“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Wedding for Beginners: Shot List Untuk Fotografer Pernikahan!

[[ 1638324000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 18k views

Photo by Terralogical

Dalam pernikahan apapun, memiliki shot list bagi seorang fotografer sangatlah penting. Dari momen kebersamaan bersama dengan keluarga hingga momen-momen indah pengantin, memiliki shot list memastikan Anda tidak akan melewatkan momen apapun dalam hati tersebut. Di bawah ini adalah shot list sebagai panduan awal, yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Shot list ini berfokus pada momen-momen pasangan, beberapa adalah pose yang klasik dan beberapa lainnya adalah inspirasi potret yang berbeda dari biasanya. Simak artikel ini untuk melihat daftar lengkapnya!

Momen Persiapan

  • Persiapan: Abadikan momen saat para mempelai mengenakan pakaian mereka, atau bersantai dengan para bridesmaid serta groomsmen. Jangan lupa abadikan juga momen ketika sang pengantin sedang dirias.
  • Sang pengantin: sebelum memulai seluruh rangkaian acara pernikahan, jangan lupa untuk mengabadikan foto individual sang pengantin pria maupun wanita dalam gaun dan jas pengantin mereka!

Photo by Angga Permana Photo (left) & Sally Pinera (right)

  • First look: banyak pasangan melakukan tradisi ini di hari pernikahan. First look adalah, momen ketika sang pengantin pria dan wanita pertama kali bertemu, setelah mengenakan gaun dan jas lengkap. Momen first look seringnya sangat emosional. Pasangan biasanya memiliki reaksi paling natural dan tentunya momen ini tak boleh dilewatkan.
  • Wedding car shot: Sebelum menuju area upacara pernikahan, jangan lupa foto pengantin bersama mobil pengantin atau foto pengantin di mobil!

Photo by Jordan Brittley (left) & Coco Tran (right)

Momen Akad / Upacara Pernikahan

  • Mempelai wanita berjalan ke altar: Satu lagi momen yang dinantikan dalam acara pernikahan, ketika sang mempelai wanita memasuki ruangan dan pengantin pria menunggu di altar. Beberapa pengantin pria akan terlihat sangat emosional, atau tersenyum bahagia dan mempelai wanita tentu sangat berbahagia!

Photo by Archivo

  • Janji nikah / Ijab Kabul: Janji setia yang diucapkan untuk selamanya, momen yang tak boleh dilewatkan dalam pernikahan sang klien!

Photo by Elisa Bricker

  • Pemakaian cincin: Anda dapat mengambil close up pada tangan atau menampilkan pula ekspresi pasangan. Jika keduanya ada, lebih baik lagi!

Photo by Davy Linggar Photography

  • The wedding kiss: Momen paling romantis dan membahagiakan dari seluruh upacara pernikahan, the wedding kiss! Entah romantis atau playful¸ momen ini tentu tidak boleh Anda lewatkan.

Photo by Axioo

  • Catatan sipil: Mungkin tidak seromantis momen upacara pernikahan lainnya, tetapi ini pun merupakan momen yang penting, ketika pernikahan disahkan oleh negara.

Photo by Matt Reed Photography

  • The recessional: Ketika pasangan keluar dari area upacara pernikahan, biasanya para tamu akan membentuk pagar dan mengiringi keluarnya pengantin dengan bunga atau tepuk tangan. Momen ini biasanya sangat meriah, klien Anda pun pasti sangat menyukainya!

Photo by Samie Lee Photography

Momen Resepsi Pernikahan

  • Entrance: Setelah upacara usai, resepsi dimulai. Tanyakan pada sang pasangan apakah mereka memiliki rencana unik untuk prosesi masuk ke area resepsi! Beberapa pasangan senang diiringi pemain musik, penari, kembang api atau flower girls yang cantik!


Photo by Axioo

  • First dance: Walaupun awalnya kurang umum dalam pernikahan di Indonesia, kini kian banyak pengantin yang melakukan father-daughter dance atau first dance pertama sebagai suami istri.

Photo by Lacie Hansen

  • Wedding toast: Satu lagi momen penting, pastikan wedding toast tak Anda lewatkan. Cheers!

Photo by Terralogical

  • Pemotongan kue: Sedikit tradisional, namun tradisi pemotongan kue masih banyak dipakai dalam pernikahan di Indonesia. Selain prosesi pemotongannya, pastikan Anda juga memotret kue pengantin yang pastinya sangat cantik!

Photo by Greg Finck (left) & Jose Villa (right)

  • Lempar bunga: Permainan yang hampir tak pernah dilewatkan oleh para pengantin, seringnya sangat seru dan terkadang dramatis. Untuk momen ini, rekam pula video dan jika Anda memotret, gunakan mode burst untuk mendapatkan momen lengkap dalam beberapa foto berurutan!

Photo via Southern Weddings

Prosesi Adat

Jika Anda memotret pernikahan tradisional, sangatlah penting untuk memotret seluruh tradisi pernikahan yang mungkin ada dalam pernikahan tersebut. Apalagi, Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan tradisi pernikahan. Karena itu sebaiknya Anda pun mengenal terlebih dahulu tradisi yang akan dipotret, jadi tidak ada momen penting yang terlewat.

Photo by Iluminen

  • Siraman: Prosesi penting untuk banyak pernikahan Sunda dan Jawa. Biasanya dilakukan beberapa hari sebelum hari pernikahan, pastikan Anda memotret seluruh prosesi dan seluruh kelengkapan acara tradisional ini!

Photo by Terralogical

  • Sungkem: Momen sang pengantin berlutut dan meminta restu dan doa dari orang tua sebelum memasuki pernikahan. Emosional dan indah, seringnya sangat menyentuh.

Photo by Terralogical

Pabetot bekakak: Bagian dari tradisi pernikahan Sunda, siapa yang menarik bagian ayam lebih besar dikatakan akan menjadi tulang punggung keluarga.

Photo by Fotologue

  • Wiji dadi: Ritual dari adat jawa, mempelai pria harus memecahkan telur dengan kaki kanannya, diikuti sang mempelai wanita mencuci kakinya. Ini melambangkan kesiapan suami untuk menjadi kepala keluarga dan pengabdian sang istri pada suaminya.

Photo by Storia

  • Upacara lainnya: Berlaku juga untuk adat lainnya, seperti adat India dan Tionghoa, pastikan Anda mengabadikan keseluruhan prosesi tradisional yang terjadi dalam hari pernikahan.

Photo by Angga Permana Photo (left) & Elizabeth Messina (right)

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]