“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Tips untuk Memulai Bisnis sebagai Floral Designer

[[ 1665367200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,628 views

Peran seorang floral designer sedikit berbeda dari toko bunga. Seorang floral designer lebih dari sekadar merangkai bunga. Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam menata bunga potong dan tanaman hijau lainnya agar menciptakan tampilan dekoratif yang indah.


Floral designer akan mengerjakan proyek yang besar, seperti pernikahan atau acara khusus lainnya. Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk menjadi vendor perancang bunga?

Memperoleh pengetahuan dasar atau mengembangkan floristry techniques

Dengan mendapatkan pengetahuan dasar atau teknik-teknik dasar dalam merangkai bunga, hal ini akan memungkinkan Anda dapat membuat rangkaian bunga dan instalasi yang tidak hanya memukau dan sesuai dengan konsep klien, melainkan rangkaian dan instalasi tersebut dapat bertahan lama selama acara berlangsung.

Menemukan vendor yang dapat memenuhi kebutuhan dasar merangkai bunga

Anda dapat menemukan vendor atau pihak yang bisa memenuhi kebutuhan dasar untuk seorang perancang bunga melalui teman, survey ke pasar bunga, media sosial, atau internet. Pastikan Anda dapat memesan bunga dan dedaunan secara grosir, mengetahui sistem pengiriman atau pengambilan bunga dan dedaunan, serta kondisikan bunga siap untuk dirancang.


Beri ciri khas pada rangkaian bunga Anda

Sangat bagus untuk Anda jika terinspirasi dari perancang bunga lainnya, tetapi hal ini sebaiknya digunakan untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi Anda saja. Selami lebih dalam untuk mengetahui apa yang Anda sukai, bunga apa yang paling menarik bagi Anda, warna apa yang Anda sukai, dan apakah Anda lebih menyukai tampilan monokromatik atau dramatis? Lihatlah sekeliling Anda atau pergi ke tempat-tempat tertentu yang bisa membangkitkan imajinasi Anda untuk merangkai sebuah bunga sehingga Anda akan menemukan ciri khas atau jati diri sebagai floral designer yang bisa ditawarkan kepada calon klien.

Belajar fotografi

Belajarlah untuk mengambil foto yang bagus dari pekerjaan Anda. Pelajari teknik menggunakan cahaya alami, menciptakan estetika, dan menangkap desain yang baik dari sebuah lensa kamera. Melalui foto-foto yang Anda tunjukkan di media sosial dan portfolio Anda, maka kemungkinan besar calon klien akan sangat tertarik dengan karya Anda.

Membuat florist website dan media sosial

Ketika Anda memulai sebuah bisnis, buatlah awareness sebanyak-banyaknya melalui website, media sosial, dan iklan sebanyak-banyaknya agar masyarakat dapat melihat brand Anda. Melalui website dan media sosial, Anda dapat menunjukkan secara visual tentang diri Anda, produk yang Anda tawarkan, hingga price list yang akan memudahkan calon pelanggan. Buatlah semenarik mungkin untuk memanjakan mata para audiens.

Selain melalui website dan media sosial, Anda juga dapat bergabung bersama Bridestory yang akan membantu Anda sebagai vendor pernikahan kategori flowers and decoration sehingga mempermudah Anda untuk dipertemukan dengan para calon pengantin yang sedang mencari jasa flower designer atau perancang bunga.


Selain mendapatkan keuntungan dari pekerjaan perancang bunga, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain yang dapat Anda rasakan dalam kehidupan Anda, di antaranya:

  • Anda akan memiliki peluang untuk berwisata atau mengeksplorasi diri ketika sedang mencari inspirasi.
  • Anda akan mendapatkan hubungan yang lebih erat dengan alam dan lingkungan.
  • Anda akan menjadi bagian dari momen bermakna dalam kehidupan klien Anda, serta menunjukkan keindahan kepada orang-orang yang melihat karya Anda.
  • Anda juga akan melakukan pekerjaan kreatif yang dapat menumbuhkan semangat diri.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]