“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

8 TikTok Tools Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Anda

[[ 1653872400 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 289 views

Hingga saat ini, TikTok masih menjadi salah satu platform media sosial populer yang dirasa efektif untuk memasarkan sebuah produk atau jasa, terutama untuk industri pernikahan. Banyaknya pengguna yang terus mengakses TikTok setiap saat membuat banyak dari merek kenamaan yang tidak ingin melewatkan kesempatan untuk menebarkan brand awareness dari produk mereka. Secara resmi, TikTok mencatat ada lebih dari 1 milliar pengguna aktif bulanan yang mereka dapatkan, dan akan terus tumbuh seiring berkembangnya jumlah creator yang semakin menjamur.


Anda mungkin merasa bahwa persaingan bagi pemilik akun bisnis di TikTok sangatlah tinggi untuk bisa menjangkau perhatian audiens. Nah, sudahkah Anda menilik sejumlah tips untuk mempromosikan konten TikTok bagi bisnis pernikahan? Ada sejumlah hal penting yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum benar-benar menentukan strategi yang tepat. Bila Anda sudah mencoba mengikuti pedoman tersebut, namun belum juga mendapatkan hasil yang maksimal, mungkin Anda belum mengoptimalkan beberapa tools berikut yang perlu diketahui oleh pemilik akun bisnis.

Nah, di bawah ini, Bridestory telah mengumpulkan delapan TikTok tools terbaik yang dapat meningkatkan laju pemasaran bisnis Anda, mulai dari tool khusus editing video, iklan, hingga keterlibatan pengguna.

8 Tools TikTok untuk Marketing

Editing Tools

  1. Adobe Premiere Rush
    Adobe Premiere Rush adalah sebuah aplikasi dari pihak ketiga yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengedit video kreasi mereka sendiri sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dari software pendahulunya, Adobe Premiere Rush memang didesain khusus untuk para kreator pemula yang ingin mendapatkan pengalaman editing yang jauh lebih praktis melalui smartphone. Dalam aplikasi ini, Anda akan menemukan aneka fitur bawaan yang dapat memudahkan proses pengeditan video, mulai dari gradasi warna, pengaturan kecepatan, transisi, filter, hingga audio. Anda bahkan bisa langsung mempublikasikannya melalui berbagai media sosial, seperti Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan Youtube. Hasil editing dari aplikasi Premiere Rush dapat Anda temukan melalui hashtag #madewithrush yang tersedia di laman pencarian TikTok.
  2. CapCut
    CapCut merupakan aplikasi editing video all-in-one secara gratis yang dapat Anda unduh melalui Android maupun iOS. Aplikasi yang satu ini menawarkan beragam fitur komprehensif yang bisa mendorong tampilan video Anda menjadi lebih menarik, mulai dari audio, teks, shortcut, adjust, filter, hingga efek. Bahkan, CapCut juga menyediakan berbagai template populer untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dalam hal pengeditan video secara manual. Anda hanya tinggal memilih beberapa foto dan video dari galeri Anda, untuk kemudian dimasukkan ke dalam template apa pun yang Anda sukai. Dan, tidak perlu khawatir untuk Anda yang belum begitu mahir dalam mengedit video. Sebab, aplikasi CapCut terbilang cukup instan dan mudah untuk digunakan.
  3. Quik
    Pada dasarnya, Quik adalah aplikasi edit video otomatis yang diluncurkan secara eksklusif untuk kamera GoPro. Ada banyak sekali fitur khusus yang bisa digunakan untuk mengedit, menyusun, ataupun mengontrol kamera GoPro. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk kebutuhan lainnya. Secara fleksibel, Quik kerap dijadikan sebagai aplikasi tambahan untuk mengedit video yang berasal dari ponsel dan kamera mirrorless. Ditambah lagi, aplikasi yang satu ini juga menawarkan puluhan tema dan musik menarik demi membuat video Anda kian berestetika. Sayangnya, Anda diharuskan untuk berlangganan terlebih dahulu untuk bisa menikmati fitur Quik secara penuh.


