“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

Tips Menjadi MC Pernikahan Profesional

[[ 1625450400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 313 views

Sebuah acara pernikahan, baik yang digelar intimate maupun dalam skala besar, umumnya masih memerlukan jasa dari seorang host atau pemandu acara profesional. Hal ini dikarenakan semata-mata agar acara yang diselenggarakan dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Menggeluti profesi sebagai seorang pembawa acara tentu bukanlah perkara mudah. Mereka harus selalu memastikan agar para tamu yang hadir dapat menikmati keseluruhan rangkaian acara. Inilah mengapa seorang MC pernikahan biasanya telah memiliki sepak terjang yang tinggi dengan kemampuan public speaking yang mumpuni.


Bagaimana dengan pengalaman Anda sebagai seorang MC profesional? Ketika Anda diharuskan untuk berdiri di hadapan banyak orang, tentu semua mata akan tertuju kepada Anda. Mereka akan menilai secara penuh bagaimana cara Anda memimpin perhelatan dari awal hingga akhir acara. Lalu, apa saja kiat yang harus dilakukan bagi seorang MC pernikahan agar dapat meninggalkan kesan yang baik di hadapan klien? Berikut kelima panduannya.

1. Jadilah orang yang selalu terorganisir

Pertama-tama, kami menganjurkan kepada Anda untuk dapat melakukan pertemuan dengan klien / calon pengantin terlebih dahulu. Mintalah daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan dan catat semuanya dengan jelas untuk meminimalisir kesalahan yang berpotensi terjadi saat Hari H. Pastikan Anda telah mengantongi seluruh nama dan informasi dengan tepat tanpa ada satu hal yang terlewati. Lalu, pelajari kembali seluruh komponen yang ada agar Anda dapat mengetahui secara persis apa saja yang akan Anda katakan.

2. Cari tahu lebih banyak mengenai detail rangkaian acara

Komunikasi adalah segalanya. Penting bagi Anda untuk selalu menjaga hubungan dengan para vendor demi menghindari adanya miss komunikasi. Gali lebih dalam seluruh rangkaian acara dan pastikan semua orang telah mengetahui apa yang akan terjadi. Anda dapat membuat beberapa isyarat tertentu agar mereka bisa saling menyiapkan diri. Jangan lupa untuk memastikan semuanya berjalan dengan tepat waktu, terutama bagi vendor entertainment dan fotografer. Berikan isyarat kepada mereka agar momen-momen penting dapat terabadikan dengan baik.

3. Attitude adalah nomor satu

Pada saat Hari H, cobalah untuk datang lebih awal ke lokasi acara agar Anda dapat meninggalkan kesan yang profesional di mata klien Anda. Tak ada salahnya untuk memperkenalkan diri kepada orang-orang terkait, seperti deretan vendor yang terlibat, pengiring pengantin, ataupun keluarga besar dari calon pengantin. Ajaklah mereka bersenda gurau untuk mencairkan suasana sebelum akhirnya upacara pernikahan dilaksanakan. Selain itu, pelajari setiap sudut venue yang digunakan sebagai tempat acara agar Anda dapat dimudahkan dalam pengambilan keputusan.

4. Sentuhan emosi menjadi warna dalam sebuah selebrasi

Setelah berusaha mengenal keluarga dan kerabat dekat dari calon pengantin, mintalah kesediaan mereka untuk Anda wawancarai secara singkat, seperti bagaimana awal mereka mengenal pasangan hingga beberapa kenangan manis yang sulit dilupakan. Ingatlah bahwa selebrasi pernikahan adalah momen spesial yang terjadi sekali dalam seumur hidup. Jadi, sedikit permainan emosi akan membuat hari pertautan cinta terasa lebih berkesan.

5. Perhatikan kalimat yang Anda gunakan

Sebagian dari Anda mungkin merasa nyaman dengan lelucon. Namun, untuk merealisasikannya, ketahui lebih dulu seperti apa karakter klien dan audiens Anda sebelum memutuskan untuk melempar beberapa pernyataan lucu. Pastikan juga Anda memiliki selera yang baik dan tidak menyinggung siapa pun, terutama pasangan pengantin. Pilihan kata yang sempurna juga akan mengantarkan Anda kepada nilai kepribadian yang baik, sehingga akan membuat para tamu undangan merasa nyaman.

CONTOH TEKS KALIMAT PEMBUKA ACARA AKAD DAN RESEPSI


Anda dapat mengikuti contoh teks MC pernikahan berikut ini untuk kalimat pembuka resepsi:

  • Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa seluruh tamu undangan telah duduk dan siap untuk mengikuti rangkaian acara. Ini diperlukan untuk menjaga situasi tetap kondusif sebelum akhirnya acara dimulai.

    "Selamat pagi / malam kepada para tamu undangan yang telah hadir! Karena acara inti akan segera dimulai, perkenankan kami meminta semua tamu untuk duduk di tempat yang telah disediakan. Terima kasih."

  • Setelah semuanya siap, Anda diharapkan untuk memperkenalkan diri sekaligus berterima kasih kepada para tamu undangan yang telah hadir. Anda juga bisa menyebutkan beberapa nama keluarga besar dari kedua mempelai untuk menyapa mereka.

    "Malam ini akan menjadi hari yang menggembirakan bagi kita semua! Selamat datang di resepsi pernikahan (nama) dan (nama). Saya (nama pembawa acara) merasa terhormat menjadi pembawa acara Anda untuk malam ini. Atas nama keluarga besar dan kedua mempelai, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk bergabung dengan kami di hari yang berbahagia ini untuk bersama-sama merayakan pesta penyatuan cinta antara (nama) dan (nama)."

  • Umumnya, kedua mempelai telah mempersiapkan sebuah video yang berisi perjalanan hidup mereka dari kecil hingga dewasa atau kisah cinta mereka untuk ditampilkan di layar monitor. Arahkan perhatian tamu undangan untuk bersama-sama menyaksikan tayangan tersebut.

    "Sebelum kita mulai, mari simak terlebih dahulu kisah perjalanan mereka dari kecil dan kenangan indah yang mereka bagikan selama bertahun-tahun."

  • Sambut kedatangan kedua mempelai dengan penuh antusias.

    "Hadirin yang berbahagia, inilah saat yang Anda tunggu-tunggu! Kepada para tamu undangan dimohon untuk berdiri guna menyambut kedatangan pengantin baru kita, (nama) dan (nama)!"

Bagi pembawa acara yang memandu momen akad nikah, berikut contoh script pembuka yang disarankan:

"Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat jasmani dan rohani untuk melangsungkan acara akad nikah dari pasangan (sebutkan nama kedua calon mempelai).

Sholawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan kali ini kita diundang secara istimewa oleh bapak (orang tua/wali) untuk menyaksikan acara akad nikah putra/putri beliau (kedua calon mempelai) sekaligus memberikan doa restu agar mereka kelak dapat mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Agar diberikan kelancaran, marilah kita buka acara ini dengan pembacaan Basmallah. Semoga seluruh rangkaian acara dapat terselenggara tanpa hambatan yang berarti."

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]