“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

Tips Menentukan Desain Logo Brand untuk Bisnis Pernikahan Anda

[[ 1621908000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 126 views

Logo merupakan sebuah lambang dari kombinasi teks dan desain untuk mengidentifikasi perusahaan, organisasi, atau produk. Logo brand menjadi salah satu komponen yang penting dalam sebuah bisnis karena memiliki kesan yang kuat serta mudah diingat. Disajikan dalam bentuk gambaran visual, sebuah logo harus dapat mewakili visi dan misi suatu perusahaan demi terciptanya identitas merek yang potensial. Selain menjadi wajah bagi brand , logo juga berfungsi sebagai pemberi pesan kepada pelanggan yang sifatnya simbolis. Inilah mengapa logo perusahaan dapat memperkuat hubungan antara brand dengan konsumen.

Perancangan logo yang baik akan menunjukkan nilai yang tak terkira. Oleh sebab itu, proses membuat logo umumnya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tahap brainstorming dalam penentuan bentuk dan warna, serta penyatuan identitas perusahaan menjadi proses tersulit dalam penyelesaian sebuah logo. Agar lebih mudah dikenali oleh pelanggan, tentunya tampilan logo yang dibuat harus terlihat sederhana dengan tetap menerapkan elemen visual yang estetis, mengingat logo perusahaan akan menjadi first impression di mata audiens. Akan menarik publik atau tidak, semuanya tergantung dari bagaimana cara Anda merepresentasikan bisnis ke dalam segi visual.

Tips menentukan desain logo brand


Tidak hanya soal font dan gambar, desain logo juga sangat erat kaitannya dengan perpaduan palet warna. Pemilihan warna yang tepat akan menghasilkan estetika visual terbaik sekaligus membuat bisnis Anda lebih unggul dari kompetitor. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam pemilihan warna logo bisnis.

1. Temukan karakteristik brand Anda

Pahami lebih dulu seperti apa identitas brand dari bisnis Anda untuk kemudian dituangkan melalui warna. Cara ini akan memudahkan Anda untuk menentukan warna logo mana yang cocok dengan karakteristik dan target audiens. Untuk tahap pertama, carilah beberapa kata sifat yang paling menggambarkan bisnis Anda. Apakah itu klasik, modern,eksklusif, kasual, unik, atau terpercaya? Jika bisnis Anda telah berjalan sejak lama, buatlah sebuah survei pelanggan dan biarkan mereka ikut berkontribusi dalam bentuk opini-opini menarik.

2. Satukan beberapa palet warna

Tidak perlu ragu untuk menggabungkan komposisi warna sebab ada banyak sekali pilihan palet yang bisa Anda gunakan sesuai dengan identitas brand Anda. Mulailah dengan variasi 2-3 palet berbeda. Beberapa brand ternama bahkan berani menggunakan warna-warna kontras agar terlihat menonjol dari kompetitor dengan nilai keunikannya, seperti warna logo Google, ebay, Slack, Pizza Hut, Burger King, dan 7 Eleven.

3. Visual sederhana akan lebih baik

Jika kombinasi dari beberapa palet warna tidak cocok dengan brand image Anda, maka pemilihan satu warna sudahlah cukup. Sekarang, saatnya bekerja lebih keras agar warna tersebut terlihat lebih hidup dengan aplikasi font atau ilustrasi yang orisinil. Keunggulan dari pemakaian satu warna adalah logo Anda akan terlihat lebih menarik saat disisipkan pada barang-barang yang berukuran kecil, seperti kartu nama atau suvenir. Logo merek yang sederhana umumnya akan bertahan lama dan lebih mudah diingat oleh para audiens.

Panduan memilih warna logo brand

Sudah melakukan identifikasi mengenai identitas merek Anda? Selanjutnya adalah menentukan satu warna yang paling sesuai dengan ciri-ciri tersebut. Lewat peran besar psikologi warna, para pebisnis dapat mengetahui makna dari warna yang mencerminkan model bisnis mereka. Hal ini dibuktikan dengan beberapa sektor usaha yang kerap menggunakan warna yang sama sebagai dasar atas identitas model bisnis mereka, seperti logo bisnis finansial yang cenderung berwarna biru. Psikologi warna dapat membantu Anda untuk memahami lebih lanjut arti dari masing-masing warna umum. Berikut rangkumannya.

1. Merah (berkuasa, energi, cinta, gairah, kuat)

Warna merah memiliki kecenderungan emosi yang kuat dan mampu menonjol dari keramaian. Penggunaan rona merah ini biasanya identik dengan industri F&B, teknologi, dan transportasi.

2. Kuning (percaya diri, riang, kreatif, ceria, ramah)

Palet berwarna kuning melambangkan keceriaan dan rasa optimis, serta cocok untuk bisnis hiburan, kebutuhan anak, dan F&B. Merek Anda akan lebih mudah menjangkau target pasar dari golongan Gen Z dengan rona cerah.

3. Biru (percaya, stabil, perlindungan, setia, kompeten)

Biru mengandung arti ketenangan, stabilitas, dan rasa percaya. Itulah mengapa palet berwarna biru sangat populer serta cenderung digunakan oleh banyak perusahaan teknologi dan keuangan.

4. Hijau (kesehatan, segar, alam, kesejahteraan, pertumbuhan)

Kesegaran warna hijau sangat erat kaitannya dengan tumbuhan, alam, dan kesehatan. Umumnya, hijau digunakan untuk menyiratkan perusahaan yang ramah lingkungan. Cocok untuk industri properti, finansial, dan bahan organik.

5. Ungu (ambisi, otoritas, canggih, misteri)

Warna ungu memberi makna kemewahan, kesuksesan, dan ambisi. Rona modern ini juga menyiratkan kesan magis dan feminin. Ungu kerap diaplikasikan dalam logo industri brand kecantikan, barang mewah, dan teknologi.

6. Cokelat (hangat, membumi)

Palet berwarna cokelat melambangkan kesan natural, sederhana, dan tak lekang oleh waktu, serta cocok untuk industri fashion dan F&B. Produk Anda akan terlihat mudah menyatu dalam berbagai situasi dan kondisi dengan penggunaan logo warna cokelat.

7. Hitam (kuasa, elegan, prestise, tak lekang waktu, berharga)

Hitam memiliki citra elegan, kuat, dan eksklusif. Penggunaan warna hitam tentu tidak pernah salah untuk Anda yang ingin menargetkan audiens dengan lebih luas. Industri fashion, teknologi, dan transportasi kerap menggunakan palet ini.

8. Putih (tulus, kesehatan, suci, bersih)

Putih adalah warna murni, bersih, dan segar. Beberapa brand ternama kerap menggabungkannya dengan warna lain karena dianggap sebagai warna yang netral. Putih umumnya populer di industri kesehatan, teknologi, dan mode.

Paket desain logo bisnis pernikahan

Bagi Anda yang sedang mencari tangan-tangan kreatif untuk membuat logo bisnis pernikahan Anda, Bridestory Storyteller menawarkan Social Media Creative Package yang dapat membantu Anda dalam menciptakan logo menarik hingga merancang tampilan Instagram bisnis secara eksklusif sesuai keinginan Anda. Tertarik? Segera hubungi support@bridestory.com untuk bertanya lebih lanjut. Kenali tentang lingkup servis Storyteller di artikel ini.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]