“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Bagaimana Cara Meminta Endorsement Kepada Selebgram?

[[ 1617760800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 171 views


Foto oleh Calia.

Dalam artikel Bridestory yang berjudul Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Endorse Figure Publik sudah tergambarkan secara umum baik tentang endorsement itu sendiri maupun keuntungan dari endorsement. Tak dapat dipungkiri bahwa figur publik, baik artis maupun selebgram, dapat memengaruhi keputusan khalayak dalam membeli dan menggunakan barang serta jasa yang ditawarkan. Mengingat figur publik dianggap sebagai panutan banyak orang, maka tentunya endorsement adalah cara paling efektif dalam meningkatkan kesadaran akan produk Anda yang berujung kepada meningkatnya penjualan.

Namun, tak sedikit pebisnis yang masih belum mengerti bagaimana cara untuk meng-endorse selebgram hingga tercapainya kesepakatan. Senior Brand Partnership dari Bridestory, Adisa Manggabarani, membagikan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan saat hendak meng-endorse figur publik.

1. KENALI DAN TENTUKAN FIGUR PUBLIK DAN INFLUENCER YANG SESUAI

Setiap bisnis pastinya memiliki target pasar yang sesuai dengan karakteristik dari produk yang ditawarkan. Lantas, sesuaikanlah kebutuhan dan target pasar Anda dengan target audiens dari figur publik atau influencer yang Anda inginkan. Misalnya, karena target pasar Bridestory adalah calon pengantin maupun pengantin baru, maka Bridestory tidak akan memilih publik figur yang sudah berkeluarga atau mempunyai buah hati.

2. KONTAK INFLUENCER TERPILIH

Jika Anda sudah menentukan selebgram yang tepat bagi produk Anda, hubungi mereka dengan menggunakan akun bisnis Anda. Hal itu dikarenakan ada beberapa figur publik yang menganggap bahwa mengontak dengan akun bisnis terlihat lebih profesional. Setelah itu, Anda akan diberikan kontak bisnis untuk menindaklanjuti endorsement. Jika pesan Anda tidak dibalas, Anda dapat mencarinya pada bio akun media sosial atau pada fitur 'Kontak' karena umumnya influencer mencantumkan kontak bisnis pada kedua tempat tersebut.

3. TANYAKAN 'ENGAGEMENT' INFLUENCER

Engagement merupakan salah satu faktor penting dalam mengetahui kualitas dari selebgram karena tak jarang khalayak menggunakan aplikasi penambah pengikut atau membeli followers agar pengikut di media sosialnya 'terlihat' banyak. Engagement dapat menjadi tolak ukur, seperti apakah lebih banyak pengikutnya yang memberi komentar atau likes dari setiap unggahan unggahannya atau hanya sekedar dilihat.

4. TANYAKAN RATE CARD

Setelah Anda yakin dengan engagement yang dihasilkan oleh selebgram terpilih, tanyakan rate card atau harga yang ditawarkan olehnya, lalu sesuaikan dengan anggaran promosi Anda. Jika ternyata rate card tidak sesuai dengan anggaran Anda, jangan langsung menghilang, tetapi ucapkanlah terima kasih dan sampaikan keinginan untuk bekerja sama di lain waktu.

5. DEAL!

Selamat! Anda sudah mencapai kesepakatan dengan figur publik yang Anda incar! Buatlah perjanjian kontrak dan aturlah jadwal sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Satu catatan penting bagi para pebisnis yang berencana untuk melakukan endorsement, jangan lupakan sopan santun. Terapkan etika dalam berbisnis dan bermedia sosial saat berbicara, seperti memperkenalkan bisnis Anda terlebih dahulu, menjelaskan alasan Anda tertarik bekerja sama dengan sang influencer, lalu lanjutkan dengan memberitahukan maksud dan tujuan Anda menghubungi mereka.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]