“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Business Tips : Marketing

Cara Menentukan Harga Jual dari Jasa Pernikahan Anda

[[ 1618279200 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 172 views


Foto oleh Anna Tarazevich by Pexels


Menentukan harga produk dan layanan yang ideal untuk ditawarkan kepada calon pengguna jasa Anda memang sedikit tricky. Jika Anda menjual suatu produk dengan harga terlalu tinggi, ada kemungkinan klien tidak tertarik untuk membelinya dikarenakan harga kompetitor yang lebih murah. Namun sebaliknya, jika Anda menjual produk dengan harga terlalu murah, ada kemungkinan klien juga akan mempertanyakan kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu, berikut cara menentukan harga yang ideal untuk produk bisnis Anda.

1. KENALI PASAR ANDA

Menentukan pasar Anda menjadi salah satu faktor penting saat membuat harga. Jika Anda sudah menentukan pasar, Anda dapat lebih fokus dalam melakukan riset dan menentukan segmentasi yang tepat untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan. Seperti misalnya, jika target pasar Anda adalah menengah ke atas dengan penghasilan lebih dari Rp10 juta per bulan, maka harga yang tinggi tidak menjadi masalah asalkan kualitas yang didapatkan klien sepadan dengan harga.

2. HITUNG SEMUA BIAYA

Kalkulasikan semua biaya yang Anda keluarkan pada saat melakukan proses produksi, baik biaya bahan itu sendiri, biaya sewa, gaji karyawan, pajak, logistik, transportasi, biaya pemasaran, dan lain sebagainya. Jangan sampai harga yang Anda tawarkan mendekati atau, bahkan, tidak menutup biaya modal. Selain itu, dengan menghitung semua biaya, Anda dapat menentukan harga yang berbeda sesuai dengan sedikit banyaknya pesanan.

3. TENTUKAN TARGET PROFIT

Setelah mengetahui harga yang diperlukan untuk memproduksi jasa atau mengoperasikan layanan Anda, tambahkan margin atau target keuntungan yang ingin Anda capai. Dalam menentukan target profit, Anda bisa memperhitungkan faktor-faktor, seperti hasil tenaga dan waktu yang dialokasikan, serta ide dan kreativitas yang dimunculkan dalam proses produksi.

4. LAKUKAN RISET TERHADAP KOMPETITOR

Lihat sekitar untuk mengetahui berapa harga yang dipasang oleh kompetitor bisnis yang menawarkan produk atau jasa serupa dengan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda memiliki gambaran harga yang ada di pasar Anda sehingga Anda dapat menghindari memasang harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dengan melakukan riset terhadap kompetitor di pasar Anda, Anda juga dapat memberikan sedikit keunikan pada bisnis Anda sehingga produk yang Anda tawarkan unggul dan memiliki nilai jual lebih.

Jika Anda sudah dapat menentukan harga yang layak untuk produk Anda dan di kemudian hari Anda mendapatkan pesanan khusus dari klien, simak contoh quotation atau kesepakatan harga antara Anda sebagai vendor pernikahan dengan klien pada tautan ini.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]