“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Tips Menentukan Lagu Pernikahan Klien

[[ 1616464800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 310 views


Hanny N Co Orchestra

Selebrasi pernikahan selalu identik dengan iringan musik yang bertujuan untuk menciptakan suasana dan membangun emosi di hadapan para tamu undangan. Pemilihan lagu yang tepat merupakan sebuah kunci untuk keberhasilan acara. Tidak jarang calon pengantin dilanda kebingungan dalam menentukan lagu pernikahan mereka sehingga membuat anggota wedding band atau wedding singer, bahkan pihak wedding organizer, harus turut andil dalam proses pemilihan lagu yang tepat di hari bahagianya. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi yang tepat guna menentukan lagu-lagu terbaik.

Umumnya, ada tiga momen penting yang memerlukan alunan lagu dalam sebuah pesta pernikahan, yaitu wedding march, father-daughter dance, serta first dance. Ketiganya tentu memiliki karakteristik dan juga atmosfer yang berbeda-beda.

Wedding March

Wedding march merupakan musik yang dimainkan sebelum, selama, atau setelah upacara pernikahan berlangsung. Ini dapat menjadi pertanda untuk setiap tahapan upacara, mulai dari prosesi masuknya pengantin sampai kemeriahan resepsi. Musik instrumental dengan tempo lambat biasanya dijadikan pilihan untuk mengiringi pasangan pengantin berjalan menuju pelaminan. Berikut beberapa pertanyaan yang akan menuntun Anda untuk menemukan musik yang tepat pada momen sakral ini:

1. Jenis musik seperti apa yang mereka sukai dan tidak disukai?
2. Apa saja variasi musik yang ingin ditawarkan?
3. Di manakah lokasi pernikahan mereka?
4. Bagaimana tema pernikahan mereka? Seperti apa tone yang dihadirkan di dalamnya?
5. Adakah permintaan tertentu dari klien Anda ataupun keluarga dari kedua mempelai?

Berikut beberapa rekomendasi musik instrumen yang bisa dipertimbangkan.


Father-Daughter Dance

Ini adalah sebuah momen di mana seorang ayah dan putri tercintanya akan mendedikasikan tarian terakhir sebelum akhirnya memberikan sang anak kepada suaminya. Biasanya, father-daughter dance akan disuguhkan lebih dulu sebelum first dance. Tarian ini merupakan sebuah apresiasi secara simbolis dari pengantin wanita untuk mengenang kehidupan lamanya selama berada di bawah asuhan sang ayah. Untuk itu, perlu perhatian khusus dalam pemilihan lagu yang tepat agar klien Anda dapat menjadi pusat perhatian di momen ini. Berikut pertanyaan yang wajib Anda ajukan kepada klien:

1. Apa saja lagu yang mereka suka nyanyikan saat bersama?
2. Nasihat apa yang selalu diberikan sang ayah kepadanya? Apa kegiatan yang selalu mereka lakukan bersama? Bagaimana dengan hal yang sering mereka bagikan? (Pilihlah lagu yang memiliki makna tentang itu)
3. Bagaimana karakter klien dan sang ayah? Apakah mereka punya hubungan yang sangat dekat? (Jika iya, maka sesuatu yang manis dan sentimental patut dipertimbangkan). Atau, apakah mereka berdua sangat suka melontarkan candaan? (Jika iya, pilihlah musik yang ringan dan tidak terduga).
4. Apakah mereka merasa nyaman dengan tarian salsa bertempo cepat? Atau, justru lebih menyukai pelukan hangat dengan sedikit iringan musik?
5. Apakah klien ingin membuat semua orang terharu atau tertawa terbahak-bahak?

Jika butuh inspirasi soal lagu yang cocok untuk father-daughter dance, cek daftar lagu ini.


