“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Cara Menentukan Budget untuk Instagram Ads

[[ 1633402800 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 8,891 views

Saat ini, Instagram bisnis telah menjadi salah satu platform yang diperhitungkan untuk marketing. Dengan berbagai fitur andalan, Anda dapat mempromosikan produk atau jasa melalui kanal yang tersedia. Tidak hanya soal konten dan caption yang menarik saja, Anda juga perlu menyusun strategi yang tepat dalam pembuatan iklan di Instagram, termasuk persoalan anggaran. Perlu diketahui, Instagram Ads memiliki fungsi yang sangat penting untuk meningkatkan engagement dan brand awareness, sehingga memungkinkan Anda untuk bisa meraih pelanggan potensial. Kelebihan lainnya, Anda juga bisa menentukan sendiri target audiens yang akan dijangkau, mulai dari lokasi, umur, jenis kelamin, minat, perilaku, hingga bahasa.


BERAPA BIAYA IKLAN DI INSTAGRAM ADS?

Instagram Ads telah menyediakan beragam pilihan format iklan yang dapat disesuaikan dengan budget Anda, mulai dari unggahan foto, stories, serta video. Untuk mengatur Instagram Ads, kunjungi Facebook Ads Manager guna menyiapkan kampanye, tujuan iklan, jenis iklan, anggaran, tujuan trafik, jadwal iklan, hingga penempatannya. Iklan Anda akan berjalan sesuai dengan jangka waktu dan target audiens yang dipilih.

Ketahui bahwa anggaran yang Anda tentukan dapat memengaruhi jumlah orang yang melihat iklan Anda. Biaya iklan di Instagram umumnya tergantung pada berapa lama waktu promosi yang diatur. Instagram Ads menerapkan harga pasang iklan perharinya sesuai dengan jumlah jangkauan publik, dimulai dari Rp10.000,- hingga puluhan juta rupiah. Semakin banyak dana yang dialokasikan, maka semakin banyak pula jumlah pengguna yang bisa dijangkau. Anda juga dapat menjeda dan menghentikannya kapan saja.

Sebelum mulai beriklan di Instagram, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam mengatur anggaran. "Pertama, tentukan budget keseluruhan untuk digital marketing. Kedua, tentukan goal atau objective dari iklan Anda. Sebagai contoh, Anda tidak perlu menyediakan budget setinggi traffic ke website jika ingin menargetkan impressions yang tinggi. Karena yang dihitung hanya impressions-nya saja," Dilla Edithiana, Digital Marketing Strategist dari Bridestory menyarankan.

TIPS MEMAKSIMALKAN INSTAGRAM ADS DENGAN ANGGARAN KECIL

Jika Anda hanya memiliki anggaran terbatas, maka Anda harus benar-benar menggunakannya dengan bijak. "Pastikan untuk mengetahui bagaimana karakter audiensi Anda agar sistem Instagram dapat menempatkan iklan yang Anda buat sesuai dengan sasaran," tutur Dilla. Ikuti tips berikut ini untuk mengoptimalkan anggaran iklan Instagram Anda.

1. Pilih Opsi Penempatan Otomatis

Ketika membuat iklan, Anda akan diarahkan untuk menentukan di mana iklan tersebut ditempatkan. Kami menyarankan agar Anda memilih opsi penempatan otomatis demi menekan biaya. Sistem penayangan Facebook akan mengalokasikan anggaran Anda ke dalam beberapa penempatan iklan berdasarkan tempat yang memiliki kinerja terbaik. Penempatan otomatis juga akan membantu menayangkan iklan Anda ke lebih banyak pengguna.

