“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Client Relations

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Mendapat Review Negatif dari Klien?

[[ 1635132600 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 5,005 views

Sebagai vendor pernikahan yang memiliki pekerjaan yang beragam, dari membangun kue pernikahan 7 tingkat hingga mengurus sang pengantin di hari pernikahannya, pastinya ada calon pengantin yang masih saja tak puas dengan kerja keras Anda dan meninggalkan review negatif secara daring. Jika tak ditanggulangi, review ini dapat memengaruhi brand image Anda.


Hal pertama yang harus diingat, tetaplah tenang dan jangan segera defensif ketika Anda menemukan review buruk untuk Anda. Infokan kepada tim Anda dan investigasi masalah sebelum merespon untuk menemukan inti dari masalah yang dimaksud. Memberikan waktu beberapa jam untuk menyelidiki dan membalas dengan baik pasti lebih baik daripada tergesa-gesa menulis jawaban yang tak profesional.

Karena review tersebut ditulis di tempat umum yang dapat dibaca semua orang, tuliskan jawaban Anda di tempat yang sama jadi publik dapat melihat bagaimana Anda menangani situasi tersebut. Berdasarkan keadaannya, ada 2 cara untuk menangani review buruk:

  • Jika masalahnya tertulis dengan jelas pada review tersebut, meminta maaflah dengan sederhana namun menjawab persoalan inti yang diangkat oleh klien. Dalam membalas review, gunakan bahasa yang sopan dan jawablah dengan logis, sistematis dan masuk akal. Ingatlah bahwa Anda sedang merespon seorang calon pengantin tak puas di ranah publik dan apa yang Anda tulis akan tetap berada di online.
  • Jika masalahnya tidak dijelaskan secara spesifik, segera minta maaf dan carilah cara untuk menghubungi mereka secara personal lewat email atau telepon. Karena Anda belum tentu dapat memberikan produk atau ganti rugi terhadap apa yang dikomplain, dengan tulus mintalah feedback dari mereka.

Walaupun Anda tidak mungkin bisa menjawab setiap review buruk yang ada di ranah online, sebisa mungkin jangan diabaikan. Tinggalkan kesan yang baik dengan menunjukkan bahwa Anda terbuka terhadap kritik dan gunakan kesempatan ini untuk bersinar. Sebuah jawaban review yang memuaskan sang reviewer dan juga pembaca lain dapat berujung pada customer yang loyal dan word-of-mouth yang positif.

Terkadang, hanya memiliki mata jeli tidak cukup untuk memonitor review negatif yang ada di ranah online. Dalam hal ini, mencari nama bisnis Anda di Google adalah alternatif yang baik untuk mengetahui kabar apa dan narasi apa yang ada tentang Anda. Pastikan Anda memperlakukan review baik dan buruk secara serius dan informasikan temuan Anda pada tim Anda. Jadikan review baik sebagai apresiasi untuk seluruh usaha tim dan yang buruk sebagai sarana pengembangan internal.

Membaca review yang buruk memang mengecewakan, namun tidak usah terlalu memikirkannya. Cara terbaik untuk membersihkan nama brand Anda bisa saja sesimpel mengumpulkan review baru dari klien-klien lain. Let their testimonials do the talking!

Dan satu hal lainnya, para vendor Bridestory sekarang dapat menggunakan Aplikasi Mobile Bridestory Pro untuk merespon dan mengirimkan review dengan praktis dan mudah. Klik link di bawah ini untuk mengunduh Bridestory Pro!

Download from Google Play Store
Download from App Store

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]