dari produk atau jasa yang ditawarkan adalah dengan memberikan informasi sedetail mungkin kepada konsumen. Sayangnya, tidak sedikit pula vendor pernikahan yang justru masih mengabaikan efektivitas dari kolom deskripsi. Pelajari lebih lanjut tentang betapa pentingnya deskripsi produk serta tips untuk memaksimalkan fitur yang satu ini.


APA YANG MEMBUAT DESKRIPSI PRODUK MENJADI PENTING?

Deskripsi produk sangatlah penting untuk menarik minat calon pembeli. Ketika mereka memutuskan untuk melihat produk Anda, salah satu bagian yang menjadi pertimbangan mereka untuk menghubungi Anda lebih lanjut adalah kelengkapan deskripsi produk. Umumnya, calon pengantin telah memiliki daftar preferensinya masing-masing untuk memutuskan kriteria produk seperti apa yang tengah mereka cari. Jadi, pastikan untuk dapat menjawab kebutuhan mereka dengan melengkapi kolom deskripsi, mengingat produk yang tidak memiliki keterangan secara detail dapat berpotensi ditinggalkan oleh klien potensial.

Selain dapat membantu pelanggan untuk mengenali produk Anda, banyaknya detail yang dicantumkan juga akan mendorong Google Search Engine untuk mengetahui isi di dalam sebuah situs. Semakin baik deskripsi yang dibuat, maka semakin banyak pula keywords yang bisa dideteksi oleh Google untuk mengantarkan website Anda menuju rank pencarian teratas SEO. Tidak hanya itu saja, sistem periklanan Google Ads juga dapat membantu meningkatkan traffic ke situs melalui tampilan tertinggi dalam jangka waktu yang lama. Maka, tak heran bila produk dengan informasi yang melimpah juga berpotensi meningkatkan kepercayaan konsumen.

CARA MEMBUAT DESKRIPSI PRODUK

1. Tuliskan deskripsi produk secara lengkap

Isi dalam kolom deskripsi bukan hanya soal keunggulan semata, melainkan mencakup seluruh informasi yang dibutuhkan oleh calon konsumen. Jika masih merasa kesulitan, pikirkan tentang pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan oleh mereka. Bagian-bagian penting dari deskripsi produk meliputi:

  • Detail harga
  • Deskripsi singkat vendor atau produk
  • Paket terperinci atau varian produk
  • FAQ
  • Kontak yang dapat dihubungi
  • Syarat dan ketentuan untuk pembayaran
  • Lampiran file PDF (opsional)

Jika memungkinkan, Anda dapat menuliskannya ke dalam Bahasa Indonesia untuk mempermudah audiensi dalam menyerap informasi. Sesuaikan juga isi deskripsi untuk setiap produk yang ditawarkan.

2. Pergunakan bahasa yang mudah dimengerti

Lihat kembali bagaimana cara Anda menuliskan deskripsi. Apakah pilihan kata yang Anda gunakan telah terstruktur dengan baik? Ingatlah bahwa cara Anda menyampaikan produk yang dijual dapat memengaruhi persona dari brand Anda. Hindari paragraf yang terlampau panjang dan terkesan bertele-tele. Untuk memudahkan pelanggan dalam membacanya, pisahkan ke dalam beberapa bullet points. Lakukan metode ini untuk menyoroti beberapa fitur penting yang terdapat pada produk Anda, mengingat mayoritas konsumen biasanya memilih untuk langsung mencari daftar benefit dari sebuah produk.

3. Fokus pada keunggulan produk

Apa yang membuat produk Anda lebih unggul dari kompetitor? Cobalah untuk memosisikan diri sebagai calon pengantin. Kira-kira, produk seperti apakah yang tengah mereka butuhkan? Pikirkan tentang benefit yang dapat menguntungkan konsumen serta mendorong mereka untuk segera menghubungi Anda lebih lanjut. Produk yang mempunyai banyak manfaat tentunya memiliki mutu tersendiri. Jadi, tonjolkan seluruh keistimewaan dari produk Anda dengan beragam servis terbaik yang Anda miliki.