2. Uji Penempatan Iklan Instagram

Penting untuk memantau di mana iklan Instagram Anda mendapatkan lebih banyak interaksi. Kemudian, lakukan penempatan iklan secara optimal sesuai dengan hasil pemantauan yang didapat. Sebagai pengingat, Instagram memiliki tiga penempatan iklan, yaitu feeds, stories, dan explore tab. Gunakan fitur Breakdown pada Facebook Ads Manager untuk mengetahui penempatan mana yang mendapatkan interaksi paling tinggi atau interaksi dengan biaya terendah. Ikuti petunjuk berikut ini:

  • Pada Ads Manager, pilih campaign yang Anda buat dari tab "Campaigns". Lalu, perhatikan tab iklan pada kampanye tersebut.
  • Buka tombol "Breakdown" di sebelah kiri tombol "Reports".
  • Lakukan filter berdasarkan "Delivery" dan "Placement".
  • Ads Manager akan menampilkan penempatan mana yang memperoleh hasil terbaik untuk kampanye Anda dan mengoptimalkannya dengan tepat.

3. Buat Kriteria Audiensi Khusus untuk Penargetan Ulang melalui Interaksi Instagram

Manfaatkan pelanggan setia yang sering terlibat dengan Anda di Instagram. Buka fitur Facebook Custom Audience dan atur target audiens melalui tab "Create an Instagram Business Profile Custom Audience". Di sini, Anda dapat memilih apakah Anda ingin menjangkau orang-orang yang telah mengunjungi profil bisnis Instagram Anda, mengirimi pesan privat, menyimpan postingan Instagram, atau terlibat secara langsung dengan postingan Instagram Anda.

MENGAPA INSTAGRAM ADS MENJADI PLATFORM YANG TEPAT UNTUK MARKETING?

Instagram memiliki 1 miliar pengguna aktif bulanan yang membuktikan bahwa platform berbasis foto dan video ini menempati urutan kedua setelah Facebook. Walaupun sama-sama menempati urutan teratas, baik Instagram maupun Facebook kini memiliki kedudukan yang berbeda dalam hal karakteristik pengguna.

Lalu, platform mana yang lebih unggul untuk menjalankan iklan? Pikirkan kembali tentang target audiens Anda. "Instagram lebih mencakup kepada generasi milenial dan Gen Z, sementara Facebook didominasi oleh generasi yang lebih tua. Facebook dapat menjadi pilihan tepat untuk iklan yang bersifat informatif karena memiliki penempatan iklan yang beraneka ragam. Lain halnya dengan Instagram yang hanya memiliki stories, explore, dan feed," jelas Dilla.

Berikut alasan mengapa Instagram Ads sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.

  1. Tingkat keterlibatan audiens yang tinggi
    Dengan jumlah pengguna aktif yang meningkat pesat, Instagram memiliki tingkat engagement yang tinggi secara organik melalui iklan berbayar. Statistik menunjukkan bahwa gambar di Instagram rata-rata menerima 23% engagement lebih banyak daripada saat dibagikan ke Facebook. Meskipun segala bentuk konten visual dapat berkinerja dengan baik, mayoritas brand biasanya mendapati 38% lebih banyak engagement pada iklan berbasis video. Jadi, sebagai platform audio-visual, Instagram dapat mendorong lebih banyak interaksi ketimbang para pesaingnya.
  2. Adanya tautan eksternal
    Dulu, Anda mungkin hanya dapat menaruh tautan eksternal pada bagian bio Instagram saja untuk mengarahkan pengikut Anda mengunjungi website, katalog, maupun nomor telepon yang dapat dihubungi. Namun, sekarang Anda dapat melakukannya melalui Instagram Ads dengan menyertakan URL eksternal menuju situs web Anda, baik dalam bentuk unggahan foto, video, ataupun Instagram stories.
  3. Durasi video yang lebih panjang
    Instagram menawarkan layanan iklan berbasis video melalui feeds, explore, dan stories. Feeds dan explore memiliki durasi masing-masing lebih dari 60 detik, sementara stories menyediakan 15 detik durasi. Buatlah konten terbaik yang dapat menyasar langsung target audiens Anda. Manfaatkan peluang yang ada melalui ketiga penempatan iklan ini untuk menawarkan produk atau jasa dari brand Anda.
Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]