“The Business Resource For Wedding Entrepreneurs”

Bridestory Platform Insider : Events

Catat! Ini dia Do's and Dont's untuk Vendor Bridestory Market 2023

[[ 1675818000 * 1000 | amDateFormat: 'll']] | 1,941 views

Bridestory Market kini kembali hadir untuk menyapa setiap calon pengantin yang baru akan memulai persiapan pernikahannya. Berlokasi di ICE BSD Tangerang, pameran pernikahan terbesar berikut ini akan diadakan pada tanggal 2 - 5 Maret 2023 dengan mengangkat tema Rays of Light yang menjadi tren pernikahan di tahun ini.


Rays of Light adalah sebuah konsep pernikahan yang menerapkan estetika minimalis dengan permainan cahaya. Dalam tema tersebut terdapat komposisi elemen struktural dan tekstur geometris yang bisa diimplementasikan ke dalam moodboard warna yang cenderung polos dengan sentuhan rona vibran, salah satunya adalah Viva Magenta yang telah dinobatkan sebagai Color of The Year versi Pantone.

Nah, untuk dapat menarik perhatian setiap pengunjung yang hadir, Anda bisa menjadikan tren pernikahan Rays of Light sebagai inspirasi desain booth di Bridestory Market 2023. Apakah Anda sudah melakukan registrasi untuk bisa mengambil bagian dalam pameran pernikahan besutan Bridestory? Persiapan apa saja yang sudah Anda lakukan menjelang hari H? Berikut do's and don'ts yang perlu menjadi perhatian bagi setiap peserta.