First Dance

Momen first dance menjadi dansa spesial yang dipersembahkan oleh kedua mempelai untuk para tamu undangan. Beberapa lagu first dance biasanya memiliki arti tersendiri bagi klien Anda, entah itu lagu favorit yang sering mereka mainkan ataupun lagu yang dapat bercerita tentang kisah mereka. Sebagian besar pasangan akan menyuguhkan tarian first dance setelah jamuan makan malam selesai, namun ada juga yang lebih memilih untuk langsung menuju lantai dansa pada awal resepsi (grand entrance). Lalu, bagaimana cara menentukan lagu yang tepat agar seluruh perhatian tamu undangan tertuju kepada klien Anda? Berikut beberapa pertanyaan yang perlu diajukan kepada klien Anda:

1. Apakah tema lagu yang diinginkan?
2. Seperti apa perjalanan asmara mereka? Adakah momen-momen penting yang telah memberikan pengaruh besar dalam kisah mereka? (Temukan lirik yang dapat menceritakan kisah cinta keduanya)
3. Adakah lagu favorit yang sering dinyanyikan bersam, entah itu saat di dalam mobil atau ketika sedang memasak bersama?
4. Bagaimana dengan konser yang sering dihadiri oleh mereka? Siapakah musisi favoritnya?
5. Apakah mereka lebih nyaman dengan lagu-lagu klasik atau kontemporer?
6. Apakah ini tarian yang serius atau tarian yang lebih menyenangkan?
7. Tempo lagu seperti apa yang mereka inginkan? Apakah lagu dengan irama yang cepat atau lambat?
8. Adakah lagu yang memiliki arti penting bagi mereka berdua?

Berikut deretan lagu romantis terpopuler untuk pernikahan yang bisa Anda ajukan kepada klien.


Tips Menentukan Lagu Pernikahan Dengan Klien

Berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika berdiskusi dengan klien soal lagu-lagu yang akan diputar di hari pernikahan.

  • Perhatikan lokasi yang digunakan

Jika klien Anda mengadakan pernikahan di sebuah rumah ibadah, hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda memilih lagu adalah berbicara dengan pihak venue untuk mengetahui apakah ada batasan tertentu soal lagu yang boleh dibawakan. Beberapa lokasi yang lebih konservatif biasanya telah memiliki daftar lagu khusus untuk Anda pilih, sementara di lokasi lainnya mungkin diperbolehkan selama lirik yang ada di dalam lagu tidak mengandung kata-kata terlarang. Perhatikan selalu peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak venue.

  • Siapkan pertanyaan untuk klien Anda

Beberapa pertanyaan yang sedikit privasi dapat membantu Anda untuk mengetahui selera lagu pernikahan klien. Anda dapat memulainya dengan menanyakan lagu favorit mereka, serta alasan mengapa mereka menyukai lagu tersebut. Lalu, mintalah klien Anda untuk menceritakan sedikit bagaimana karakter mereka dan seperti apa perjalanan cinta keduanya. Tentu jawaban dari klien Anda dapat menjadi pedoman yang kuat untuk menentukan lagu mana yang cocok dibawakan di hari bahagia mereka.

  • Pilih tema yang tepat untuk kombinasi lagu

Sebelum menentukan lagu yang akan dimainkan, pilihlah sebuah tema untuk mewakili aliran utama. Tema ini dapat ditemukan dari genre, makna, tempo, atau era yang sama. Penentuan tema penting dilakukan untuk membuatnya lebih senada. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan konsep selebrasi klien Anda. Walaupun musik yang disajikan tidak harus sesuai dengan konsep pernikahan, tetapi ini adalah cara yang aman agar membuatnya tampak serasi.

  • Kumpulkan semua inspirasi

Temukan inspirasi musik sebanyak mungkin dari berbagai sumber, seperti menonton video-video pernikahan di kanal YouTube atau mencari beberapa playlist lagu bertema cinta di playlist Bridestory di Spotify. Berikan rekomendasi kepada klien Anda untuk membubuhkan sedikit variasi dari genre dan era musik yang berbeda di hari bahagia mereka. Hal ini dilakukan agar para tamu dari berbagai generasi dapat menikmati alunan musik yang disajikan.

Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, lebih Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan inspirasi dalam menentukan lagu pernikahan klien. Selamat mencoba.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]