“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Bridestory Platform Insider : Events

Tips Menjalankan Persiapan Pernikahan Secara Online Bersama Klien

[[ 1655679600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 118 views

Persiapan pernikahan merupakan hal yang krusial. Di sini Anda dan klien calon pasangan pengantin memerlukan visi-misi yang sama demi mewujudkan pernikahan impian mereka.


Semenjak pandemi terjadi di tahun 2020, pertemuan dengan klien dapat dilakukan secara online agar lebih nyaman dan aman. Belum lagi, jika Anda mendapatkan klien yang super sibuk, maka online meeting menjadi solusinya. Namun, bagaimana agar pertemuan online persiapan pernikahan ini menjadi efektif dan efisien? Simak tipsnya berikut ini!

Venue Pernikahan

Bagi Anda yang merupakan vendor venue pernikahan, Anda perlu mempersiapkan video secara langsung atau rekaman video yang menunjukkan keseluruhan bagian venue, terutama untuk area yang akan digunakan oleh calon pengantin. Anda dapat menunjuk salah satu anggota tim untuk memandu klien Anda melalui ruangan secara virtual dan menjelaskan fungsi ruangan, serta menjawab pertanyaan seputar tempat tersebut. Berikan portfolio Anda sebagai pendukung untuk meyakinkan klien bahwa venue Anda merupakan salah satu venue terbaik untuk menyelenggarakan acara pernikahan.

Wedding Planner & Organizer

Sebagai perencana pernikahan dan yang akan bertugas langsung di hari H pernikahan, Anda adalah vendor yang harus selalu berkomunikasi dengan klien. Penting bagi Anda untuk selalu memberikan update terkini dan langkah apa saja yang perlu dilakukan oleh klien berikutnya.

Anda juga bertanggung jawab untuk menentukan jadwal pertemuan antara klien dengan vendor lainnya. Jika memanfaatkan pertemuan online gunakanlah Google Calendar sebagai pengingat. Siapkan materi terbaru untuk dipresentasikan kepada klien Anda di setiap pertemuan online meeting.

Wedding Stylist

Fokus kerja dari wedding stylist adalah menjaga setiap detail dekorasi, pilihan bunga, busana pengantin, warna busana keluarga, dress code tamu, hingga suvenir. Sebagai vendor yang berperan penting dalam setiap aspek pernikahan klien, Anda bisa menyiapkan gambaran berupa video ilustrasi konsep pernikahan klien Anda yang dapat dipresentasikan pada saat online meeting.

Tampilkan video ilustrasi atau mood board yang sudah sesuai dengan dekorasi atau rancangan busana pengantin yang sudah disiapkan oleh vendor lainnya. Sebagai wedding stylist Anda harus bisa menciptakan keharmonisan dalam sebuah perencanaan pernikahan dan memberikan gambaran yang hampir sempurna untuk pernikahan klien Anda.

Flowers & Wedding Decoration

Bagi Anda vendor yang menyediakan berbagai bunga untuk acara pernikahan, Anda bisa mengajak klien Anda secara virtual untuk mengunjungi tempat penyimpanan bunga yang Anda miliki. Di sana, klien Anda dapat melihat bahwa Anda merupakan vendor terpercaya dan menyediakan beragam bunga yang dapat mempermanis pernikahan dalam berbagai konsep.

Sebagai vendor dekorasi pernikahan, Anda dapat menunjukkan portofolio dan ilustrasi 3D dekorasi Anda yang akan Anda rancang untuk acara akad atau pemberkatan, serta resepsi pernikahan klien Anda. Bahkan, jika Anda sedang memiliki proyek yang sedang berlangsung dan serupa dengan konsep dekorasi pernikahan klien, Anda bisa menunjukkannya secara live melalui online meeting tersebut agar klien Anda melihat cara tim Anda bekerja secara profesional.

Fotografer Pernikahan

Saat melangsungkan pertemuan virtual dengan klien, Anda bisa menunjukkan contoh pemotretan yang sudah pernah Anda lakukan dan sesuai dengan konsep yang diinginkan klien. Meskipun tidak dapat bertemu langsung dan terbatas dalam membangun chemistry, Anda bisa membuat klien merasa nyaman dan mengingatkan bahwa Anda akan membantu mereka melalui proses persiapan pernikahan ini.

Undangan Pernikahan

Sebagian besar vendor undangan pernikahan cenderung memiliki banyak klien dan menghabiskan waktu mereka untuk membuat desain dan mencetak undangan. Solusi terbaiknya agar dapat berdiskusi secara efektif, antara vendor dengan klien dapat melakukan pertemuan secara online. Anda dapat membuat template undangan yang disediakan di website atau dikirimkan melalui email agar calon pengantin dapat memberikan gambaran undangan seperti apa yang mereka inginkan.

Hair & Makeup Artist

Anda mungkin bisa berdiskusi secara virtual terlebih dahulu mengenai konsep riasan dan kondisi wajah calon mempelai. Selama berkonsultasi secara online, Anda bisa menunjukkan karya-karya Anda sebelumnya dan sebuah papan inspirasi agar klien Anda mendapatkan gambaran riasan pernikahan. Kemudian, Anda bisa membuatkan jadwal kunjungan klien ke salon Anda atau Anda dan tim yang berkunjung ke lokasi klien untuk melakukan makeup test.

Kue Pernikahan

Selain membahas konsep kue pernikahan yang diinginkan, Anda juga bisa menunjukkan video pembuatan wedding cake secara live. Mulai dari bahan dasar yang digunakan, kemudian beralih ke kue yang sedang disusun dan didekorasi, hingga pada pengemasan dan pengiriman menuju lokasi pernikahan. Hal ini akan membangun kepercayaan klien Anda atas profesionalisme kerja tim Anda dalam menangani kue pernikahan yang besar dan berbobot cukup berat.

Katering

Sama seperti vendor kue pernikahan, Anda juga bisa memperlihatkan bagaimana proses memasak di katering Anda ini secara langsung dalam pertemuan virtual. Mulai dari pemilihan bahan dasar, kebersihan dapur, kebersihan alat makan, hingga pengemasan makanan yang akan dihidangkan pada tamu undangan.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]