Lakukan:
  • Pastikan untuk menyediakan perlengkapan protokol kesehatan masing-masing, mulai dari masker, hand sanitizer, tisu, dan lain sebagainya. Kemudian, lakukan social distancing atau jaga jarak minimal 1 meter dalam melaksanakan pekerjaan bagi peserta dan kontraktor pameran serta pihak-pihak yang terlibat.
  • Sangat penting untuk bersikap ramah terhadap setiap pengunjung yang hadir. Caranya adalah dengan senantiasa berdiri di depan area booth sambil memasang senyum hangat kepada mereka yang melewati booth vendor Anda. Jika Anda melihat mereka memandangi booth Anda, segeralah sapa dan ajak mereka untuk melihat-lihat ke dalam stan. Hindari 'bersembunyi' di balik meja karena akan membuat pengunjung ragu untuk memasuki booth Anda.
  • Kegiatan melayani pelanggan saat berada di sebuah pameran bisa sangat melelahkan. Jadi, biarkan staf Anda beristirahat secara bergiliran, entah itu untuk mengisi perut, pergi ke toilet, beribadah, ataupun sekedar menghirup udara segar. Namun, pastikan untuk selalu memiliki setidaknya 1 sampai 2 orang di stan Anda setiap saat (booth wajib dijaga dan tidak boleh kosong selama pameran berlangsung).
  • Semua orang tentu menyukai potongan harga. Buatlah diskon tambahan bagi mereka yang mengambil keputusan untuk memilih vendor Anda saat itu juga selama pameran pernikahan berlangsung. Cara ini terbukti dapat meningkatkan penjualan sekaligus mendorong mereka untuk tidak berpaling kepada kompetitor lainnya.
  • Maksimalkan seluruh media sosial yang ada untuk mempromosikan kehadiran Anda di Bridestory Market. Saat berada di tengah pameran, penting untuk membagikan konten berupa siaran langsung, foto, video, ataupun postingan lainnya yang berisi kemeriahan acara dan bagaimana situasi terkini dari booth Anda.
  • Jagalah keamanan dan kebersihan booth masing-masing agar klien Anda senantiasa merasa nyaman. Pihak penyelenggara hanya bertanggung jawab atas kebersihan gangway dan fasilitas umum lainnya.
  • Lakukan pembicaraan mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan sebaik mungkin. Kemudian, berikan alasan terkuat mengapa mereka harus memilih Anda. Jabarkan pula poin-poin apa saja yang menjadi keunggulan Anda dan tidak mudah ditemukan pada vendor pernikahan lainnya.
  • Berikan kartu nama bisnis lengkap ataupun brosur yang berisi detail-detail terkait vendor pernikahan Anda kepada setiap calon pengantin yang mengunjungi booth Anda. Mereka harus tetap bisa menghubungi Anda dengan mudah setelah pameran berakhir, meskipun belum melakukan kesepakatan apa pun dengan Anda.
  • Dapatkan juga informasi kontak calon pengantin setelah berhasil melakukan interaksi yang alot. Anda bisa 'memancing' mereka untuk memberikan kontak tersebut dengan memasukkan nama calon pengantin ke dalam undian berhadiah khusus yang sudah Anda siapkan. Bagaimanapun, tujuan Anda mengikuti pameran pernikahan adalah untuk memperoleh leads bisnis, terutama bagi vendor pernikahan baru.
  • Kami menganjurkan Anda untuk menggunakan e-brochure. Peserta hanya diperbolehkan untuk menyebarkan brosur, flyer, ataupun materi fisik lainnya di dalam area booth masing-masing (tidak di area gangway pameran atau fasilitas umum lainnya).
Jangan:
  • Anda tidak diperkenankan untuk menampilkan konten yang mengandung hal yang vulgar dan SARA serta mengganggu kenyamanan bersama. Perhatikan kembali bagaimana konsep konten yang akan Anda unggah ke laman media sosial.
  • Hindari menunjukkan bahasa tubuh yang terkesan tidak ramah, seperti menyilangkan tangan di depan dada, menduduki kursi pengunjung, menampilkan raut wajah yang cemberut, hingga enggan melakukan kontak mata. Calon pengantin tentu tidak ingin berhadapan dengan orang-orang yang kurang mengapresiasi kehadiran mereka.
  • Jangan terlalu sering berselancar di dalam ponsel pribadi Anda. Pastikan untuk hanya menggunakan gawai di saat-saat yang penting saja. Tunjukkan bahwa Anda benar-benar memfokuskan seluruh perhatian hanya kepada para pengunjung acara. Tatap mata mereka, dan berikan servis terbaik yang Anda punya.
  • Anda dilarang makan ketika berada di dalam booth pameran. Peserta hanya boleh menyantap hidangan di area F&B yang disediakan oleh penyelenggara. Memasak di area pameran juga tidak diperkenankan. Bagi vendor katering yang ingin mencuci peralatan makannya, silakan untuk mengunjungi area sanitasi di belakang Hall 3 & 3A ICE BSD City.
  • Hindari menutup booth Anda lebih awal dari yang seharusnya. Karena hal tersebut justru akan menunjukkan bahwa vendor Anda kurang profesional dan tidak dapat dipercaya. Beberapa calon pengantin yang berencana menemui Anda mungkin masih dalam perjalanan, atau sebagian dari mereka juga masih berusaha membuat keputusan sambil berkeliling di sekitar pameran. Jadi, pastikan untuk mengakhiri pameran Anda sesuai jadwal yang berlaku.
  • Saat rangkaian pameran berakhir, jangan pernah meninggalkan puing sisa konstruksi di area pameran. Seluruh peserta wajib membawa sisa atau puing konstruksi booth masing-masing keluar dari area pameran. Terdapat sanksi berupa denda sebesar Rp1.500.000,- untuk setiap meter persegi per hari.
  • Dilarang merokok di seluruh area indoor dan di beberapa area lain yang berkaitan dengan keamanan venue. Anda dapat merokok di tempat yang sudah disediakan. Hindari pula membawa senjata api, pisau, alkohol, obat terlarang, bahan/barang rentan api, hewan peliharaan dan zat berbahaya/ilegal lainnya.
  • Jangan melakukan kegiatan konstruksi di saat berlangsungnya pameran karena dapat berpotensi mengganggu pengunjung yang ingin melintas ataupun sedang berdiskusi di dalam booth (entah itu membawa tangga, menambahkan dekorasi, pengeboran, dan lain-lain). Apabila benar-benar diperlukan perbaikan, lakukan semua itu di luar jam pameran dengan seizin pihak penyelenggara.
  • Hindari membuat kegaduhan yang berpotensi mengganggu kenyamanan bersama. Anda berkewajiban untuk menjaga situasi agar tetap kondusif selama acara berlangsung. Jika terbukti melanggar, maka pihak penyelenggara berhak untuk mengeluarkan pelanggar dari area pameran.
  • Seluruh peserta tidak diperkenankan untuk menampilkan logo vendor yang tidak terdaftar dalam event. Jangan pula merusak properti pihak lain yang disebabkan oleh kelalaian peserta atau kontraktor. Karena setiap kerusakan yang terdapat di area venue akan menjadi tanggung jawab pihak yang bersangkutan.

Ikuti terus Instagram @thebridestory, dan dapatkan informasi lebih lanjut tentang Bridestory Market di sini.

Join The Conversation
Read [[blogCommentsCtrl.commentsMeta.total]] Comments
[[ comment.createdAt | amDateFormat: 'll | HH:mm']]

[[comment.account.data.accountable.data.businessName]] [[comment.account.data.accountable.data.fullName]]

[[ comment.content | extractEmoji ]]