Ads Tools

  1. TikTok Tactics
    TikTok secara resmi baru saja meluncurkan TikTok Tactics pada pertengahan Januari 2022 yang lalu. Platform tersebut memungkinkan pengguna akun bisnis untuk bisa mendapatkan kursus intensif secara daring. Seri pelatihan ini dirancang untuk menambah wawasan bagi para pegiat bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasa mereka di TikTok, sekaligus mengubah Anda menjadi seorang manajer iklan yang ahli. Adapun materi pembelajaran yang bisa didapatkan meliputi atribusi, penargetan, praktik kreatif terbaik, hingga materi iklan terpadu. TikTok Tactics bisa Anda ikuti hanya dengan mendaftarkan diri melalui situs berikut.
  2. TikTok Pixel
    TikTok Pixel adalah sebuah kode HTML yang terhubung langsung dengan website Anda, dan berfungsi untuk memantau segala aktivitas pengguna yang mengunjungi situs Anda melalui TikTok. Kode ini pada dasarnya merupakan alat untuk mengukur sejauh mana performa kampanye TikTok yang telah Anda buat. Nantinya, hasil tersebut dapat digunakan untuk menyusun strategi terbaik dalam mengoptimalkan tayangan iklan ataupun membangun audiens sesuai segmentasi yang diperlukan.
  3. TikTok Promote
    Melansir TikTok Support, Promote adalah sebuah tool yang dapat digunakan untuk mempromosikan konten Anda demi meningkatkan jumlah tampilan video. TikTok Promote memungkinkan pemilik akun bisnis untuk mencapai engagement yang tinggi sesuai target audiens yang telah diatur. Keuntungan lainnya, Anda juga dapat mendorong lebih banyak pengguna untuk mengunjungi situs web Anda sekaligus menumbuhkan jumlah pengikut. Video tersebut nantinya akan tampil sebagai iklan di laman for you page. Sementara itu, fitur-fitur TikTok Promote yang ditawarkan meliputi pengaturan promosi, penyesuaian target audiens, penetapan anggaran dan jangka waktu, hingga fleksibilitas jumlah pembelanjaan.

Engagement Tools

  1. Brandwatch Consumer Research
    Memutuskan untuk berpromosi di media sosial, artinya Anda harus siap melakukan proses monitoring secara berkala. Salah satu marketing tool yang paling direkomendasikan adalah Brandwatch, mengingat aplikasi ini mampu menarik data hingga lebih dari 95 juta sumber, mulai dari situs berita, forum, jejaring sosial, blog, serta video. Pelacakan tersebut memungkinkan Anda untuk dapat menerima informasi seputar perilaku konsumen yang membicarakan brand Anda, bagaimana pergerakan kompetitor, hingga penyelidikan kata kunci ataupun topik tertentu. Ditambah lagi, Brandwatch juga memiliki kemampuan untuk memantau lagu dan tagar yang sedang tren di TikTok, sehingga bisa Anda gunakan pada konten-konten selanjutnya demi meningkatkan engagement.

  2. Airtable
    Salah satu kunci kesuksesan dalam meraih engagement yang tinggi adalah dengan mengunggah konten berkualitas secara konsisten. Maka dari itu, kalender perencanaan konten perlu dibuat untuk menjaga konsistensi sekaligus grafik engagement Anda. Airtable menjadi sebuah layanan spreadsheet terkemuka yang dapat digunakan sebagai database oleh tim media sosial Anda. Dengan kata lain, seluruh orang yang terlibat dapat berkontribusi langsung untuk mengelola dan mengedit dokumen yang ada di dalam platform. Mulailah dengan menyusun strategi kalender konten Anda sebaik mungkin. Kemudian, atur berdasarkan periode mingguan, bulanan, ataupun tahunan, agar lebih mudah terpantau.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]