“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Branding

7 Ide Bisnis Pernikahan yang Menjanjikan dan Cara Memulainya

[[ 1628474400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 3,642 views

Menggeluti bisnis pernikahan tidak harus terpaku kepada satu sektor saja. Anda bisa mulai mencoba beberapa bisnis sederhana yang dapat menarik lebih banyak klien potensial. Sebagian besar calon pengantin tentu akan menyukai apabila vendor yang mereka pilih juga menawarkan produk atau servis lain yang dapat menjang momen bahagianya, mengingat mereka tak perlu lagi bersusah payah untuk mencari vendor lain dengan layanan yang mereka inginkan.


Fotografi oleh: Kara Elizabeth Calligraphy

Namun, jika Anda baru akan memulai bisnis di industri pernikahan, kami menyarankan agar Anda dapat memilih usaha yang mudah dijangkau oleh banyak pelanggan. Nilai plus apabila Anda memiliki bakat terpendam yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi ladang bisnis. Setelah berhasil mengumpulkan portofolio yang mumpuni, Anda juga bisa memperkenalkan produk atau jasa yang dimiliki kepada setiap perencana pernikahan dengan memberikan informasi lengkap terkait bisnis Anda. Lalu, lakukan follow-up seminggu setelahnya untuk mengetahui adanya kemungkinan jalinan kerjasama. Berikut tujuh ide bisnis produk dan jasa untuk pernikahan yang bisa Anda pilih.

  1. Bridal Shower Planner
    Tradisi yang satu ini seringkali dilakukan oleh banyak calon pengantin menjelang hari bahagianya. Kebanyakan dari mereka akan menggunakan properti dan dekorasi yang unik untuk membuatnya lebih berkesan. Oleh karena itu, perencana bridal shower adalah ide yang sempurna untuk pebisnis pemula. Selain dapat menawarkan layanan dekorasi, Anda juga bisa menyediakan tempat untuk pengadaan bridal shower.
  2. Aksesori Pengantin
    Bagaimana jika Anda mengambil bisnis pernikahan yang dapat membantu persiapan pengantin wanita beserta para pengiringnya? Anda dapat memilih beberapa jenis usaha, seperti sepatu pengantin, katering, modifikasi gaun, perhiasan, headpiece, paket bridesmaid, hingga penata rias dan rambut pengantin.
  3. Videografer
    Apakah Anda begitu gemar dengan kamera profesional? Tak ada salahnya untuk membuka layanan videografer pernikahan. Apalagi, bila Anda memang telah terbiasa menangani banyak klien dari berbagai latar belakang. Pada saat Hari H, pertimbangkan sebuah wawancara kecil dengan keluarga, pengiring pengantin, serta tamu undangan yang hadir demi mengumpulkan pesan-pesan khusus untuk kedua mempelai. Pastikan juga konsep editing dalam pascaproduksi telah sesuai dengan keinginan klien Anda.
  4. Suvenir Pernikahan
    Suvenir merupakan simbol ucapan terima kasih terhadap tamu yang telah hadir. Cobalah pikirkan tentang jenis cenderamata yang biasa dibawa pulang oleh para tamu undangan. Apakah itu lilin aromaterapi, vas bunga, kantong benih, diffuser, pajangan, atau set alat makanan? Semakin unik dan eksklusif produk yang Anda tawarkan, tentunya jumlah permintaan juga akan semakin meningkat. Buatlah produk Anda berbeda dari kompetitor agar dapat meninggalkan kesan yang istimewa di mata mereka.
  5. Hampers Pernikahan
    Saat ini, banyak sekali pebisnis kecil yang mulai merintis usaha dalam bidang hadiah pernikahan. Memilih hadiah yang tepat untuk orang yang akan menikah tentu bukanlah perkara mudah. Tamu undangan diharuskan untuk mempertimbangkan kegunaan dari benda yang mereka pilih sebagai hadiah. Inilah mengapa bisnis kado pernikahan dinilai cukup menjanjikan. Tak hanya menyediakan isi hadiah, Anda juga dapat menawarkan layanan berupa pengemasan kado, seperti hamper atau parcel.
  6. Kaligrafer
    Kartu undangan dan sumpah pernikahan harus benar-benar jatuh ke tangan yang tepat. Bila Anda suka menulis atau menekuni seni kaligrafi, jasa penulisan undangan adalah opsi yang sangat menarik. Anda dapat menawarkan layanan ini secara langsung atau melalui promosi di media sosial.
  7. Buket Pengantin
    Buket bunga pengantin menjadi salah satu elemen penting bagi mempelai wanita. Jika Anda cenderung menyukai bunga, mungkin bisnis yang satu ini akan cocok untuk Anda. Sebelum benar-benar terjun ke dalam bisnis bunga pengantin, Anda dapat mengikuti kelas khusus dengan florist yang sudah berpengalaman. Ketahui ragam arti jenis-jenis bunga dan bagaimana cara merangkai yang tepat.


TIPS MEMULAI PRODUK ATAU JASA PERNIKAHAN

Cari tahu lebih banyak mengenai inspirasi tren pernikahan terkini yang banyak digemari oleh calon pengantin, mulai dari dekorasi pernikahan, moodboard warna, desain undangan, makeup pengantin, hingga busana pengantin. Anda juga dapat bergabung ke berbagai komunitas online untuk mempelajari secara langsung percakapan antara calon pengantin demi bisa mengetahui pernikahan seperti apa yang mereka idamkan. Perlu diketahui, industri pernikahan selalu memiliki tren yang berbeda-beda setiap tahunnya. Jadi, pastikan Anda benar-benar mempertimbangkan tren yang ada untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Selain itu, pertimbangkan untuk berlangganan majalah pengantin. Karena dalam satu buah buku saja, Anda sudah bisa mendapat sumber informasi yang sangat lengkap. Jangan lupa juga untuk memerhatikan apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda. Pelajari kelebihan yang mereka punya dan catat apa saja yang menjadi kekurangan mereka sebagai bahan evaluasi. Terakhir, tentukan target pasar secara spesifik dan buatlah strategi promosi yang tepat baik secara online maupun offline.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]