“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

5 Hal yang Harus Dimiliki oleh Wedding Planner

[[ 1662948000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 128 views

Menjadi seorang wedding planner atau perencana pernikahan memang tidaklah mudah, mengingat hal ini merupakan salah satu profesi dengan tanggung jawab terbesar sekaligus yang paling menantang dalam industri pernikahan. Setiap orang yang berada di dalamnya perlu memastikan segala aspek persiapan pernikahan dapat berjalan dengan sempurna dari awal hingga akhir. Oleh karena itu, dibutuhkan keterampilan khusus untuk Anda yang tengah merintis bisnis perencana pernikahan, mulai dari membangun kemahiran berorganisasi, kemampuan berkomunikasi, hingga harapan akan memiliki selera yang baik saat menjadi 'tangan kanan' calon pengantin.


Nantinya, seluruh kerja keras yang telah Anda lakukan akan langsung terbayar tuntas saat klien Anda menyatakan kepuasannya terhadap kinerja vendor Anda. Melihat bagaimana raut kebahagiaan yang terpancar di wajah pasangan pengantin di hari bahagia mereka pastinya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang tak ternilai dengan apa pun. Lalu, apa saja sikap yang harus dimiliki oleh seorang perencana pernikahan demi bisa meningkatkan reputasi vendor dan meraih lebih banyak klien? Berikut lima buah bekal yang harus Anda ketahui.


  1. Kemampuan Berkomunikasi yang Efektif
    Menjadi orang kepercayaan dari calon pengantin mengharuskan Anda untuk bisa memiliki kemampuan berkomunikasi yang tinggi. Apalagi, Anda juga akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan berinteraksi bersama klien dan vendor pendukung lainnya. Seorang wedding planner dituntut untuk mampu membantu calon pengantin dan pihak keluarga dalam bernegosiasi sekaligus memberikan saran-saran terbaik seputar hal yang sifatnya krusial. Kepiawaian berkomunikasi yang efektif jelas berpengaruh besar terhadap keberhasilan proyek yang tengah Anda rampungkan.
  2. Kepandaian Berpikir Kritis
    Selain skill berkomunikasi, seorang perencana pernikahan juga diharapkan untuk bisa berpikir kritis dan mampu menjadi pemecah masalah terhebat. Sebagai contoh, jika suatu saat terjadi permasalahan umum yang tidak terduga, entah itu tentang isu teknis, ketidaksesuaian pesanan, ataupun perubahan jadwal, Anda perlu dengan cepat mengidentifikasi akar permasalahan yang ada untuk kemudian menemukan jalan keluar terbaik yang tidak memberatkan pihak manapun. Bahkan, Anda juga harus siap untuk menjadi 'penengah' apabila nantinya klien Anda memiliki permasalahan internal dengan pihak keluarga.
  3. Berikan Pelayanan Maksimal
    Seorang wedding planner penting untuk melakukan pendekatan yang berorientasi pada pelanggan. Kesan pertama yang Anda tampilkan kepada calon klien sangatlah berpengaruh terhadap akhir dari pengambilan keputusan mereka. Apakah mereka nantinya bersedia bekerja sama dengan Anda atau tidak, semuanya tergantung dari bagaimana cara Anda menyambut mereka. Tempatkan klien Anda sebagai fokus utama dan berusahalah untuk memberikan pelayanan terbaik yang Anda punya.
  4. Berorientasi pada Detail dan Organisasi
    Seseorang yang berorientasi pada detail sekaligus terorganisir umumnya sangat teliti akan hal-hal terkecil dan begitu piawai dalam menuntaskan seluruh tanggung jawab mereka. Pernikahan pun menjadi sebuah proyek yang begitu erat kaitannya dengan komponen mendetail, entah itu soal jumlah makanan, daftar tamu undangan, ataupun perlengkapan teknis lainnya. Tentu akan lebih baik apabila Anda memang telah mewarisi sifat-sifat ini secara alami. Namun, untuk Anda yang masih berusaha mengembangkan kemampuan tersebut, selalu ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk memaksimalkan semuanya. Yang terpenting adalah memiliki tekad yang tinggi untuk terus belajar dari berbagai persoalan yang ada.
  5. Memiliki Kreativitas yang Tinggi
    Wedding planner dituntut untuk dapat berpikir kreatif. Calon pengantin tentunya membutuhkan beribu saran dan gagasan cemerlang dari perencana pernikahan yang mampu menyempurnakan pernikahan impian mereka. Apalagi bila klien Anda ternyata belum memiliki preferensi atau bayangan apapun mengenai perayaan ideal yang mereka harapkan, di sinilah keahlian Anda akan benar-benar diuji. Pastikan untuk terus menggali inspirasi agar dapat menciptakan sesuatu yang fantastis dengan berbagai ide ajaib yang Anda buat.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]