CONTOH DESKRIPSI PRODUK YANG BAIK


Deskripsi produk dengan kategori baik umumnya selalu mencantumkan bagian-bagian penting pada produk mereka secara jelas dan lengkap. Sehingga calon pengantin bisa mengantongi gambaran besar tentang sebuah produk. Berikut beberapa contoh deskripsi produk yang dapat menjadi referensi Anda.

VENDOR A:

Paket Pernikahan All-In New Normal

Harga: IDR 115.000.000

Kapasitas: 120 Pax

DETAIL:

  • 120 pax - IDR 115 million
  • 240 pax - IDR 165 million
  • 400 pax - IDR 245 million

Ayo persiapkan hari bahagiamu dengan pernikahan ala-ala new normal yang super aman!

Kami menyediakan layanan All-in / paket pernikahan lengkap yang sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan untuk hari bahagia kalian dengan harga yang sangat terjangkau (ada garansi harga terbaik loh, atau selisih harga kembali).

Vendor-vendor yang tergabung dalam paket All-in kami adalah vendor berpengalaman di bidangnya dan sudah terjamin kualitasnya lebih dari 10 tahun bergerak di industri ini. Paket ini sudah mencakup:

  1. Venue
  2. Food & Beverages
  3. Dress, Suits & Makeup
  4. Photo & Video (inc. prewedding)
  5. Wedding Organizer
  6. Entertainment
  7. Wedding Car
  8. Wedding Cake
  9. Hand Bouquet, dll

Silakan kontak kami jika ingin melihat list lengkap dari venue kami atau mungkin buat kamu yang sudah ada venue, kami juga menyediakan paket Bridal yang harganya terjangkau dan lengkap banget, jadi apa yang harus dibingungkan? Silakan kontak via Whatsapp: +628**********, IG: @al*****, website: al******

VENDOR B

Spesial Promo! Mug NK Nolimit

Harga: IDR 21.500

Minimum pemesanan: 200 Pcs

DETAIL:
Intimate Wedding menjadi pilihan saat menghadapi situasi pandemi, tentunya kami memberikan solusi souvenir pernikahan yang tidak terlalu mengundang tamu banyak. Ada Mug NK Nolimit yang bisa dipesan mulai dari quantity 200pcs dengan desain yang bisa dikreasikan membuat mug kamu terlihat semakin cantik. Oh ya, mug ini menggunakan sablon decal bakar sehingga sablon lebih awet dan tahan lama loh. Yuk, buruan di pesan.

Spesifikasi Produk:

  • Stoneware
  • Microwave Safe
  • Dishwasher Safe
  • Freezer Safe
  • Sablon Decal

Include:

  • Free Inner Box Satuan
  • Free Design by Template
  • Free Ongkos Kirim untuk wilayah Jakarta *syarat dan ketentuan berlaku untuk free ongkos kirim, mohon hubungi kami dahulu sebelum order.

CONTOH DESKRIPSI PRODUK YANG KURANG BAIK


Deskripsi produk yang kurang baik umumnya tidak terdapat detail lebih rinci mengenai paket atau produk yang ditawarkan. Jumlah kalimatnya pun hanya tercantum mulai dari satu hingga dua kalimat saja. Bahkan, kolom syarat dan ketentuan yang tersedia juga kerap diabaikan. Berikut contoh deskripsi produk yang masuk ke dalam kategori kurang baik.

VENDOR A

Embroidery Cheongsam - Custom Rent

Harga: IDR 10.000.000

Detail:

  • Custom Rent Embroidery Cheongsam
  • Beads include
  • PO minimal 120 days

VENDOR B

Prewedding Photoshoot

Harga: IDR 200.000

Detail:
Paket prewedding istimewa khusus untuk calon pengantin yang ingin dokumentasi dengan hasil maksimal dan indah.

Itulah beberapa contoh deskripsi produk yang dapat menjadi referensi Anda dalam menulis. Yakinkan calon pengantin untuk memilih produk Anda dengan deskripsi yang informatif.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]