“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Tips Mengatasi Stres yang Kerap Dialami oleh Vendor Pernikahan

[[ 1649642400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 276 views

Sebagai vendor pernikahan, pasti banyak hari-hari penuh tekanan di mana Anda harus memberikan performa terbaik. Banyak hal yang harus Anda lakukan dan kadar fokus harus tinggi untuk memastikan pernikahan dapat berjalan tanpa cela. Apalagi dengan banyaknya perubahan dan limitasi di tengah pandemi, Anda harus memiliki agility untuk dapat tetap "waras" di tengah segalanya. Untuk terhindar dari burn out, cobalah beberapa aktivitas ini agar Anda dapat melepas stress dan menjadi lebih refreshed dan termotivasi.


Rehat Sejenak

Berikan otak dan mata Anda istirahat yang cukup. Membalas email atau chat dari klien dan calon klien, meeting via zoom atau melakukan pekerjaan apapun di tengah stressnya Anda akan membuat diri tidak menjadi lebih produktif. Karena itu, ambillah satu hari untuk beristirahat sejenak. Tak perlu cek email atau Whatsapp Anda di hari itu, dan bersantailah tanpa memikirkan pekerjaan agar esok hari Anda dapat kembali bekerja dengan penuh semangat.

Sebaiknya: Menonton film favorit Anda di Netflix, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, membaca buku.

Temukan hobi dan kesenangan lain

Walaupun Anda sangat mencintai dunia pernikahan, bukan berarti hanya boleh segala sesuatu tentang pernikahan yang ada di benak Anda. Carilah hobi lain yang dapat membuat Anda mencoba suasana baru. Dengan memiliki hobi lain, Anda pun jadi bisa memiliki cinta yang sama pada dunia pernikahan setelah bertemu dengan berbagai calon pengantin dengan keinginan yang mirip walaupun berbeda.

Sebaiknya: Mengikuti kelas kursus atau kelas olahraga

Rencanakan Liburan Singkat

Liburan singkat dapat menghilangkan stres berlebih. Karena akhir pekan biasanya adalah waktu paling sibuk untuk bisnis pernikahan, gunakan hari kerja untuk pergi melakukan staycation singkat. Tak perlu terlalu terencana, pilih tempat yang nyaman dan rencanakan hal-hal lainnya sembari berjalan.

Sebaiknya: Menginap di villa dengan pemandangan yang menenangkan, mendaki gunung, atau mencari suasana berbeda dari biasanya.


Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kadar stres berlebih:

  • Lakukan pekerjaan dengan sistematis: Kerjakan tugas Anda satu per satu. Seringkali kita terlalu buru-buru dan ingin dengan cepat menyelesaikan semuanya dan sudah terlalu jauh memikirkan pekerjaan yang masih nanti. Namun melakukan ini justru akan membuat Anda panik dan lebih stress.
  • Latihan pernapasans: Terkadang menarik nafas panjang bisa sangat membantu meredakan stress. Tariklah nafas panjang dan berikan oksigen ke otak untuk mengurangi tekanan dan stress dalam tubuh.
  • Regangkan badan atau lakukan pijatan ringan: Lakukan peregangan singkat dan pijat perlahan area yang terasa kaku agar tubuh Anda menjadi lebih rileks.
  • Cari tempat bekerja yang tenang: Pindah dari meja kerja Anda dan carilah tempat di mana Anda dapat bekerja sendiri tanpa gangguan. Bising dan interupsi yang terus menerus dapat membuat Anda menjadi tidak produktif dan justru menambah stres karena pekerjaan selesai lebih lama.
  • Hentikan segala pekerjaan selama beberapa saat: Beristirahat sejenak dan jangan lakukan apapun selama beberapa menit untuk mengosongkan pikiran Anda. Dengarkan musik yang menenangkan dan bernapas ringan sebelum kembali bekerja.


Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]